Lho Kok, Microsoft Meminta Google Blokir Microsoft.com?

klg asli

berhasil
logo microsoft
WARTAINFO.com - Sebuah perusahaan tentunya tak ingin produk-produk buatan mereka dibajak atau digunakan secara ilegal. Microsoft, salah satu yang paling keras memberangus pelanggaran hak cipta atas produk-produknya.

Untuk itu mereka menyewa sebuah perusahaan pengawas eksternal, LeakID. Perusahaan pihak ketiga dipakai karena Microsoft tidak bisa mengecek pelanggaran hak cipta di semua situs web dan blog yang ada di dunia maya sendirian.

LeakID, atas nama Microsoft, pun aktif melaporkan ke Google untuk menghilangkan tautan-tautan beberapa situs web yang melanggar hak cipta Microsoft dari daftar pencarian. Namun, perusahaan pengawas tersebut diketahui sempat melakukan sebuah kesalahan.

Mereka melaporkan ke Google untuk memblokir beberapa situs web yang sebenarnya adalah resmi milik Microsoft. Salah satu situs yang justru dilaporkan melanggar hak cipta adalah http://www.microsoft.com/france.

microsot dokumen
Dokumen dari LeakID
Tautan-tautan yang salah didaftarkan berkaitan dengan produk berbahasa Perancis dan juga halaman dukungan teknis Microsoft dalam bahasa Perancis.

Untungnya, Google tidak memiliki sistem otomatis untuk menghilangkan tautan dari daftar pencarian. Untuk masalah ini, semuanya masih ditangani manual oleh karyawan Google. Mereka pun tidak menghilangkan tautan ini, meski ada permintaan.

Apakah ada sistem yang bermasalah sehingga LeakID mengirimkan permintaan "palsu"? Untuk ini, masih belum ada jawaban yang jelas. Namun, LeakID selama ini memang sudah beberapa kali mengirimkan laporan yang salah. Sebelumnya, seperti dikutip dari Mashable, Rabu (31/7/2013), masalah serupa juga menimpa HBO pada bulan Februari 2013 lalu.

LeakID juga pernah "melawan" seorang bloger yang mengunggah sebuah file PDF berjumlah 28 halaman mengenai olahraga catur yang ternyata ia tulis sendiri. 

Sumber: Kompas.com
Category: UncategorizedTags:
Jayabet