Mitos Orang Jawa Pamali Melakukan 5 Hal Ini, Percaya?

3. Tidak Baik Makan Pantat Ayam

Mitos Jawa Tentang Pamali Orang Makan Pantat Ayam brutu

Seringkali orang-orang Jawa melarang anaknya untuk makan daging ayam bagian brutu. Anak-anak dilarang makan brutu atau pantat ayam dengan dalih bisa menjadi bodoh atau pikun.

Tapi apa benar makan brutu akan membuat orang menjadi pelupa. "Anak-anak dianjurkan makan bagian kepala dan paha. Brutu bisa bikin bodoh," ujar Tokoh Masyarakat Jawa, Samini.

Di sisi lain, bagian brutu atau pantat ayam ternyata merupakan bagian yang berlemak. Oleh karena itu, kemungkinan besar orang tua melarang anaknya makan brutu demi kesehatan anaknya. Jika banyak mengandung lemak akan menyebabkan kolesterol. Sehingga anaknya sering ngantuk dan tidak fokus belajar alias menjadi bodoh.

4. Tak Baik Buang Sampah Di Kolong Tempat Tidur

Mitos Pamali Larangan Orang Jawa Buang Sampah Di Kolong Tempat Tidur

Anak-anak dilarang membuang sampah di bawah tempat tidur. Orang-orang Jawa berpandangan, membuang sampah di bawah tempat tidur adalah tidak baik dilakukan.

Nasihat orang Jawa terhadap anak-anaknya tersebut bukan tanpa maksud. Ternyata, di balik larangan tersebut karena alasan faktor kesehatan.

Sebab kalau sampah itu membusuk bisa menjadikan bau tidak sedap. Apalagi di ruangan tempat tidur yang biasa digunakan untuk beristirahat.

Selain itu, bisa juga sampah akan menjadi sarang bibit penyakit. Ungkapan ini berfungsi untuk umum dan sebagai nasihat untuk semua orang supaya melakukan segala sesuatu sesuai dengan etika.

5. Tidak Baik Makan Bersisa, Menyebabkan Ayam Mati

Mitos Orang Jawa Tentang Makanan Bersisa

Banyak sekali larangan orang Jawa terhadap anaknya dengan menggunakan ungkapan 'Ora elok'. Termasuk 'Ora elok madang nyiso, mundak pitike mati (Tidak baik makan bersisa, menyebabkan ayam mati)'.

Kalau dikaji-kaji, alasannya memang tidak masuk akal. Justru kalau sisa makanan banyak, ayam kita akan gemuk. "Maksud nasihat orang tua bukan itu," ujar Tokoh Masyarakat Jawa, Samini.

Dia menjelaskan, bukan tanpa sebab orang tua memberikan nasihat terhadap anaknya. Nasihat di atas, intinya adalah manusia harus tahu ukuran. Lebih baik nambah ketika makan dari pada mengambil banyak kemudian tersisa.

Petuah 'Tidak baik makan bersisa, menyebabkan ayam mati' juga mengingatkan agar manusia harus tahu diri. Di sini diingatkan, buang-buang makanan di larang, sementara di luar sana masih banyak manusia yang mengais sisa-sisa makanan. (wartainfo.com)

Category: Misteri Mistis MitosTags: