Kisah Sukses Susi Pudjiastuti, Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia

klg asli

berhasil
Foto gambar Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan Dan Perikanan Kabinet Kerja Presiden Jokowi

Wartainfo.com - Presiden Jokowi telah resmi mengumumkan 34 menteri yang tergabung dalam Kabinet Kerja dan bakal bekerja bersama dirinya dan Wapres Jusuf Kalla selama lima tahun ke depan. Tentunya publik memiliki banyak harapan pada sosok menteri Jokowi. Harapan bahwa Indonesia bisa berubah menjadi negara yang lebih baik dan sejahtera. 

Dalam 34 menteri di Kabinet Kerja, ada satu sosok yang sangat mencolok yakni dia adalah Susi Pudjiastuti, langsung menjadi obrolan banyak orang di dunia maya karena dianggap berbeda baik dari penampilan dan gayanya.

Wanita kelahiran Pangandaran, 15 Januari 1965 ini paling gemar dengan cerutu Kuba. Dia juga memiliki kebiasaan unik dengan mentato betis kanannya. Dari berbagai sumber, ada yang bilang tato burung merak, ada yang menyebut gambar lobster menghiasi tungkai kaki kanannya. 

Dalam Kabinet Kerja, Susi Pudjiastuti memegang jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan. Perikanan memang bukan hal yang aneh baginya, karena wanita pengusaha ini merupakan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product yang berfokus pada bidang eksportir hasil-hasil perikanan. Hanya saja ada satu hal lagi yang membuat sosok Susi dibicarakan yakni dirinya hanya mengantongi ijazah SMP untuk menjadi seorang menteri. Yap, pendidikan Susi memang berliku. 
Di mana usai lulus SMP dirinya sempat melanjutkan ke sebuah SMA di Yogyakarta tetapi saat kelas II SMA terpaksa berhenti karena dikeluarkan dari sekolah lantaran keaktifannya dalam gerakan Golput. Tak heran jika ijazah pendidikan resmi yang dia miliki hanyalah SMP. Namun jangan remehkan wanita ini hanya dari ijazah sekolahnya. (wartainfo.com) 

Lulus SMP Langsung Menjadi Pengepul Ikan

Foto gambar Susi Pudjiastuti Menteri Kelautan Dan Perikanan waktu jadi pengepul ikan

Ibu Susi Pudjiastuti saat ini sudah berusia 49 tahun, namun gaya dan semangatnya masih membara seperti anak muda. Tentunya ada alasan mengapa Presiden Jokowi mempercayakan posisi Menteri Kelautan dan Perikanan padanya. Ibu Susi adalah Presiden Direktur PT ASI Pudjiastuti Marine Product, perusahaan eksportir hasil perikanan. Produksi yang paling dikenal adalah lobsternya. Selain itu, Ibu Susi memiliki PT ASI Pudjiastuti Aviation yang merupakan perusahaan penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Seorang wanita memiliki dua perusahaan besar, siapa sangka Ibu Susi hanya mengantongi ijazah SMP. Rasanya benar bahwa pendidikan seseorang tidak 100 persen menjamin kesuksesan seseorang, dengan tekad yang besar, Ibu Susi membuktikan dia bisa sukses walaupun banyak orang memandang sebelah mata tingkat pendidikannya.

Terlahir di Pangandaran sebagai anak dari saudagar sapi dan kerbau, Susi kecil tidak begitu saja menjadi anak yang manja. Setelah lulus SMP, Ibu Susi menjadi seorang pengepul ikan di Pangandaran. Modalnya hanya Rp 750 ribu saat itu, dengan menjual perhiasan miliknya. Di tahun 1983, Ibu Susi memulai bisnisnya di bidang perikanan. (wartainfo.com)

Bisnis Berkembang di Asia Hingga ke Amerika

Foto gambar Susi Pudjiastuti Menteri nyentrik kabinet kerja

Pengalaman adalah guru terbaik, tampaknya hal itu yang dirasakan oleh Ibu Susi. Dengan kerja keras dan jatuh bangun yang tidak sebentar, 13 tahun setelah itu, tepatnya di tahun 1996, Ibu susi mendirikan pabrik pengelolaan ikan PT ASI Pudjiastuti Marine Product dengan lobster sebagai produk unggulannya. Produk tersebut diberi nama Susi Brand.

Semakin lama perusahaan tersebut semakin meluas ke wilayah Asia dan Amerika. Bahkan Ibu Susi menyediakan sendiri sarana transportasi udara agar hasil laut berupa ikan dan lobster miliknya tetap segar saat sampai ke tempat tujuan.

Kegigihan ini mengantar Ibu Susi meraih banyak penghargaan, antara lain:

  • Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004
  • Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005
  • Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia
  • Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV
  • Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009

Dengan banyaknya penghargaan dan bukti kerja kerasnya, rasanya tak salah jika Presiden Jokowi mempercayakan jabatan Menteri Kelautan dan Perikanan di tangan Ibu Susi Pudjiastuti. Setelah memegang jabatan sebagai menteri otomatis posisi sebagai CEO perusahaan miliknya sudah diserahkan pada orang lain.

Ibu Susi optimis hasil laut Indonesia bisa menjadi potensi yang besar untuk terus dikembangkan.

"Indonesia harus jaya di kelautan, 70 persen adalah laut, dengan goodwill semua pihak bisa."- Susi Pudjiastuti

Memang tidak ada habisnya membahas sosok Bu Susi Pudjiastuti yang nyentrik ini. Kita tunggu saja kerja nyata pemilik maskapai perintis Susi Air ini terlepas dari kehidupan pribadinya yang menjadi sorotan.

Selamat bekerja, bu! Semoga di bawah pimpinan Ibu Susi Pudjiastuti hasil laut dan perikanan Indonesia dapat lebih mensejahterakan rakyatnya. (wartainfo.com) 

» 6 Fakta Unik dan Menarik Susi Pudjiastuti, Menteri Nyentrik di Kabinet Kerja Jokowi
» Daftar Lengkap Nama 34 Menteri di Susunan Kabinet Kerja Presiden Jokowi

Category: InspirasiTags:
Jayabet