Batu Akik Wonogiri Kalahkan Pesona Fire Opal Meksiko?

klg asli

berhasil
Foto Gambar Batu Akik Fire Opal Barjad Api asal Wonogiri
Batu Akik Fire Opal asal Wonogiri - Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah terkenal mempunyai kekayaan alam berupa batu permata yang indah. Salah satunya adalah jenis Fire Opal atau Barjad Api Wonogiri, asal Bukit Manggal, Dusun Simpangan, Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo. Konon, keindahan Batu akik fire opal Wonogiri itu mengalahkan pesona batu jenis serupa asal Meksiko dan Tanzania.
Batu Akik Fire opal tak kalah populer dibandingkan dengan batu perhiasan yang paling mahal dan populer. Batuan mulia itu juga banyak dicari sama sama halnya dengan batu bacan, safir, zamrud, ruby, dan topaz.
Foto Gambar Pic Batu Akik Permata Mulia Fire Opal Meksko
Foto: Batu Fire opal asal Meksiko
Wonogiri menjadi lokasi tempat ditemukannya fire opal. Seperti yang dikutip dari Metro, Menurut seorang pegawai negeri sipil yang juga pengkoleksi batu akik, Edy Haryanto, fire opal Wonogiri jauh lebih jernih ketimbang jenis yang sama asal Meksiko.

"Sehingga barjad (kristal) api yang menjadi ciri khas jenis fire opal ini dapat bersinar terang jika terkena cahaya," terang Edy.

Foto Gambar Pic Batu Akik Permata Mulia Fire Opal Barjad Api asal Wonogiri
Foto: Salah satu jenis batu akik fire opal dari Wonogiri
Untuk skala nasional, ujarnya, fire opal hanya ditemukan di Wonogiri. Sedangkan untuk skala nasional, fire opal Wonogiri mampu bersaing dengan negara lain.

Fire opal berkualitas terbaik didapatkan di Bukit Manggal, Desa Hargantoro, Kecamatan Tirtomoyo, Wonogiri. Bentuknya beragam seperti fire opal green, red fanta, red tea, dan yellow bimoli. Harganya mulai dari Rp1 juta hingga Rp10 juta.

Menanggapi itu, Bupati Wonogiri Danar Rahmanto pun memanfaatkan demam batu akik untuk mempromosikan fire opal khas kabupatennya. Ia bahkan berencana mendirikan batu akik agar nilai jual fire opal bertambah. (wartainfo.com)

ยป Rekor Batu Permata Mulia Topaz, Zamrud, Safir, Berlian Termahal dan Terbesar di Dunia

Category: Batu Akik MuliaTags:
Jayabet