5 Kecelakaan Pesawat Tragis Karena Bunuh Diri Pilot Jatuhkan Pesawat

klg asli

berhasil
seperti Germanwings 5 Kecelakaan Pesawat Akibat Bunuh Diri Pilot Sengaja Menjatuhkan Pesawat

Kecelakaan Paling Mengerikan Akibat Pilot Sengaja Menjatuhkan Pesawat - Betapa mengerikan hasil analisis awal rekaman suara kokpit (CVR) dari bangkai pesawat Germanwings yang hancur menabrak Pegunungan Alpen beberapa hari lalu Dari rekaman kotak hitam Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat, kecelakaan pesawat Germanwings pada Selasa (24/3/2015) lalu, menurut jaksa Brice Robin, dikarenakan kopilot, Andreas Lubitz sengaja menjatuhkan pesawat.

Selain Tragedi Germanwings, Dikutip dari AFP dan berbagai sumber, Beriku Daftar lima kecelakaan pesawat terbang paling tragis disebabkan kesengajaan sang pilot yang bunuh diri dan Menjatuhkan pesawat: (wartainfo.com)

1. Mozambique Airlines di Tahun 2013

Foto Gambar Kecelakaan Pesawat Mozambique Airlines 2013 Bunuh diri Pilot

Ini adalah kecelakaan pesawat terakhir yang oleh pelbagai lembaga penerbangan, dipastikan akibat kesengajaan pilot. Pesawat Mozambique Airlines (LAM) nomor TM470 jatuh di Namimbia pada November 2013.

Akibat insiden ini, 33 penumpang turut tewas, termasuk sang pilot. Pada investigasi awal, tim dari pemerintah Mozambik menduga ada kerusakan teknis, karena cuaca sangat cerah. Setelah hasil kotak hitam diumumkan, Mozambik mengakui sang pilot bunuh diri. Kejadiannya mirip rekaman CVR Germanwings. Tapi bedanya yang keluar ke toilet adalah sang kopilot.

Ketika hendak masuk kokpit, kopilot itu mendapati ruang kemudi pesawat sudah terkunci. Di saat rekaman itu menunjukkan kepanikan sang kopilot, data kotak hitam menunjukkan pesawat menukik tajam ke daratan dalam kecepatan penuh. Sebelum menghantam daratan, pilot tak pernah menghubungi menara pengawas untuk minta bantuan. (wartainfo.com)

2. Egypt Air, Tahun 1999

Foto Gambar Kecelakaan Pesawat Egypt Air 199 Karena Bunuh diri Pilot

Pada 31 Oktober 1999, Egypt Air penerbangan 990 rute New York - Kairo jatuh di Samudera Atlantik setelah lepas landas. 217 Penumpang dan kru tewas dalam pesawat Boeing 767.

Analisa kotak hitam menunjukkan bahwa pilotlah yang menyebabkan kecelakaan itu karena ada suara pilot sesaat sebelum pesawat itu celaka, "Saya baru saja mengambil keputusan. Saya serahkan takdir saya di tangan Tuhan".

Pilot itu diduga memiliki motif dendam karena di dalam pesawat itu, ada kepala pilot EgyptAir untuk Boeing 767 yang mengatakan pada pilot karena perilaku penyimpangan seksual, sang pilot tak diizinkan lagi membawa pesawat melintasi Atlantik. Padahal penerbangan tersebut mendatangkan pendapatan ekstra untuk sang pilot.

Kepala Pilot Boeing 767 itu diketahui duduk di first class dan meninggalkan tempat duduknya, kemudian masuk ke kokpit. Setelah kepala pilot itu keluar kokpit, maka pilot langsung mengusir kopilotnya keluar dari kursi dan mengeluarkan kata-kata di atas sambil mematikan autopilot dan menjatuhkan pesawat meski sudah dicegah oleh kopilot.

3. Silk Air, Singapura 1997

Foto Gambar Kecelakaan Pesawat Silk Air 1997 Karena Bunuh diri Pilot

Kecelakaan yang sempat menghebohkan publik Indonesia pada 1997 ini juga dikategorikan aksi bunuh diri pilot. Silk Air nomor 185 rute Jakarta-Singapura, mendadak menukik tajam, nyaris 90 derajat mengarah ke tanah, hingga akhirnya menabrak Sungai Musi, dekat Palembang.

Total 104 penumpang tewas, termasuk pilot Tsu Way Ming. Boeing 737 yang nahas itu dalam pemeriksaan terakhir ada pada kondisi prima. NTSB menemukan indikasi kesengajaan pilot dari data kota hitam. Gerakan vertikal, yang menyebabkan pesawat hancur sejak di udara, mustahil terjadi akibat kerusakan teknis.

Manuver semacam itu, dari data, memang dilakukan oleh pilot. Dugaan bunuh diri makin menguat, karena CVR yang merekam suara di kokpit dimatikan secara sengaja oleh Way Ming.

Kepolisian Singapura segera melacak latar belakang Way Ming. Enam bulan sebelum insiden nahas itu, sang pilot terjebak kesulitan keuangan karena salah membeli saham. Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dari Departemen Perhubungan Indonesia saat itu membantah indikasi bunuh diri. Tapi pihak Indonesia juga tidak dapat menjelaskan kenapa Silk Air itu bisa berakhir celaka. (wartainfo.com)

4. Royal Air Maroc, Maroko 1994

Foto Gambar Kecelakaan Pesawat Royal Air Maroc Akibat Bunuh diri Pilot

Kecelakaan di Maroko ini oleh pelbagai lembaga penerbangan dikenal sebagai salah satu upaya bunuh diri pilot yang paling gamblang. Pesawat Royal Air Maroc ATR-42 membawa 44 penumpang ini terbang normal setelah lepas landas dari Kota Agadir.

Namun, beberapa saat di udara, pilot mematikan modus autopilot. Data menara pengawas melihat pesawat sengaja dijalankan serampangan, kemudian menabrak Pegunungan Atlas.

Seluruh penumpang tewas akibat kecelakaan tersebut. Asosiasi Pilot Maroko berkukuh bahwa rekan mereka tidak bunuh diri. Namun semua data teknis menunjukkan pesawat diarahkan dengan sengaja ke pegunungan, apalagi wilayah Atlas tidak masuk dalam rute yang dituju oleh Royal Air Maroc itu. 

5. Japan Airlines, Tahun 1982

Foto Gambar Kecelakaan Pesawat Japan Airlines 1982 Akibat Bunuh diri Pilot

Pada 9 Februari 1982, pesawat DC-8 milik Japan Airlines penerbangan 350 mengalami kecelakaan di Teluk Tokyo saat hendak mendarat di Bandara Haneda. Pesawat itu mengangkut 174 orang dan 8 kru.

Dari rekaman kotak hitam Cockpit Voice Recorder (CVR) diketahui ada pertengkaran di kokpit saat pesawat hendak mendarat. Polisi menuding bahwa pilot mematikan 1 dari 4 mesin pesawat sebelum kecelakaan terjadi yang menyebabkan pesawat kehilangan ketinggian yang sangat tajam.

Kopilot sempat meneriaki kapten pilot dan mengambil alih kendali pesawat. Pesawat itu tetap mendarat dengan celaka di air, 300 meter sebelum runway Bandara Haneda, dengan 24 penumpang tewas. Perusahaan Japan Airlines mengatakan sang pilot pernah menderita psikosomatis pada akhir 1980-an namun dokter yang menguji mental tetap meloloskannya dan menganggapnya sehat. (wartainfo.com)

» 6 Kecelakaan Pesawat Terbesar dan Terparah dalam Sejarah di Dunia 
» 5 Kecelakaan Pesawat Terbang Mengerikan Paling Terburuk di Tahun 2014 

Category: Berita Peristiwa, Serba - SerbiTags:
Jayabet