10 Tanda Ciri dan Gejala Awal Wanita Sedang Hamil

klg asli

berhasil
tanda ciri gejala awal wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Ciri dan Tanda Awal Wanita Lagi Hamil - Kehamilan merupakan kondisi dimana wanita sedang membawa embrio atau janin di dalam tubuhnya. Masa-masa awal kehamilan biasanya menunjukkan ciri-ciri spesifik. Apa saja? Yuk, simak ciri-ciri wanita sedag hamil berikut ini: (wartainfo.com)

1. Mual dan muntah

Ciri ciri wanita cewek lagi hamil

Salah satu ciri-ciri orang hamil adalah mual dan muntah. Meski ciri-ciri orang hamil ini disebut morning sickness, keluhan mual muntah bisa terjadi kapan saja dalam sehari. Mual muntah mulai muncul saat usia kehamilan memasuki 7 - 9 minggu, atau bisa lebih awal.

Mual muntah disebabkan meningkatnya hormon beta-HCG. Ada beberapa cara mengatasi mual muntah, meski demikian Anda tidak perlu khawatir gejala ini biasanya akan hilang setelah usia kandungan 12 - 16 minggu. 

2. Mudah lelah dan tak enak badan

Ciri ciri wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Meski tidak semua wanita merasakannya, merasa mudah lelah atau kurang enak badan juga menjadi salah satu ciri-ciri orang hamil. Biasanya, Anda akan merasa seperti masuk angin, badan pegal-pegal dan seperti akan terserang flu. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena hal ini tidak berbahaya. Anda hanya perlu istirahat. Mudah lelah dan kurang enak badan yang merupakan ciri-ciri orang hamil ini akan terasa saat trimester pertama dan ketiga. (wartainfo.com)

3. Pengeluaran cairan pada vagina

tanda wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Tak berbeda seperti saat akan mengalami menstruasi, vagina akan sedikit mengeluarkan cairan. Normalnya berwarna putih susu, encer, dan berbau sedikit. Umumnya jumlahnya akan bertambah seiring bertambahnya usia kehamilan. Tanda-tanda hamil kadang tidak disadari Mama.

Ibu bisa menggunakan pembalut untuk memberi rasa nyaman. Tapi jangan menggunakan tampon. Atau seringlah mengganti celana dalam Anda dengan menggunakan bahan katun. 

4. Payudara bengkak dan puting hitam

tanda wanita cewek perempuan lagi mengandung hamil

Kehamilan memang memberikan perubahan pada tubuh. Nah, salah satu ciri-ciri orang hamil adalah perubahan pada payudara. Nah, biasanya pembengkakan payudara terjadi di awal kehamilan dan bagian puting akan lebih lebar dan berwarna lebih gelap. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memilih bra yang nyaman dan tepat untuk ibu hamil, terutama saat berolahraga. (wartainfo.com)
5. Ngidam dan sensitif terhadap bau

ngidam tanda wanita cewek perempuan lagi mengandung hamil

Ngidam dan berselera terhadap suatu makanan bisa menjadi tanda wanita hamil yang paling terlihat. Misalnya, Anda sangat menyukai makanan tertentu sebelum hamil, tapi saat hamil Anda malah tidak suka sama sekali makanan tersebut. Mencium bau makanan tersebut saja membuat Anda mual.

Ciri-ciri orang hamil juga bisa sebaliknya yaitu Anda sangat menginginkan makanan tertentu. Ciri-ciri orang hamil berupa ngidam ini biasanya terjadi pada trimester pertama. Wanita yang sedang hamil juga biasanya akan mengalami penciuman yang sensitif, seperti terhadap parfum, rokok, dan bau masakan yang menyengat. 

6. Sering buang air kecil

tanda ciri wanita cewek perempuan lagi mengandung hamil

Ciri-ciri orang hamil adalah intensitas buang air kecil yang meningkat. Hal ini biasanya disebabkan oleh rahim yang mulai berkembang dan mendorong kandung kemih. Alhasil, Anda pun sering buang air kecil secara terus-menerus.

Sebenarnya, seringnya Buang Air kecil tak perlu dikeluhkan karena berdampak sangat positif untuk kesehatan janin. Sebab, air kemih merupakan sisa makanan yang harus dibuang dan sangat mungkin mengandung banyak kuman. Dengan sering dikeluarkan maka kuman yang ada di sana pun ikut dikeluarkan. Apalagi mulut rahim sangat dekat dengan muara kandung kemih, bila air kemih berada cukup lama di dalam bisa saja kumannya akan berpindah ke rahim dan menginfeksi janin.

Jadi tetaplah mengonsumsi 8-12 gelas sehari ukuran 250 cc. Pengurangan asupan cairan malah akan berdampak negatif, dari anyang-anyangan hingga gangguan ginjal. Jika aktivitas tidur malam terganggu, ibu bisa menyikapinya dengan tidak minum 2-3 jam sebelum tidur. Tentu ibu sudah memperbanyak minum di siang hari. (wartainfo.com)

7. Flek dan kram perut

tanda ciri wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Tanda wanita hamil adalah mengalami flek (spotting) berupa cairan merah muda atau kecokelatan disertai kram perut. Tidak semua wanita hamil mengalami flek dan kram perut. Di sisi lain, penyebab flek dan kram perut belum diketahui secara pasti. Dugaan terkuat adalah penempelan ovum yang telah dibuahi pada dinding rahim. 
8. Terlambat menstruasi

tanda ciri gejala awal wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Ciri-ciri orang hamil yang paling jelas adalah Anda mengalami keterlambatan menstruasi. Nah, jika menstruasi memang terlambat, Anda sebaiknya segera melakukan tes kehamilan. (wartainfo.com)
9. Test pack

tanda ciri gejala awal wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Ciri-ciri orang hamil yang dialami wanita hamil bersifat subjektif, maka untuk lebih tepatnya Anda bisa melakukan tes kehamilan di rumah dengan menggunakan test pack yang bisa dibeli di apotek. 

10. Mimisan

tanda ciri gejala awal wanita cewek perempuan sedang mengandung hamil

Ini tanda-tanda hamil lainnya, mimisan bisa terjadi karena kadar estrogen dan progesteron yang tinggi beredar pada tubuh, sehingga menyebabkan banyaknya aliran darah pada membran mukosa dari hidung. Akibatnya menjadi lunak dan membengkak, mirip seperti leher rahim yang akan menyiapkan kelahiran.

Untuk menghentikan mimisan, lebih baik duduk atau berdiri sedikit miring ke depan daripada berbaring atau bersandar ke belakang. Tekan kedua lubang hidung bersamaan dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk. Tahan selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali sampai pendarahan berhenti.

Nah, itulah beberapa tanda dan ciri-ciri awal seorang wanita sedang mengandung (hamil), buat calon ibu, tetap jaga kesehatan agar janin yang di kandung tumbuh dan lahir menjadi bayi yang sehat pula. (wartainfo.com)

Category: Kesehatan, WanitaTags:
Jayabet