9 Tradisi Perayaan Valentine Unik di Berbagai Negara

klg asli

berhasil
Tradisi Perayaan Valentine Paling Unik - wartainfo.com
WARTAINFO.com - Hari Valentine biasanya dirayakan dengan memberikan cokelat atau karangan bunga cantik untuk kekasih dan disertai kartu ucapan velentine days. Namun, ada tradisi unik yang bisa kita temukan saat perayaan Valentine di berbagai belahan dunia dari berbagai sumber. 
1. Tradisi Perayaan Valentine di Amerika 
Di Amerika perayaan valentine ditandai dengan saling bertukar kartu valentine. Ada banyak jenis kartu yang diberikan saat perayaan hari kasih sayang selama bertahun-tahun. Bukan hanya kartu-kartu berhias indah dan berisi kata-kata asmara, tapi juga yang berisi humor-humor kejam. Tak jarang orang-orang berkreasi sendiri membuat kartu valentine untuk diberikan pada orang-orang tercinta. 
2. Tradisi Perayaan Valentine di Inggris 
Beberapa daerah di Sussex, Inggris, sering menyebut Valentine sebagai Birds Wedding Day atau Hari Pernikahan Burung. Bahkan, ada mitos yang mengatakan bahwa jika seorang wanita melihat burung pipit terbang di Hari Valentine, itu berarti dia akan menikah dengan pria miskin tetapi punya pernikahan yang bahagia. Sebaliknya, jika dia melihat goldfinch (sejenis kenari liar) berarti akan menikah dengan pria kaya namun pernikahannya tidak bahagia. Lain halnya jika seorang wanita melihat burung robin saat Valentine. Itu berarti dia akan menikah dengan seorang pelaut. 
3. Tradisi Perayaan Valentine di Perancis 
Di Perancis ada sebuah tradisi unik di hari valentine. Para lanjang masuk rumah dan saling berhadapan dan mulai saling memanggil dari satu jendela ke jendela lainnya dan berpasangan dengan seseorang yang mereka pilih. Jika seorang pria tidak menyukai pasangannya dia akan meninggalkan wanita ini. Selanjutnya ada acara api unggun di mana wanita yang ditinggalkan akan membakar foto pria ini dan meneriakkan makiannya. Karena acara ini membutuhkan banyak ruang dan kadang disalahgunakan, pemerintah Perancis menetapkan tidak ada lagi acara memanggil pasangan valentine. 
4. Tradisi Perayaan Valentine di Slovenia  
St. Valentine adalah salah satu dari orang-orang yang dianggap suci di Slovenia. Tepat pada perayaan hari kasih sayang, tanaman dan bunga mulai tumbuh pada hari itu. Momen spesial ini sering ditandai sebagai hari pertama memulai kerja di kebun-kebun anggur dan ladang. Tradisi tersebut mungkin tidak seromantis budaya lain, tetapi setidaknya ini lebih produktif. 
5. Tradisi Perayaan Valentine di China 
Dalam kalender China, Hari Valentine dikenal sebagai Qi Xi Jie. Untuk merayakan hari kasih sayang ini, orang yang sedang jatuh cinta atau menjalin hubungan akan mengunjungi kuil jodoh untuk berdoa dan meminta kebahagiaan pernikahan atau hubungan cintanya. Malamnya, perempuan yang belum menikah akan berdoa kepada Vega, dewi yang membantu merajut kisah cinta agar cepat bertemu jodoh. 
6. Tradisi Perayaan Valentine di Jepang 
Di Jepang, tradisi Hari Valentine lebih ditekankan pada perempuan. Pria hanya perlu duduk manis menunggu hadiah mereka datang. Para wanita akan memberikan coklat atau pun permen kepada pasangannya sebagai ungkapan kasih sayang. Dan ada dua  jenis cokelat yang di berikan sebagai hadiah yaitu ‘honmei-choko’ dan ‘giri-choko’.Honmei-choko berarti “true love chocolate”, diberikan pada pria yang menjadi pujaan hati wanita. Sedangkan giri-choko berarti ‘obligation chocolate’, yang diberikan pada teman-teman pria atu rekan kerja yang tak memiliki hubungan romansa.
Pada White Day, yang jatuh pada tanggal 14 Maret, pria memberikan hadiah balasan untuk wanita yang disukainya. Dimana ada aturan yang bernama sanbai gaeshi, yang berarti pria harus mengembalikan hadiah yang diterimanya paling tidak 2-3 kali lipat dari yang diterima. Tidak mengembalikan hadiah, menunjukkan ia seorang yang egois. Sedangkan mengembalikan hadiah dengan nilai yang sama dianggap sebagai cara untuk mengakhiri hubungan, atau lambang bahwa si pria tak menyukai perempuan itu. 
7. Tradisi Perayaan Valentine di Korea Selatan 
Seperti halnya Jepang, perayaan Valentine di korea lebih ditekankan pada wanita yang memberikan hadiah kepada pria. Dan pada 14 April memiliki tradisi Black Day, dimana pria yang tidak menerima apa pun saat Hari Valentine akan pergi ke sebuah restoran China untuk makan mie hitam (Jajangmyeon) sebagai lambang dukacita karena masih lajang. 
8. Tradisi Perayaan Valentine di Finlandia 
Tidak seperti negara lain yang menganggap Hari Valentine adalah hari romantis, di Finlandia Valentine dirayakan sebagai hari persahabatan. Masyarakat Finlandia menyebut Valentine sebagai Ystavanpaiva (hari teman). Pada hari ini mereka akan mengirimkan kartu dan hadiah untuk sahabat satu sama lain. Meski demikian, hari ini juga tetap populer sebagai momen untuk bertunangan dan menikah. 
9. Tradisi Perayaan Valentine di Wales 
Wales memiliki tradisi unik perayaan valentine, yakni hari kasih sayang jatuh pada 25 Januari. Tanggal ini dikenal juga sebagai hari Dwynwen. Kisah Santa Dwynwen yang tragis menginspirasi penduduk Wales untuk bertukar kado dan hadiah untuk mengekspresikan perasaan terdalam mereka satu sama lain. Secara tradisional, hari kasih sayang ini dirayakan dengan memberi hadiah berupa sebuah sendok cinta. Dalam sendok kayu ini terdapat ukiran nama mereka pada satu bagian, menghias pegangannya dengan simbol hati atau lonceng. Sendok ini akan diberikan pria kepada perempuan yang disukainya sebagai lambang keseriusan dan kemampuan mereka untuk membiayai kehidupan mereka berdua setelah menikah.

Nah itulah beberapa Tradisi Unik Perayaan Valentine yang biasa dilakukan di beberapa negara di dunia. Untuk di indonesia sendiri lebih ke ucapan valentinebaik lewat sms dan diberikan langsung dengan coklat. Namun, apapun itu untuk menunjukkan rasa cinta pada pasangan atau keluarga tak harus pada tanggal 14 februari saja kan?

Category: UncategorizedTags:
Jayabet