10 Hal Aneh yang Bisa Terjadi Saat Tidur

klg asli
Fenomena Hal Aneh yang Bisa dapat Terjadi Saat anda kita sedang Tidur

Hal Aneh yang dapat Terjadi Ketika Tidur - Selama ini Anda mungkin berpikir bahwa tidur merupakan kondisi yang paling damai, tenang, dan pasif. Tapi kenyataannya, selagi Anda tidur, banyak hal aneh yang dapat terjadi pada diri Anda.

Beberapa kondisi tersebut belum dapat dijelaskan penyebabnya. Namun sudah dipastikan tiap orang pasti pernah mengalami hal-hal aneh saat tidur seperti berikut ini: (wartainfo.com)

1. Merasa seperti akan terjatuh

Foto Gambar Bayi balita terjatuh saat Tidur

Dikenal juga dengan nama hypnagonic jerk. Hal ini merupakan fenomena saat Anda tertidur lalu tiba-tiba terbangun karena perasaan kaget seperti mau jatuh. Dapat terjadi jika Anda tidur dalam kondisi yang terlalu lelah, kurang tidur, atau stres.

Hypnagonic jerk dapat terjadi saat pikiran sudah memasuki keadaan tidur padahal tubuh masih dalam keadaan yang relatif aktif. Hingga kini penyebab perasaan seperti mau jatuh tersebut belum diketahui. (wartainfo.com)

2. Sexsomania

Foto Gambar Sexsomania ketika Tidur

Berdasarkan riset dari Universitas Health Network, Kanada, ditemukan bahwa 8% populasi dari 800 pasian melakukan aksi seksual selagi tidur atau yang lebih dikenal dengan sexsomania. Fenomena aneh ini terjadi selagi Anda tidur di mana Anda dapat bercinta dengan pasangan selagi tidur. Bahkan ada sebuah kasus saat seorang perempuan bercinta dengan pria tidak dikenal selagi ia tidur.

Fenomena ini terjadi karena seseorang tidur dalam kondisi ia sedang bergairah atau bermimpi hal-hal seksual. Mereka yang menderita ini terperangkap antara kondisi tidur dan kondisi bangun. Kenyataannya selagi tidur kita memang dapat terangsang secara seksual. 

3. Menggertakkan gigi

Foto Picture Menggertakkan Gigi ketika Tidur

Istilah medisnya adalah Bruxism. Merupakan perilaku tidur lalu Anda menggertakkan gigi Anda. Fenomena ini dapat terjadi karena beberapa hal, seperti stres, gigi yang tidak rata, dan juga memang kebiasaan. Mereka yang menderita hal ini biasanya bangun dengan nyeri di mulut atau kerusakan gigi. (wartainfo.com)

4. Ketindihan  (Sleep Paralysis)

Foto Picture Ketindihan  (Sleep Paralysis) ketika Tidur

Nama ilmiahnya adalah Sleep Paralysis. Merupakan gejala populer saat Anda bangun tidur tiba-tiba badan tak bisa digerakkan bahkan berbicara saja tidak bisa. Hal ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Saat Anda tidur, ada beberapa siklus yang harus Anda lalui. Nah, saat tubuh berada pada siklus Rapid Eye Movement (REM), saat ini tubuh berada pada siklus di mana mata bergerak cepat ke berbagai arah. Lalu ketika terbangun, pikiranlah yang terbangun terlebih dahulu dibanding tubuh. Sehingga tubuh yang memang awalnya tidak bergerak, terasa berat. 

5. Sindrom kepala meledak

Foto Picture Exloding Head Syndrome Saat Tidur

Biasa dikenal dengan istilah Exloding Head Syndrome. Merupakan kondisi di mana saat Anda tidur, tiba-tiba Anda seperti mendengar suara yang sangat keras. Suara tersebut dapat berupa suara barang jatuh, tembakan, ledakan, bahkan kadang disertai seperti melihat kilatan cahaya. Kondisi ini merupakan kondisi yang langka dan belum diketahui penyebabnya. (wartainfo.com)

6. Tidur sambil berjalan

Foto Images Orang Tidur sambil berjalan

Pada tidur berjalan, Anda mulai bangun dari tidur namun otak Anda tidak cukup bangun sepenuhnya untuk membuat Anda benar-benar sadar, padahal tubuh sudah bangun dan dapat bergerak secara aktif. Singkatnya, pikiran Anda terperangkap dalam keadaan bangun dan juga tidur.

Perilaku ini termasuk berbahaya. Karena saat seseorang tidur berjalan, ia tidak tahu apa yang ia lakukan. Ia bisa saja berbicara, makan, menyetrika, hingga berkendara. Bahkan ada kasus yang parah saat seorang pria jatuh dari tebing yang tinggi karena tidur berjalan. 

7. Bermimpi

Foto Images Orang Bermimpi saat Tidur

Mimpi sudah pasti merupakan hal aneh yang terjadi saat kita tidur. Banyak misteri seputar mimpi yang masih belum bisa terjawab sepenuhnya. Misalnya, kemana sebenarnya kita pergi saat kita bermimpi? Mengapa bisa terjadi mimpi buruk?

Beberapa ahli mempercayai bahwa mimpi memiliki tujuan, bahkan ada yang percaya mimpi merupakan pertanda sesuatu akan terjadi di masa depan. Namun yang pasti mimpi adalah salah satu cara bagi otak untuk memproses ingatan-ingatan kita. (wartainfo.com)

8. Mengigau

Foto Gambar orang Mengigau saat Tidur

Kondisi ini lebih sering terjadi pada anak-anak dibanding orang dewasa. Perilaku tidur aneh ini membuat Anda dapat berbicara selagi tidur. Ada yang dalam rentang waktu singkat, ada pula yang hingga bermenit-menit. Belum diketahui penyebabnya, namun banyak yang beranggapan bahwa mengigau pertanda tubuh masih aktif. (wartainfo.com)

9. Kentut

Foto Gambar orang kentut saat Tidur

Percaya atau tidak, saat Anda tidur, Anda akan kentut tanpa disadari. Hal ini dikarenakan pada saat Anda tidur, semua bagian tubuh terelaksasi dan termasuk otot di dubur. Untungnya, selagi Anda tidur indera penciuman memasuki kondisi pasif. Hal ini pula yang menyebabkan alarm kebakaran diciptakan. Sebab saat seseorang tidur, asap tak akan tercium olehnya. 

10. Mendengkur  (Ngorok)

Foto Gambar mendengkur ngorok saat Tidur

Biasa disebut ngorok. Merupakan kondisi saat kita tidur, tenggorokkan menyempit karena otot-otot tubuh terelaksasi. Penyempitan pada saluran pernapasan membuat udara yang melewatinya menjadi bergetar. Ada banyak alasan penyebabnya. Dapat terjadi karena alkohol, posisi tidur, bahkan pertanda suatu penyakit. (wartainfo.com)

Category: Kesehatan, Tahukah Kamu?, UncategorizedTags:
Jayabet