6 Jenis Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa Yang Baik

4. Air Kelapa Murni

Foto Gambar Berbuka Puasa Yang Sehat dan Baik dengan Air Dogan Kelapa Murni

Air kelapa murni juga minuman yang ideal untuk berbuka puasa. Air kelapa kaya akan mineral yang diperlukan untuk mengganti cairan elektrolit yang hilang selama berpuasa.

Dengan begitu, tubuh tidak menjadi lemas. Perlu diingat, air kelapa sebaiknya tidak dicampur dengan bahan lain seperti es, santan atau gula yang berlebihan. Lebih baik meminum air kelapa yang belum dicampur bahan apa pun.

5. Minuman Hangat

Gambar Minuman Hangat Yang Sehat Untuk Berbuka Puasa Ramadhan

Selain air kelapa, disarankan juga meminum sesuatu yang hangat misalnya teh manis hangat. Minuman dingin bisa membuat perut cepat kenyang, sehingga kita kehilangan selera untuk mengonsumsi makanan yang bergizi, yang tidak didapatkan tubuh selama berpuasa.

Selain itu air atau makanan yang terlalu dingin bisa mengganggu penyerapan nutrisi makanan dalam tubuh. Selain minuman Anda juga bisa memakan sesuatu yang hangat lainnya, misalnya sup jagung atau sup sayuran.

6. Yoghurt

Gambar Yoghurt Pics Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa Yang Baik

Produk susu olahan ini dapat diandalkan sebagai menu untuk berbuka karena bernutrisi dan mengenyangkan. Dibandingkan dengan sirup, yoghurt lebih kaya akan sumber energi, protein, mineral, serta vitamin. Selain itu yoghurt juga bermanfaat memperbaiki sistem pencernaan sehingga Anda bisa tetap sehat dan nyaman selama puasa.

Sebagian dari Anda mungkin ragu untuk mengonsumsi yoghurt untuk berbuka karena rasanya yang asam ditakutkan akan menimbulkan maag atau sakit perut. Namun pakar gizi Dr Marya W. Haryono MGIZI, SpGk mengatakan jika yoghurt memiliki pH berkisar antara 4-5 yang masih bisa ditolerir perut.

Yoghurt juga pantas dijadikan asupan berbuka karena bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Misalnya dijadikan campuran buah potong sehingga semakin menyegarkan dan mengenyangkan. (wartainfo.com)

Category: Bulan Suci RamadhanTags: