Cerita Misteri Legenda 8 Kapal Hantu Paling Terkenal di Dunia

klg asli

berhasil
gambar foto Kisah cerita misteri Menyeramkan Legenda Kapal Hantu Paling Terkenal Populer di Dunia

Kisah Menyeramkan Legenda Kapal Hantu Paling Populer di Dunia - Cerita Kapal Hantu merupakan salah satu kisah yang sangat menarik untuk dibahas. Diperkirakan, sudah banyak buku ditulis dengan mengangkat cerita legenda dari kapal-kapal hantu ini. Tak tanggung-tanggung, bahkan dalam film Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest (2006) dan Pirates of the Caribbean: At World’s End (2007) kapal hantu ini juga ikut dimunculkan. 

Akan tetapi, entah nyata atau tidaknya kisah ini juga belum diketahui, atau mungkin masih sama dengan legenda-legenda lainnya yang dianggap hanya sebatas cerita karangan ataupun dongeng turun-temurun. Konon kapal-kapal hantu ini bergentayangan di lautan dan masih sering terlihat oleh para pelaut.

Dilansir dari Wikipedia dan beberapa sumber lainnya, Berikut ini Kisah Legenda 8 Kapal Hantu Misterius Paling Terkenal di Penjuru Dunia, Simak selengkapnya di bawah ini: (wartainfo.com)

8. Kapal Hantu The Caleuche

Foto Gambar The Caleuche Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Menurut Legenda Chili, Caleuche adalah kapal hantu besar yang berlayar di sekitar Chiloe (sebuah pulau kecil di lepas pantai Chili) di malam hari. Caleuche dikatakan sebagai makhluk yang sadar dan hidup. Kapal ini muncul sebagai kapal yang layarnya putih yang indah dan cerah, dengan 3 tiang dari 5 layar masing-masing, selalu penuh dengan lampu dan dengan suara pesta di kapal, tapi dengan cepat menghilang lagi, tanpa meninggalkan bukti kehadirannya. Konon, kapal hantu ini juga dapat bernavigasi di bawah air, seperti kapal hantu lain, yaitu Flying Dutchman. Beberapa mitos mengklaim bahwa kapal itu diawaki oleh orang yang tenggelam, yang dibawa ke kapal oleh tiga tokoh mitologi Chilote, dua saudara perempuan: sirena Chilota (sejenis duyung) dan Pincoya dan saudara mereka Pincoy. Setelah naik ke kapal, kematian mereka dapat melanjutkan keberadaan mereka seolah-olah mereka hidup kembali.

Selain itu, cerita rakyat chiloé juga mengatakan bahwa si jahat Brujo Chilote (sejenis penyihir) sering mengunjungi pesta, yang mereka mencapai oleh memanggil caballo marino chilote ajaib (makhluk mitos mirip dengan kuda air). Krunya juga terdiri dari nelayan dan pelaut yang diculik untuk dijadikan budak setelah berubah menjadi makhluk yang sangat mirip dengan Invunche (makhluk mitologi Chilote). Sementara di dalam Fiksi dan Seni Dalam Alastair Reynolds Chasm City, Caleuche adalah nama yang diberikan untuk kapal yang mengikuti di belakang armada kapal koloni yang seharusnya tidak berada di sana dan tidak pernah merespon upaya komunikasi.

Tatkala protagonis mengambil sebuah pesawat angkasa untuk mengunjungi kapal hantu ia menemukan bahwa itu benar-benar ruang-faring makhluk alien yang telah berasumsi untuk tampil dalam salah satu kapal armada dan mencoba untuk bersembunyi di antara mereka dari yang musuh sendiri. Caleuche juga ditampilkan dalam novel dan film mendatang oleh penulis Chili, Madeleine Petit menyebut "Caleuche", dalam legenda kapal telah diadaptasi. Tujuan dari kedua buku dan film adalah untuk membuat legenda ini dikenal di seluruh dunia. Film lain yang menampilkan Caleuche adalah "The Ship of Fools". (wartainfo.com)

7. Kapal Hantu The Carroll A. Deering

Foto Gambar The Carroll A Deering Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Mungkin yang paling terkenal kapal hantu dari pesisir Timur adalah Carroll A. Deering, sebuah kapal yang kandas di dekat Tanjung Hatteras, North Carolina pada tahun 1921. Kapal baru saja kembali dari perjalanan komersial untuk mengirim batubara ke Amerika Selatan, dan itu terakhir kali terlihat di selatan Hatteras oleh sebuah kapal suar di dekat Cape Lookout. Kemudian kapal itu kandas di Diamond Shoals, sebuah wilayah yang terkenal karena menyebabkan banyak kapal karam, dan terjebak di sana selama beberapa hari sebelum bantuan bisa mencapainya.

Ketika bantuan tiba, Coast Guard menemukan bahwa kapal itutelah kosong. Peralatan navigasi dan buku catatan hilang, dan juga dua sekoci, dan tidak ada tanda-tanda apapun. Sebuah penyelidikan besar-besaran dilakukan oleh pemerintah AS, yang menemukan bahwa beberapa kapal lainnya telah menghilang secara misterius pada waktu yang sama.

Beberapa teori diutarakan, yang paling masuk akal adalah bahwa kapal itu menjadi korban bajak laut. Namun ada pula yang beranggapan telah terjadi pemberontakan, karena diduga banyak yang memusuhi sang Kapten, tapi tidak ada bukti yang ditemukan. Misteri kapal hantu yang mengelilingi telah mendorong banyak spekulasi bahkan paranormal dituding ikut bertanggung jawab atas hilangnya para kru kapal ini. (wartainfo.com)

6. Kapal Hantu The Baychimo

Foto Gambar The Baychimo Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Salah satu kasus yang paling menakjubkan dari kehidupan nyata mengenai kapal hantu Baychimo, sebuah kapal kargo yang ditinggalkan dan dibiarkan melayang di dekat laut Alaska selama hampir empat puluh tahun. Kapal ini dimiliki oleh Perusahaan Teluk Hudson, dan diluncurkan pada awal 1920-an dan digunakan untuk perdagangan pelts dan bulu dengan Inuit di utara Kanada. Tapi di tahun 1931, Baychimo terperangkap dalam lautan es dekat Alaska, dan para kru akhirnya dipindahkan keluar ke tempat yang aman.

Setelah badai salju, kapal itu berhasil melepaskan diri dari es, tapi keadannya rusak parah dan kemudian ditinggalkan dan dibuang oleh Perusahaan Teluk Hudson, yang beranggapan jika kapal itu tidak akan mampu bertahan selama musim dingin dan akan rusak dengan sendirinya lalu tenggelam. Herannya, Baychimo berhasil tetap bertahan, dan selama 38 tahun tetap terapung di perairan Alaska. Kapal itu menjadi semacam legenda setempat, dan sering terlihat mengambang tanpa tujuan di dekat perairan es yang membeku oleh para penduduk Eskimo dan kapal lain.

Beberapa orang ingin mencoba untuk menaiknya beberapa kali, tapi kondisi terlihat mustahil. The Baychimo ini terakhir terlihat pada tahun 1969, sekali lagi terlihat tengah terjebak di dalam es Alaska, tetapi sejak itulah kapal Baychimo menghilang. Kapal itu diyakini telah tenggelam di tahun-tahun itu, namun baru-baru ini beberapa ekspedisi telah diluncurkan dalam rangka mencari kapal yang diduga telah hampir 80 tahun berlayar tanpa awak itu. 

5. Kapal Hantu The Octavius

Foto Gambar cerita The Octavius Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Walaupun sekarang dianggap lebih legenda daripada apa pun, cerita tentang Octavius tetap salah satu yang paling terkenal dari semua cerita kapal hantu. Cerita tanggal kembali ke 1775, ketika dikatakan bahwa sebuah kapal penangkap ikan paus yang disebut Herald sengaja menemukan Octavius mengambang tanpa tujuan di lepas pantai Greenland. Crewmembers dari Herald naik Octavius, di mana mereka menemukan tubuh para awak dan penumpang semua beku oleh dingin arktik.

Paling menonjol, para kru menemukan kapten kapal masih duduk di mejanya, pertengahan menyelesaikan sebuah entri log dari 1762, yang berarti telah Octavius terapung selama 13 tahun. Menurut legenda, ia akhirnya menemukan bahwa sang kapten telah mempertaruhkan untuk membuat cepat kembali ke Inggris dari Timur melalui Northwest Passage, tetapi bahwa kapal telah menjadi terperangkap di dalam es. Jika benar, ini akan berarti Octavius telah menyelesaikan bagian ke Atlantik sebagai hantu kapal, para awak dan kapten lama mati terekspos sampai unsur. (wartainfo.com)

4. Kapal Hantu MV Joyita

Foto Gambar cerita MV Joyita Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

The Joyita adalah seorang nelayan dan perahu sewaan yang ditemukan ditinggalkan di Pasifik Selatan pada tahun 1955. Kapal, bersama dengan 25 penumpang dan awak, sedang dalam perjalanan ke Kepulauan Tokelau ketika sesuatu terjadi, dan tidak sampai jam kemudian bahwa Joyita terlambat dilaporkan dan upaya penyelamatan diluncurkan. Sebuah pencarian udara besar-besaran dilakukan, tapi gagal menemukan kapal yang hilang, dan tidak sampai lima minggu kemudian bahwa kapal dagang tersandung atas Joyita hanyut sekitar 600 mil dari aslinya saja.

Tidak ada tanda-tanda dari penumpang, kru, kargo, atau kehidupan rakit, dan kapal itu rusak dan daftar cukup parah ke satu sisi. Pemeriksaan lebih lanjut oleh pihak yang berwenang menemukan bahwa radio kapal disetel untuk tanda bahaya universal, dan pencarian dari geladak menemukan tas dokter dan beberapa perban berdarah. Tak satu pun dari awak atau penumpang yang pernah terlihat lagi, dan misteri dari apa yang terjadi belum pernah terungkap. Teori yang paling populer adalah bahwa membunuh bajak laut penumpang dan melemparkan tubuh mereka ke laut, tapi klaim lain termasuk segala sesuatu dari pemberontakan dan penculikan penipuan asuransi. (wartainfo.com)

3. Kapal Hantu The Lady Lovibond

Foto Gambar Kisah The Lady Lovibond Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Kisah mengenai kapal ini berawal pada tanggal 12 Februari 1748. Hari itu merupakan hari yang bersejarah bagi Kapten Simon Reed (dalam kisah lain disebutkan sebagai Simon Peel). Kapten Simon Reed merupakan kapten dari kapal bertiang tiga Lady Luvibond. Pada tanggal 12 Februari 1748 tersebut, Kapten Simon Reed hendak mengadakan pesta pernikahan diatas kapal Lady Luvibond dengan pujaan hatinya bernama Annette. Selain itu, seorang temannya yang bernama John Rivers juga berada di kapal itu sebagai saksi pernikahan mereka.

Namun, tanpa diketahui oleh kedua pasangan yang berbahagia tersebut, John memendam rasa cemburu terhadap pasangan yang baru saja menikah tersebut dan ia sangat tersiksa dengan perasaannya itu. John merasa sangat sakit hati dan merencanakan sesuatu untuk merusak hari pernikahan mereka. Tanpa menyadari bahaya yang sedang direncanakan oleh John, Kapten Simon mengatur semua keperluan untuk mengadakan pesta dan perjalanan ke Oporto, Portugal bersama pujaan hatinya dan para tamu undangan pada hari berikutnya. Ia sempat berada dibelakang kemudi untuk memimpin pelayaran, namun tak berapa lama kemudian, ia menyerahkan tugas tersebut kepada salah satu juru mudinya karena ia harus turun ke dek bawah untuk bergabung dengan para tamu lainnya.

Tanpa sepengetahuan sang kapten, John Rivers yang dibakar api cemburu bergegas naik ke ruang kemudi, menyingkirkan juru kemudi kapal, dan mengambil alih kemudi kapal Lady Lovibund. Setelah mengambil alih kemudi, John lantas mengarahkan kapal menuju Goodwin Sands, yaitu sebuah zona berbahaya yang ada di dekat wilayah town of Deal. Zona tersebut dikenal sebagai kuburan kapal karena banyak kapal yang karam di daerah tersebut, meskipun tidak ada penjelasan mengenai penyebab kapal-kapal tersebut karam di wilayah itu, tapi banyak yang percaya jika di wilayah itu banyak terdapat karang yang berbahaya bagi jalur pelayaran kapal. Singkat cerita, para penumpang yang tengah berpesta diatas kapal tidak mengetahui jika kapal yang mereka tumpangi akan karam, dan benar saja, tidak lama kemudian, kapal Lady Luvibond karam pada tanggal 13 Februari 1748 dan menewaskan seluruh penumpangnya.

Usut punya usut ternyata, kisah mengenai kapal ini tidak berhenti sampai disini. Pasalnya 50 tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 13 Februari 1798, seorang kapten kapal Edenbridge melaporkan bahwa kapalnya hampir bertabrakan dengan sebuah kapal layar bertiang tiga. Ketika kapal misterius tersebut melintas, ia mendengar musik yang biasanya terdengar saat hari pernikahan. Bukan hanya sang kapten Edenbridge yang melihatnya, namun seorang nelayan setempat mengaku juga telah meihat kapal itu. Kemudian pada tanggal 13 Februari 1848 dan 1849, beberaa penduduk setempat menyaksikan sebuah kapal layar bertiang tiga sedang berlayar, namun menuju kearah tepi pantai.

Ketika mereka mengira bahwa kapal tersebut akan menabrak, tiba - tiba kapal itu hilang entah kemana. Setelah itu, penampakan mengenai kapal hantu ini jarang terjadi. Beberapa saksi mata yang pernah melihatnya mengatakan jika penyebabnya adalah semakin banyak orang yang datang untuk menyaksikannya, sehingga kapal hantu tersebut tidak muncul, seperti yang terjadi pada tahun 1998, dimana ratusan orang dari berbagai negara datang untuk menyaksikan penampakan kapal hantu bertiang tiga tersebut di pantai tenggara Inggris, namun sayangnya kapal hantu tersebut ndak muncul.

Namun hingga saat ini, kisah mengenai kapal hantu lady Luvibond memang masih menjadi misteri. Mengenai kebenaran kisah ini, tak ada yang tau secara pasti, yang jelas ada sesuatu yang menarik dalam kisah penampakan kapal hantu ini, yaitu penampakannya selalu terjadi pada tanggal 13 Februari, dimana pada tanggal tersebut kapal ini karam di wilayah Goodwin Sands. Menurutmu, apakah benar kapal hantu tersebut benar-benar ada? (wartainfo.com)

2. Kapal Hantu The Mary Celeste

Foto Gambar Kisah The Mary Celeste Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Tidak diragukan lagi ini adalah Legenda Kapal Hantu paling Terkenal di dunia, Mary Celeste adalah kapal dagang yang ditemukan gelandangan dan terapung-apung di Samudera Atlantik pada tahun 1872. Kapal itu dalam kondisi layak laut, dengan segala layar masih terjaga dan toko penuh makanan dalam kargo, tapi hidupnya perahu, kapten buku log dan, yang lebih penting, seluruh kru, menghilang secara misterius. Tidak ada tanda-tanda perjuangan, dan barang-barang pribadi dari kru dan kargo dari lebih dari 1500 barel alkohol tersentuh, tampaknya mengesampingkan kemungkinan pembajakan sebagai penjelasan. Pada tahun-tahun sejak penemuan aneh, sejumlah teori telah diusulkan mengenai kemungkinan nasib kru Mary Celeste.

Ini termasuk bahwa mereka penumpang tewas akibat puting beliung, bahwa awak memberontak, atau bahkan makan tepung yang terkontaminasi dengan jamur membawa semua penumpang untuk berhalusinasi dan menjadi gila. Teori yang paling mungkin tetap bahwa badai atau beberapa jenis masalah teknis memimpin sebelum waktunya meninggalkan kru untuk kapal dalam sekoci, dan bahwa mereka kemudian meninggal di laut. Namun, misteri yang mengelilingi Mary Celeste telah menimbulkan banyak spekulasi liar, dan lain-lain telah mengusulkan segalanya dari hantu ke laut monster dan penculikan orang asing mungkin penjelasan. (wartainfo.com)
1. Kapal Hantu The Flying Dutchman

Foto Gambar Kisah The Flying Dutchman Kapal Hantu Menyeramkan paling Terkenal di Dunia

Dari semua legenda kapal hantu yang ada, The Flying Dutchman telah mengilhami banyak lukisan, cerita horor, film, dan bahkan sebuah opera. Kapal pertama kali disebutkan pada akhir 1700-an. Menurut cerita rakyat, The Flying Dutchman merupakan kapal hantu yang tidak akan pernah bisa berlabuh, tetapi harus mengarungi “tujuh lautan” selamanya. Flying Dutchman selalu terlihat dari kejauhan, kadang-kadang disinari dengan sorot cahaya redup. Banyak versi dari cerita ini.

Menurut beberapa sumber, Legenda ini berasal dari Belanda, sementara itu yang lain meng-claim bahwa itu berasal dari sandiwara Inggris The Flying Dutchman (1826) oleh Edward Fitzball dan novel “The Phantom Ship” (1837) oleh Frederick Marryat, kemudian di adaptasi ke cerita Belanda “Het Vliegend Schip” (The Flying Ship) oleh pastor Belanda A.H.C. Römer. Versi lainnya termasuk opera oleh Richard Wagner (1841) dan “The Flying Dutchman on Tappan Sea” oleh Washington Irving (1855).

Beberapa sumber terpercaya menyebutkan bahwa pada abad 17 seorang kapten Belanda bernama Bernard Fokke (versi lain menyebut kapten “Ramhout Van Dam” atau “Van der Decken”) mengarungi lautan dari Holland ke pulau Jawa dengan kecepatan luar biasa. Ia dicurigai meminta bantuan iblis untuk mencapai kecepatan tadi. Namun ditengah pelayarannya menuju Cape of God Hope tiba-tiba cuaca buruk, sehingga kapal oleng. Lalu seorang awak kapal meminta supaya pelayaran dihentikan . Tetapi sang kapten tidak mau, lalu dia berkata “aku bersumpah tidak akan mundur dan akan terus menembus badai untuk mencapai kota tujuanku, atau aku beserta semua awak kapalku akan terkutuk selamanya” Tiba -tiba badai menghantam kapal itu sehingga mereka kalah melawan alam.

Dan terkutuklah selama-lamanya Sang Kapten bersama para anak kapalnya itu menjadi jasad hidup dan berlayar di tujuh lautan untuk selama-lamanya. Konon, Kapal tersebut dikutuk untuk melayari 7 samudera sampai akhir zaman. lalu cerita itu menyebar sangat cepat ke seluruh dunia. Selain itu, mitos akhir-akhir ini juga mengisahkan apabila suatu kapal modern melihat kapal hantu ini dan awak kapal modern memberi signal, maka kapal modern itu akan tenggelam atau celaka.

Bagi seorang pelaut, pertemuan yang tak diduga dengan kapal hantu The Flying Dutchman akan mendatangkan bahaya bagi mereka dan konon katanya hanya ada suatu cara untuk menghindar dari kemungkinan berpapasan dengan kapal hantu tersebut, yaitu dengan memasangkan tapal kuda di tiang layar kapal mereka sebagai perlindungan. Selama berabad-abad lamanya legenda The Flying Dutchman menjadi sumber inspirasi para sastrawan dan novelis. Sejak tahun 1826 Edward Fitzball telah menulis novel The Pantom Ship (1837) yang diangkat dari pengalaman bertemu dengan kapal seram ini. Banyak pujangga terkenal seperti Washington Irving dan Sir Walter Scott juga tertarik mengangkat legenda ini. (wartainfo.com)

» Kisah Misteri 14 Kota Hantu Menyeramkan Paling Menakutkan dan Mengerikan di Dunia 

Category: Legenda, Misteri Mistis MitosTags:
Jayabet