5 Senjata ‘Alutsista’ Tercanggih Paling Mematikan China Yang Disegani Amerika

4. Jet Tempur Chengdu J-20

Foto Pesawat Jet tempur Chengdu J-20 Tercanggih Paling Mematikan Republik China

Pesawat tempur pertama buatan China ini diakui banyak negara khususnya memiliki kinerja dan kemampuan manuver yang oke.

Chengdu J-20 memiliki kemiripan fisik 95 persen dengan rangka pesawat tempur F-22 Raptor bikinan pabrik Lockheed Martin asal AS. Padahal F-22 kerap dijuluki jet tempur terkuat di dunia saat ini.

Teknologi tambahan Chengdu J-20 disebut-sebut mirip dengan buatan pesawat negara maju. Chengdu J-20 memiliki kemampuan siluman, pengunci sasaran berdasar hawa panas, dan banyak lagi lainnya. Kabarnya, militer Tiongkok mencuri data-data F-22 untuk merancang Chengdu.

Jet tempur ini kabarnya disiagakan dekat Laut China Selatan. Namun Chengdu J-20 memang belum pernah terbukti sukses dalam medan tempur yang sesungguhnya.

5. Rudal Anti Satelit

Foto Gambar Foto Senjata Rudal anti satelit tercanggih Paling Mematikan Milik China Yang Diakuti Oleh Amerika Serikat

Awal 2016, Kementerian Pertahanan AS mengumumkan temuan mereka bahwa China menggelar serangkaian uji coba senjata tempur di Kota Wuzhai. Selain menjajal sederetan rudal jenis baru, Beijing sekaligus mengujicoba peluru kendali anti-Satelit.

Pentagon mencatat ada enam kali uji coba yang sukses sepanjang 2015. Salah satunya dipastikan rudal berkecepatan hipersonik yang bisa menghancurkan satelit AS di orbit bumi.

"China terus membelanjakan anggaran yang besar untuk bidang militer. Kami mengamati perkembangan pesat itu," kata Admiral Cecil D. Haney.

Belum ada sebutan khusus untuk rudal yang bisa menjangkau orbit bumi ini. China hanya memberi nama kode DF-ZF. Pengamat militer menduga rudal anti-satelit itu pengembangan dari Dong-Feng 21. Rudal khusus ini diangkut pesawat tanpa awak WU-14.

Selama ini, AS masih unggul selangkah dibanding Beijing untuk isu Laut China Selatan berkat data-data yang dikumpulkan satelit. Pasokan informasi itu bisa berakhir jika China nekat menghancurkan benda-benda langit yang mencurigakan. (wartainfo.com)

Category: Militer, Teknologi