Seperti Inikah Keadaan Bumi Miliaran Tahun Lalu?

klg asli

berhasil
keadaan bumi - wartainfo.com

WARTAINFO.com - Lihatlah foto di atas? Apa yang ada di pikiran Anda? Apakah Anda berpikir bahwa foto itu menggambarkan wajah Bumi?  Bila ya, jawaban Anda salah total. Foto di atas menyuguhkan wajah Mars 4 miliar tahun lalu. Saat itu, wajah Mars sangat berbeda dengan sekarang. Coba perhatikan, mirip Bumi, bukan?

Berdasarkan data yang telah diperoleh saat ini, Goddard Image Lab, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuat gambaran Mars miliaran tahun lalu.

Foto di atas adalah bagian dari video yang dibuat NASA. Video tidak hanya menggambarkan wajah Mars di masa lalu, tetapi juga perubahan Mars menjadi planet merah dan kering seperti saat ini.

  

Dalam video tersebut, digambarkan bahwa Mars dahulu kaya akan danau dan sungai atau saluran air. Joseph Grebowsky dari Goddard Space Flight Center mengungkapkan bahwa ada bukti-bukti yang mendukung kondisi Mars seperti digambarkan dalam video. 

"Ada pola-pola struktur saluran yang konsisten menunjukkan permukaan yang tererosi oleh air seperti di Bumi," kata Grebowsky seperti dikutip Daily Mail. Pola-pola itu juga terdapat pada kawah tumbukan di Mars. Kawah-kawah besar di Mars yang dulu pernah punya air masih eksis hingga kini. 

Petunjuk adanya air bukan hanya dari pola itu, tetapi juga dari kandungan mineral di permukaan Mars. Ada mineral seperti hematite dan clay yang hanya bisa dihasilkan dengan adanya air. 

Video menunjukkan beberapa perubahan di Mars. Permukaan yang sebelumnya kaya air menjadi kering. Selain itu, atmosfer Mars juga berubah. Sebelumnya, langit Mars berwarna biru namun kemudian berubah menjadi pink. 

Pihak NASA menyebut bahwa video ini adalah animasi paling kompleks yang pernah dibuat oleh Conceptual Image lab. 

Video diakhiri dengan ilustrasi MAVEN, wahana NASA yang akan dikirim ke Mars untuk menyelidiki perubahan iklim di planet tersebut. MAVEN rencananya akan diluncurkan Senin (18/11/2013) adan diperkirakan akan sampai Mars pada September 2014 mendatang.

Category: UncategorizedTags:
obat viagra

Jayabet