Tips dan Cara Alami Mengobati Sakit Tenggorokan

klg asli

berhasil
tips sakit tenggorokan - wartainfo.com

WARTAINFO.com - Biasanya pada saat musim pancaroba atau musim kemarau, sakit tenggorokan adalah penyakit yang sangat populer menyerang orang dewasa dan anak-anak. Diikuti dengan demam dan batuk, sakit tenggorokan ini ternyata tidak boleh disepelekan begitu saja.

Apabila sudah terjadi infeksi di tenggorokan, maka penularan pada area paru-paru bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Kalau sudah begini, biasanya butuh waktu yang sangat lama untuk menyembuhkannya. Oleh karena itu, mari sembuhkan sakit tenggorokan sejak dini dengan cara-cara alami.

Nenek moyang telah menyusun beberapa resep pengobatan alami yang menggunakan bahan-bahan yang ada di sekeliling kita. Dilansir oleh IndiaTimes, inilah pengobatan alami yang dapat Anda coba untuk mengatasi sakit tenggorokan.

Air garam

Berkumurlah dengan air garam selama 3-4 kali setiap hari yang berfungsi meningkatkan peredaran darah di area tenggorokan. Cara ini juga ampuh mencegah infeksi serta meredakan infeksi tersebut sehingga tidak menyebar ke area lain.

Apabila jenis batuk Anda berdahak, berkumur dengan air garam juga membantu mengeluarkan dahak yang menyumbat. Caranya, ambil segelas air hangat kemudian taburi dengan 1/4 sdt garam beryodium.

Ramuan air hangat herbal

Teh, lemon, jahe, kayu manis, madu, jeruk nipis, adalah bahan-bahan yang bisa Anda tambahkan untuk membuat ramuan air herbal. Minum selagi hangat sehingga memberikan rasa yang nyaman di tenggorokan. Dan apabila dikonsumsi setiap hari, maka perlahan sakit tenggorokan tersebut bisa segera teratasi.

Makanan halus

Haluskan makanan yang akan Anda konsumsi untuk mempercepat penyembuhan. Dan selama itu, kurangi makan makanan yang berbumbu serta menu makanan yang pedas-pedas untuk mengurangi peradangan.

Steaming

Ambil seember air panas, kemudian tambahkan tetesan minyak kayu putih di sana. Kemudian dekatkan hidung di ember tersebut, dan vacuum dengan handuk sehingga uap bisa terhirup. Cara ini akan membantu melegakan pernafasan dan tenggorokan, serta membuat dahak yang menempel di tenggorokan bisa keluar.

Air alang-alang

Tahu kan tumbuhan alang-alang? Anda tak harus mencari sendiri tumbuhan ini, tetapi bisa membelinya di supermarket. Bersihkan batang alang-alang, ambil segenggam kemudian direbus dengan air sepanci penuh dan didihkan sampai tersisa separuhnya. Sisa air rebusan diminum dalam sehari. Ulangi hingga sakit di tenggorokan mereda.

Larangan saat sakit tenggorokan

Selama sakit tenggorokan belum sembuh, maka lebih baik Anda menghindari beberapa hal ini:

  • Merokok
  • Minum-minuman bersoda dan beralkohol
  • Makan makanan pedas
  • Minum-minuman dingin
  • Makan makanan yang berminyak dan berlemak
  • Dehidrasi
Mari sebarkan informasi pengobatan alami ini agar orang tercinta dan teman-teman Anda dapat mengaplikasikannya saat menderita sakit tenggorokan.

Category: UncategorizedTags:
Jayabet