Kisah 5 Wanita Legendaris Tercantik di Sepanjang Sejarah Dunia

2. Ratu Balqis dari Kerajaan Saba

Kisah Cerita Legenda Sejarah Gambar Lukisan Wajah Ratu Balqis Kerajaan Saba Istri Nabi Sulaiman Wanita Kuno Tercantik Jaman Kerajaan Dulu

Nama Ratu Balqis dari kerajaan Saba sering disebut dalam berbagai literatur sejarah dan keagamaan. Soal fisik, banyak yang mengatakan jika sosok satu ini memiliki perawakan ala wanita-wanita latin. Dia punya kulit gelap tapi sangat cantik. Sosok satu ini juga berkaitan dengan Nabi Sulaiman, raja yang dikatakan sebagai yang paling kaya sepanjang sejarah.

Wanita ini tercatat dalam sejarah Islam sebagai wanita pertama yang memimpin sebuah kerajaan. Wilayahnya terbentang dari Yaman hingga Ethiopia saat ini.

Awal cerita pertemuan Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis memang tidak biasa. Pertemuan mereka bermula dari burung hud-hud yang tidak sengaja melintasi wilayah kekuasaan Balqis. Burung hud-hud ketika itu diperintahkan Nabi Sulaiman untuk mencari sumber mata air. Burung hud-hud diperintahkan Nabi Sulaiman karena memiliki deteksi yang tajam terhadap sumber mata air.

Balqis merupakan sosok ratu yang cerdik, cantik, dan memiliki jiwa kepemimpinan. Ada riwayat yang mengatakan, setelah kematian ayahnya, rakyat Saba dipimpin oleh seorang lelaki. Namun, kepemimpinannya mendatangkan kerusakan. Balqis pun turun tangan dan mengambil alih kepemimpinan.

Dalam riwayat lain disebutkan, Balqis adalah putri Sayarahil bin Dzijadan bin Assirah bin al Haryts bin Qais bin Shaifi bin Saba bin Yasyjab bin Ya'rab bin Qahtan. Ayah Balqis merupakan raja yang besar dan ia tidak ingin menikah dengan penduduk Yaman. Sehingga, ia menikah dengan perempuan dari bangsa jin yang bernama Raihanah biti as Sakan dan melahirkan seorang anak perempuan yang bernama Talaqam atau yang disebut dengan Balqis.

Lihat juga:
» Kisah 7 Perempuan Penghibur 'PSK' Cantik Jaman Dahulu Yang Terkenal dalam Sejarah Dunia
» Cerita Legenda 8 Ratu Pemimpin Kerajaan Kuno di Indonesia Zaman Dulu

Kisah tentang Nabi Sulaiman AS dan Ratu Balqis tertera dalam Alquran surah an-Naml ayat 20-44. Burung hud-hud melaporkan negeri Saba sebagai sebuah kerajaan besar yang dipimpin seorang wanita. Mereka juga menyampaikan bahwa kaum Saba masih menyembah matahari. Setan telah menghalangi mereka sehingga memandang perbuatan buruk kaum Saba dipandang indah. (QS an-Naml [27]: 24).

Setelah mendengar kabar tersebut, Nabi Sulaiman AS tidak terima dan meminta burung hud-hud untuk menyampaikan surat yang isinya mengajak Balqis taat kepada Allah. (QS an-Naml [27]: 28).

Burung hud-hud diperintahkan menjatuhkan surat tersebut kepada Balqis dan menunggu apa reaksi sang ratu atas surat tersebut. (QS an-Naml [27]: 28).

Isi surat Nabi Sulaiman tersebut berbunyi, “Dengan menyebut nama Allah yang Mahapemurah lagi Mahapenyayang. Janganlah kamu sekalian berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri.” (QS an-Naml [27]: 30-31).

Saat Balqis mengunjungi istana Nabi Sulaiman AS, ia terkagum-kagum. Lantainya terbuat dari kaca dan di bawahnya berisi air. Seolah-olah air menjadi lantai istana Nabi Sulaiman AS. Saat memasuki istana itu Balqis bahkan sampai mengangkat bajunya karena khawatir basah. Mengetahui istana tersebut dari kaca, Balqis menyadari betapa kecilnya kekuasaan yang ia miliki. Ia kemudian tersadar dan beriman kepada Allah.

“Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah berbuat zalim terhadap diriku dan daku berserah diri bersama Sulaiman kepada Allah, Tuhan semesta alam.” (QS an-Naml [27]: 44).

3. Delilah

Foto Gambar Lukisan Kisah Cerita Legenda Asli Delilah dan Samson Story

Menurut cerita, sosok Delilah sangat-sangat cantik. Kecantikannya menyihir semua pria yang pernah melihatnya, termasuk sosok bernama Samson.

Samson merupakan pria terkuat yang kekuatannya sangat hebat. Namun, Samson menjadi lemah karena jatuh cinta pada Delilah. Kisah ini sendiri termuat dalam banyak kitab, mulai dari Tanakh Israel sampai Talmud. Termasuk di Indonesia yang disadur dalam sebuah film Betawi.

Dalam legenda Samson diceritakan bahwa dia merubuhkan sebuah kuil. Titik balik yang sangat berarti dalam peperangan Israel melawan Filistin adalah kematian Samson. Dia ditangkap melalui pengkhianatan Delilah, yang dengan kecantikannya memperdaya samson untuk menceritakan rahasia kekuatan yang dimilikinya, hingga akhinya Samson berhasil ditangkap.

Orang-orang Filistin mencungkil matanya dan membawanya ke Gaza, salah satu kota besar mereka. Di sana mereka menyuruhnya menggiling biji-bijian di penjara. Di tempat inilah para budak dan narapidana diperkerjakan. (wartainfo.com)

Category: Legenda, Serba - SerbiTags: