Video 6 Teror Ledakan Bom Mematikan di Turki Sepanjang Tahun 2016

3. 13 Maret 2016, Ankara Turki

Sebuah bom mobil merobek lalu lintas transportasi ramai di ibukota Turki, Ankara saat itu. Insiden itu menewaskan sedikitnya 34 orang dan melukai 125 lainnya -- dalam serangan kedua di jantung pemerintahan kota, kurang dari satu bulan sejak serangan pertama.

Ledakan, yang bisa didengar beberapa kilometer jauhnya, melontarkan puing-puing terbakar hingga area beberapa ratus meter (meter) dari kantor Justice and Interior Ministries -- sebuah gedung pengadilan dan bekas kantor perdana menteri.

"Serangan-serangan ini, yang mengancam integritas negara dan persatuan serta solidaritas bangsa kita, tidak melemahkan tekad kita dalam memerangi terorisme. Tetapi meningkatkan semangat kami," kata Presiden Tayyip Erdogan dalam sebuah pernyataan.

4. 19 Maret 2016, Istanbul Turki

Seorang pengebom bunuh diri menewaskan empat orang pada 19 Maret. Tepatnya di distrik perbelanjaan yang sibuk di jantung kota Istanbul.

"Ledakan itu tidak manusiawi dan tidak akan menghentikan Turki, yang telah ditargetkan oleh militan Kurdi dan ISIS, dalam memerangi terorisme," ucap Perdana Menteri Ahmet Davutoglu seperti diberitakan Reuters saat itu.

Pihak Israel mengatakan, dua warganya tewas dalam serangan itu, sementara Washington mengatakan dua orang Amerika tewas. Lalu pejabat Turki menyebut salah satu korban berkebangsaan Iran.

Beberapa korban tewas mungkin memiliki kewarganegaraan ganda. Ledakan itu juga melukai sedikitnya 36 orang.

5. 7 Juni 2016, Istanbul Turki

Sebuah bom meledak di dekat sebuah bus polisi di pusat Istanbul pada jam sibuk pagi. Dilansir dari Reuters, sebanyak 11 orang tewas dan 36 lainnya luka-luka di dekat distrik wisata utama, sebuah universitas besar, dan kantor walikota.

Mobil itu meledak saat bus polisi melintas, Gubernur Istanbul Vasip Sahin mengatakan itu adalah ledakan bom besar keempat di kota terbesar Turki tahun ini.

BBC melaporkan, bom mobil yang menewaskan tujuh polisi dan empat warga sipil diklaim oleh kelompok militan Kurdi, Kurdistan Freedom Falcons (TAK).

6. 28 Juni 2016, Bandara Istanbul Turki

Setidaknya dua bom meledak di Bandara Ataturk, Turki. Pertama di luar terminal, di trotoar. Satu lainnya di gerbang pengamanan di pintu masuk bandara.

Bom bunuh diri Turki meledak di Bandara Internasional Atartuk meledak pada Selasa 28 Juni 2016 waktu setempat. Sejauh ini korban tewas disebutkan mencapai 36 orang, dan melukai 147 lainnya. Pelaku ledakan bom Istanbul diduga kuat adalah kelompok ISIS. (wartainfo.com)

Category: Berita Peristiwa, Internasional, ISISTags: