9 Sosok Peri (Fairy) Yang Mengerikan di Dunia

klg asli

berhasil
wujud peri fairy - wartainfo.com

Mitos Legenda Sosok Peri (Fairy) Yang Menyeramkan dan Mengerikan di Dunia - Berbagai macam kisah dongeng serta film-film Disney yang membuat penonton sering terdorong untuk memikirkan sosok peri sebagai makhluk cantik berkuping lancip dan terkadang memiliki sayang. Dan tak lupa biasanya mereka juga digambarkan memancarkan aura yang terang dibanding manusia.

Seandainya jika di teliti lebih dalam lagi ternyata sosok peri tak selalu cantik seperti halnya penjelasan di atas. Banyak legenda lokal dari berbagai penjuru dunia yang menggambarkannya jauh berbeda. Mereka rupanya sosok-sosok makhluk menyeramkan dan jahat serta membuat gempar anak kecil bahkan hingga orang dewasa akan menangis tiada henti karena ulah peri-peri ini. Jika begitu, kira-kira peri mana saja yang ternyata berbeda dari pemikiran kita selama ini? simak ulasan wartainfo.com di bawah ini:

1. Gan Ceanach, Irlandia & Skotlandia

wujud peri fairy - wartainfo.com

Peri satu ini mewujud dalam sosok pria tampan yang memikat para wanita. Sekali wanita terpikat dengannya, maka sang wanita akan tergila-gila kepadanya. Sang peri pun tak akan setia pada satu wanita. Ia akan meninggalkan korbannya hingga mereka mati. Biasanya pria Irlandia dan Skotlandia di sisi lain akan membeli jimat paling ampuh untuk menjaga kekasih atau wanita yang mereka incar agar tak jatuh ke tangan Gan Ceanach. 
2. Sluagh, Skotlandia

wujud peri fairy - wartainfo.com

Dalam cerita-cerita Skotlandia, Sluagh terdiri dari peri yang dianggap sebagai  jiwa dari orang-orang jahat  dan orang-orang yang meninggal tanpa dibaptis. Segerombolan jahat ini biasanya terbang di malam hari, pertempuran antara mereka sendiri dan berburu untuk korban. Target malang akan terangkat dan jatuh dari ketinggian tertentu. Biasanya Sluagh juga memiliki kecenderungan bersifat sadis, karena mereka kadang-kadang memaksa korban untuk menembak orang lain dan hewan dengan panah beracun.
Konon, untuk menangkal Sluagh, orang-orang menutup jendela mereka yang menghadap ke barat, sebab biasanya segerombolan Slaugh tiba dari arah itu. Mereka berbau busuk seperti mayat, bau ini sebagai pemberitahuan awal kepada orang-orang atas kedatangan mereka. 
3. Berberoka, Filipina

wujud peri fairy - wartainfo.com

Berberoka adalah ras peri sangat berbahaya yang hidup di rawa-rawa dan sungai yang hanya dapat dijumpai di Filipina. Mereka akan memangsa para nelayan yang berkunjung ke wilayahnya. Mereka dipercaya punya perangkap dengan menjernihkan air di dekat sarang mereka. Hal tersebut akan membuat para nelayan mudah untuk menangkap ikan di tempat tersebut. Tatkala sang korban sudah berada di tempat, Berberoka langsung mengoyak kapal dengan ombak besar dan akan menyeret nelayan malang di dalam air. Kemudian setelah itu, mereka akan langsung memakan nelayan dengan cara tak manusiawi.
4. Storm Hag, Amerika Serikat

wujud peri fairy - wartainfo.com

Jika ada kapal yang kecelakaan dan orang hilang di Lake Erie, Amerika Serikat, peri Storm Hag lah yang dipercaya bertanggung jawab atasnya. Menurut cerita, peri satu muncul sebagai seorang wanita yang sangat jelek dengan kulit dan gigi berwarna kehijauan, serta matanya yang kuning, sehingga mempertajam fitur wajahnya. Kukunya mengandung racun sangat kuat yang dapat melumpuhkan setiap korban yang dia tertangkap.
Saat sang korban sudah mendekat. ia akan tiba-tiba berubah wujud menjadi sosok hijau mengerikan dan bergigi tajam yang mengakibatkan kepanikan orang-orang di atas kapal. Seakan kurang, Storm Hag juga memanggil badai mengerikan dan menangkap para pelaut dengan lengan memanjang nya, sehingga para pelaut yang berada di atasnya tercebur semua. Gigitannya dipercaya membuat korban kaku dan akhirnya tenggelam untuk kemudian disantapnya.
Sementara dalam variasi lain, dia akan menunggu badai reda dan tiba-tiba memuntahkan petir dan angin sehingga kapal tenggelam. Jadi intinya, Storm Hag memiliki dua versi. Silahkan anda pilih, kira-kira versi mana yang sesuai. 
5. Fachan, Skotlandia

wujud peri fairy - wartainfo.com

Diperkirakan, Fachan punya penampilan mirip monster. Saking mengerikannya, penampilannya tersebut mampu membuat orang ketakutan sampai mati terkena serangan jantung. Dari kepala hingga kaki Fachan tertubuh kulit aneh. Ia pun hanya punya satu mata, satu kaki, dan satu tangan. Tatkala orang melihatnya, maka jantung akan berhenti berdetak! 
Menurut cerita Skotlandia, mereka dipercaya selalu berkeliaran dengan membawa senjata mereka sendiri untuk membunuh orang yang melintas di area kekuasaan mereka. Tidak seperti peri lain, Fachan tidak bisa terbang dan begitu membenci orang-orang yang mendekatinya. Rawan kekerasan dan sangat teritorial, mereka juga selalu membawa kawat berduri atau rantai yang nantinya akan digunakan untuk melawan orang-orang yang berani memasuki wilayah mereka. Ini jelas bukan karakter peri baik, Anda bisa menceritakannya kepada anak-anak Anda di malam hari.
6. Leanhaum - Shee, Pulau Isle of Man 

wujud peri fairy - wartainfo.com

Leanhaum-Shee lebih cocok disebut vampir daripada peri karena ia suka memangsa manusia. Ia tinggal di pulau Isle of Man, perbatasan Inggris dan Irlandia.  Peri satu ini suka menyamar sebagai wanita muda untuk merayu korbannya. Apabila sukses, maka sang korban akan menjadi kekasihnya. Kalau ternyata sang pria (korban) menolak cintanya, maka ia akan membunuh mereka dengan kejam dan meminum darah mereka.
Lantas bagi yang menjadi kekasih peri ini akan di sedot perlahan jiwanya hingga menua dan akhirnya mati. Jiwa dan darah yang sudah di sedot, nantinya akan digunakan oleh Leanhaum - Shee sebagai ramuan untuk mempertahankan kecantikan dan kekuatannya.
7. Bendith Y Mamau, Wales

wujud peri fairy - wartainfo.com

Jika diterjemahkan maka namanya memiliki arti sebagai "Ibu pembawa berkat" peri satu ini dikenal oleh kebudayaan Wales sebagai sosok yang suka menculik bayi dan anak. Penduku Wales percaya bahwa hanya penyihir saja yang bisa membuat anak-anak mereka kembali. 
Selain penculikan, peri satu ini juga suka menunggang kuda dan membawa kabur kuda tersebut hingga kuda tersebut pingsan kelelahan. Jangan terkecoh penampilannya yang keibuan karena peri ini berbahaya.
Untuk menangkal peri ini, biasanya orang-orang meninggalkan susu di luar rumah mereka. Bahkan, Bendiths yang awalnya disebut Melliths  ("kutukan ibu") tetapi orang-orang menghindari memanggil mereka agar tidak menyinggung perasaan mereka. 
8. Red Cap, Skotlandia 

wujud peri fairy - wartainfo.com

Caps Red juga berasal dari Skotlandia. Sama seperti Jason Voorhees yaitu peri pembunuh tersadis. Meskipun digambarkan sebagai orang tua kurus, Caps Red juga dipersenjatai dengan cakar dan gigi yang tajam. Mereka memiliki kekuatan yang super dan dapat mengalahkan seorang pria dewasa. Seolah-olah itu tidak cukup menakutkan, mereka juga membawa sabit, yang nantinya akan mereka gunakan untuk memenggal orang sampai mati. 

Biasanya setelah sang korban dibunuh secara brutal, Red Cap akan mengepel darah dengan topi-nya, dari situlah nama itu berasal. Peri ini juga diduga kuat menjadi kanibal yang memakan manusia dan peri lainnya. Hanya ada satu cara untuk menangkal sosok pembunuh sadis ini adalah dengan membacakan ayat-ayat Alkitab. Sebaiknya korban harus cukup cepat membacanya, karena Caps Red sangat kuat dan brutal, mereka juga sangat cepat dalam melakukan aksinya.  

9. Ankou, Celtic

wujud peri fairy - wartainfo.com

Peri dalam kebudayaan Celtic ini dipercaya sebagai peri pembawa kematian. Awalnya Ankou adalah pangeran yang suka berburu. Ia suatu hari bertemu dengan sang Kematian yang menantangnya untuk berburu. Yang menang akan mendapat hadiah menentukan nasib yang kalah. Tapi akhirnya, pangeran tersebut kalah dan dihukum oleh sang Kematian untuk mengumpulkan nyawa manusia. 

Sejak itu, Ankou telah menjelajahi bumi mengendarai kereta kuda untuk  mengumpulkan jiwa-jiwa orang yang telah mati. Dia digambarkan sebagai sosok menakutkan yang mengenakan jubah hitam dengan wajahnya tersembunyi dari pandangan. Dalam versi lain, ia ditemani oleh pembantu kerangka yang melemparkan jiwa yang baru dikumpulkan ke gerobak. Angin dingin menandai kedatangnya Ankou dan memberitahukan kepada orang yang sekarat bahwa kematian mereka sudah dekat.

Category: UncategorizedTags:
Jayabet