5 Racun Mematikan Paling Berbahaya Yang Bisa Membunuh Manusia

3. Tetrodoksin

Foto Ikan Buntal Paling Berbahaya Beracun dan Mematikan

Zat ini biasanya terdapat di dalam ikan puffer (ikan buntal) dan bisa menyebabkan keracunan tetrodotoksin neurotoksin, ikan ini banyak terdapat di Asia terutama di Jepang. Dosis 1-2 gram tetrodoksin murni bisa mematikan dan diperkirakan efeknya melebihi sianida.

Toksin ini akan terkonsentrasi di hati, organ kelamin dan kulit binatang. Selain itu zat ini akan tetap stabil jika terkena suhu tinggi dan larut dalam air.

Zat ini berbentuk heterosiklik kecil dan molekul organiknya dapat bekerja secara langsung di saluran elektrik natrium yang aktif di jaringan saraf. Karenanya orang yang keracunan zat ini disebabkan oleh kerusakan saraf.

4. Botulisme

Gambar Foto Racun Botulinum Toxin Poison Paling Berbahaya mematikan yang BIsa Membunuh Manusia

Botulisme adalah penyakit infeksi paling berbahaya yang disebabkan oleh bakteri Clostridium botulinum. Racun dari bakteri ini dikenal paling kuat sehingga dilarang penggunaannya sebagai senjata biologis dalam peperangan.

Infeksi racun ini menyebabkan kelumpuhan akut pada kedua sisi saraf tubuh (saraf karnial) dan saraf yang melakukan kontrol otomatis serta kesadaran dalam tubuh, melumpuhkan otot dengan menghambat pelepasan neurotransmitter acetycholine dari saraf.

Selain itu bakteri ini dikenal sebagai bakteri anaerob yaitu dapat bertahan hidup, mereproduksi dirinya sendiri serta menghasilkan racun yang paling mematikan dan efektif pada tingkat oksigen yang sangat rendah. Racun dari bakteri ini akan menyerang sistem saraf dan membuat seseorang meninggal dengan rasa sakitnya.

5. Bisa atau racun ular

Bisa Racun Ular Paling Ganas Berbahaya dan Mematikan Bagi Manusia

Dr Ari menuturkan bisa ular termasuk salah satu racun yang mematikan, hal ini karena bisa atau racun ini langsung menyerang saraf dan juga pembuluh darah yang dapat menyebabkan kematian. (Baca juga: 10 Jenis Ular Berbisa Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia)

Racun dari ular ini ada yang mampu menghancurkan jaringan dan organ tubuh serta menyebabkan gangguan pembekuan darah sehingga terjadi pendarahan terus menerus. Ada pula yang menyebabkan kelumpuhan dan kematian akibat kegagalan pernapasan.

Sementara itu seberapa cepat bisa ular ini bisa mematikan tergantung dari jenis ular yang menggigit, seberapa cepat penyebaran bisa atau racun dan bagian tubuh mana yang diserang oleh bisa tersebut. (wartainfo.com)

» 5 Zat Kimia Beracun Paling Berbahaya dan Mematikan di Dunia

Category: KesehatanTags: