5 Mobil yang di Pakai Presiden Indonesia (RI) dari Masa ke Masa

klg asli

berhasil
jenis Mobil Kepresidenan Indonesia RI dari waktu ke waktu

Mobil Kepresidenan Indonesia - Setelah resmi dilantik sebagai Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) bakal berkantor di Istana Negara. Bersama wakilnya dan sebagai presiden, mantan gubernur DKI dan wali kota Solo itu tentu mendapat fasilitas keamanan lebih dari negara, mulai dari pengawalan tingkat tinggi dari Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) hingga fasilitas kendaraan, yakni mobil kepresidenan.

Bicara mobil kepresidenan ini menarik, sebab Jokowi dengan kebiasaan blusukannya tentu tidak bisa menggunakan lagi mobil dengan standar keamanan rendah, misalnya mobil Innova atau Land Cruiser miliknya yang sering dipakai blusukan.

Seperti presiden sebelumnya, mobil presiden ke-7 itu harus didesain khusus, terutama soal kenyamanan dan keamanan. Seperti dikatakan Pengamat Intelijen Wawan Purwanto. "Mobil dinas Presiden Jokowi nanti harus menjalani perombakan total demi keselamatannya, sekaligus tetap menjaga kerahasiaan negara," ujarnya beberapa waktu lalu.

Misalnya mobil kepresidenan era Susilo Bambang Yudhoyono, Mercedes-Benz S600 buatan tahun 2008 yang dilengkapi dengan bodi dan kaca antipeluru selain keamanan standar lainnya. Begitu juga dengan mobil kepresidenan sebelumnya, era Megawati, Gus Dur, Habibie dan Soeharto. Berikut ini Wartainfo.com tampilkan mobil-mobil yang dipakai Presiden Republik Indonesia dari masa ke masa:

Buick-8 mobil Kepresidenan RI pertama Soekarno

Foto Buick-8 mobil Presiden Indonesia ir. Soekarno

Buick-8 ini merupakan mobil kepresidenan pertama dalam sejarah Indonesia. Kendaraan dinas ini dipakai oleh Presiden Pertama RI Soekarno, terutama saat perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949. Mobil warna hitam mengkilap dengan bodi gemuk plus lampu bulat di depan, membuat kendaraan dinas ini nampak berwibawa. Mobil ini kini menjadi koleksi Museum Gedung Joang 45 di Menteng 31, Jakarta Pusat.

Ada kisah menarik tentang mobil ini. Dalam literatur sejarah, konon mobil ini ditemukan pada 1945 di belakang kantor Departemen Perhubungan pada masa pendudukan jepang (Sekarang kantor Direktorat Jendral Perhubungan Laut, Jalan Merdeka Timur, Jakarta) oleh Sudiro yang waktu itu menjabat ketua Barisan Banteng. Dia paham bahwa mobil Buick-8 itu tidak hanya sembarang mobil, melainkan mobil kelas luks yang terbagus di Jakarta saat itu.

Tokoh pejuang Kemerdekaan Indonesia tersebut lantas mendekati sopirnya dan membujuknya pulang ke kampungnya di Kebumen, meminta kunci dan mempersembahkannya kepada Presiden Soekarno sebagai kendaraan dinas. Mobil itu pula yang pertama kali diberi pelat nomor kepresidenan Rep-1.

Mobil ini, modelnya masih tampak berwibawa dan mengesankan meski berumur puluhan tahun. Ada selembar kaca yang memisahkan penumpangnya dengan pengemudi yang dapat dibuka dengan sebuah tuas yang diputar. Mobil ini adalah mobil type Limited-8, mobil utama Buick yang dikeluarkan pada 1939 dengan kapasitas 320 ci atau 5247 cc. Bukan Buick biasa yang dikeluarkan pada 1931.

Selain Mobil Buick-8, Mobil dinas Presiden Soekarno antara lain Cadillac 75, Mercedes-Benz 600, GAZ 13 , Zil 111, Lincoln Cosmopolitan (limosin cabrio) dan Chrysler Imperial. Tipe Imperial 38 ini bernomor polisi B 9105 hadiah dari Raja Arab Saudi.

Chrysler ini terdapat cacat di spatbor kiri mobil dan kaca belakangnya dan dipertahankan sampai sekarang sebagai bukti sejarah ketika Bung Karno menjemput anak-anaknya yang bersekolah di Perguruan Cikini, mobil ini selamat dari ledakan granat yang dikenal sebagai Peristiwa Cikini. Salah satu penumpang mobil itu kemudian menjadi Presiden Indonesia, yakni Megawati Soekarnoputri. (wartainfo.com)

Mercedes-Benz 500SEL, Mobil Presiden era Soeharto

Foto gambar Mercedes-Benz 500SEL Mobil Kepresidenan era Soeharto

Mercedes-Benz atau Mercy dipakai selama berpuluh-puluh tahun oleh presiden RI setelah Soekarno. Mobil jenis ini dipakai pertama kali oleh Presiden Soeharto setelah menggantikan Soekarno. Saat pertama kali menjabat, presiden ke-2 RI itu menggunakan Mercedes-Benz 500SEL (limousine) keluaran tahun 1987 dengan nomor polisi beragam, mulai dari B1 sampai RI-1.

Kendaraan serupa juga digunakan oleh wakil presiden saat itu, mulai Sudharmono hingga Try Sutrisno. Bedanya, untuk wakil presiden RI-2 hanya memakai Mercedes-Benz 500SEL tipe empat pintu biasa. Belum ada data resmi berapa harga kendaraan jenis ini.

Kehebatan Mercedes-Benz 500SEL limousine ini, konon memiliki kesamaan spesifikasi keamanan setara dengan mobil dinas Presiden Bill Clinton dan Ratu Elizabeth II. Mobil klasik ini asli pabrikan Jerman dengan tipe mesin M117.963 dilengkapi delapan silinder berkapasitas 5.0L. Kecepatan maksimumnya mencapai 220 km/jam.

Fasilitas keamanan juga bisa dibilang komplit untuk ukuran mobil khusus waktu itu. Misalnya untuk keamanan ban, konon pemerintah RI menunjuk Michelin untuk membuat high safety wheels dengan standar ban untuk mobil Kepresidenan. Roda ini memiliki ketebalan beberapa inci yang anti peluru hingga ranjau darat. Spesifikasi sama juga diterapkan Michelin untuk mobil yang dikendarai Presiden Rusia Boris Yeltsin dulu.

Mobil Kepresidenan Soeharto ini juga dilengkapi kaca anti peluru setebal tiga inci, kurang dua inci dari Cadillac One yang digunakan Presiden Barack Obama saat ini dengan ketebalan lima inci. Beberapa sensor juga menempel pada mobil ini agar menjamin keselamatan presiden. Mobil ini juga dilapisi baja dan platina hitam yang tahan terhadap serangan peluru, mortir dan guncangan.

Mobil ini dipakai Soeharto mulai sekitar tahun 1980-an hingga 1990-an. Pada tahun 1994 penguasa Orde Baru (Orba) itu sudah jarang terlihat memakai mobil ini. Dia sudah beralih menggunakan mobil kepresidenan lain dengan jenis sama tapi tipe berbeda. Pada 1998, Mercedes-Benz 500SEL 1987 ini pernah dibawa ke Museum Mercedes-Benz di Stuttgart, Jerman, untuk sebuah pameran mobil-mobil Presiden legendaris di dunia. (wartainfo.com)

Mercedes-Benz S600 tahun 1994, Mobil Kepresidenan Era Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati dan SBY

Foto Mercedes-Benz S600 1994 Mobil Presiden Indonesia Era Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati dan SBY

Mercedes-Benz S600 produksi tahun 1994 ini juga pertama kali dipakai Presiden Soeharto untuk menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya Mercedes-Benz 500SEL. Dipakai resmi pada 1995, spesifikasi mobil ini juga tidak kalah dengan tipe mobil kepresidenan sebelumnya, memiliki standar keamanan tinggi; bodi dan kaca antipeluru serta standar keamanan lainnya. Mobil ini menjadi kendaraan dinas presiden terlama sebab digunakan sejak era Presiden Soeharto, Habibie, Gus Dur, Megawati hingga Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Mercedes-Benz S600 tahun 2008, Mobil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Foto Mercedes-Benz S600 tahun 2008 Mobil Kepresidenan RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

Pada periode pertama pemerintahannya (2004-2009), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih menggunakan mobil kepresidenan warisan pendahulunya, yakni Mercedes-Benz atau Mercy S600 buatan tahun 1994. Namun pada periode kedua (2009-2014), Presiden SBY mengganti mobil dinas itu dengan Mercedes-Benz S600 (Pullman Guard Limousine) keluaran 2008. Sementara Mercy buatan 1994 sebelumnya dijadikan sebagai kendaraan cadangan.

Mercy S600 Pullman Guard ini resmi dipakai pertama kali pada 2009. Spesifikasi kendaraan ini memiliki bodi limousine panjang sekitar 6,3 meter dengan wheelbase 4.315 mm atau sekitar 1.150 mm lebih panjang dari bodi tipe S-Class longwheelbase. Atapnya juga sedikit lebih tinggi dan lebih besar pada cabinnya.

Mobil kepresidenan atau RI 1 merupakan kendaraan lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Mercedes-Benz ini tahan terhadap senjata militer standar dan memberikan perlindungan terhadap fragmen yang muncul dari granat tangan, serta bahan peledak lainnya.

Fitur keamanan tambahan termasuk ban run-flat, tanki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Selain itu, mobil ini juga menggunakan ban Michelin PAX 245-700 R470 AC, sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Selain itu, ada pula kamera belakang, kaca depan dan jendela depan yang tahan panas, sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik. Mobil dinas Kepresidenan ini tetap memiliki ketangguhan tersendiri dan cukup memenuhi kriteria sebagai kendaraan pemimpin negara. (wartainfo.com)

Mercedes-Benz S600, Mobil Kepresidenan Era Jokowi

Foto Mercedes-Benz S600 Mobil Presiden Indonesia Joko Widodo Jokowi

Mercedez-Benz S600 warisan SBY ini juga sudah dipakai presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) dalam beberapa kali kesempatan menghadiri acara di Jakarta. Soal keamanan, spesifikasi yang terdapat pada mobil berplat RI-1 ini tidak main-main. Pada bagian body dan kaca telah terpasang lapis baja dengan tingkat resistensi Eropa B6/B7. Dengan demikian, kendaraan ini mampu menahan ledakan yang ditimbulkan dari granat tangan, maupun bahan peledak ringan lainnya.

Mobil ini dilengkapi ban run-flat, tangki bahan bakar 90L dan sistem pemadam kebakaran otomatis. Ban yang digunakan adalah Michelin PAX 245-700 R470 AC. Kemudian sistem pengaturan udara segar darurat, sistem kontrol pneumatik darurat untuk membuka jendela (beroperasi secara tersendiri dari sistem elektronik), serta Panic Alarm System tambahan.

Di dalamnya juga terpasang tiga kamera yang diletakkan di belakang. Kaca bagian depan dan jendela depan juga tahan panas. Serta sistem adjutable doorhold yang digunakan di keempat pintu, di pintu belakang yang dapat ditarik dan menutup secara otomatis, serta tirai belakang listrik.

Soal kecepatan, mobil pabrikan Jerman, mobil ini mampu berlari sampai 210 kilometer/jam dengan kekuatan mesin GVW seberat 4.200 kilogram. (wartainfo.com)

ยป Top 10 Mobil Lamborghini Paling Termahal di Dunia Saat Ini

Category: Indonesia, Serba - SerbiTags:
Jayabet