Cara Menjawab Pertanyaan Saat Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar

Pertanyaan 6: Apa sajakah hobi Anda?

Arti pertanyaan ini:

  • Apa saja yang Anda lakukan selain bekerja, yang bisa membawa pengaruh positif dalam lingkungan pekerjaan Anda?
  • Seberapa baikkah Anda dalam bersosialisasi?
  • Apakah Anda tipe orang yang berorientasi pada kerja sama?

Lakukan ini: Tekankan hobi atau kegiatan yang mungkin berhubungan dengan dunia pekerjaan atau perusahaan. Anda juga bisa menambahkan jawaban pertanyaan ini dengan menceritakan tentang passion Anda. 

Pertanyaan 7: Coba ceritakan tentang diri Anda?

Arti pertanyaan ini:

  • Bagaimana Anda mempersiapkan diri untuk wawancara?
  • Apa yang membuat Anda spesial?
  • Mengapa mereka harus menerima Anda sebagai karyawan?

Tips: Lagi-lagi, sebelum wawancara Anda harus mempersiapkan diri dengan berlatih menjawab pertanyaan ini. Inti dari jawaban haruslah menyebutkan mengenai pencapaian yang ingin Anda peroleh, pengalaman yang sudah Anda alami, dan apa motivasi Anda dalam menuju sukses. 

Pertanyaan 8: Apa sajakah kelebihan dan kelemahan Anda?

Ketika pewawancara bertanya mengenai kelebihan Anda, ia sedang mencari tahu apakah Anda dapat menjadi aset bagi perusahaan mereka? Dan bagaimana Anda menilai bakat professional dan kemampuan Anda sendiri.

Sedangkan bila pewawancara bertanya mengenai kelemahan Anda, ia sedang mencari tahu apakah Anda akan berkata jujur tentang diri Anda kepada mereka? Dan seberapa realitiskah Anda terhadap diri Anda sendiri.

Lakukan ini: Rendah hatilah saat mengungkapkan kelebihan Anda, jangan bersikap arogan. Sebutkan contoh pekerjaan atau kegiatan yang mewakili kekurangan Anda.

Namun jangan habiskan terlalu banyak waktu dalam menyebutkan kekurangan, lebih baik singkat dan padat. Siapkan pula jawaban yang bijak bila kemudian mereka bertanya, “Apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kekurangan tersebut?

Lima Pertanyaan Umum Saat Wawancara Kerja serta Maknanya

Tips Cara Lengkap Menghadapi Menjawab Artis Makna Pertanyaan Saat Interview Wawancara Kerja Yang Baik dan Benar Bagi Pemula Agar Sukses dan Diterima

Walaupun telah berkali-kali dilakukan, wawancara selalu menjadi tekanan yang spesial bagi calon karyawan. Apalagi bila Anda baru memasuki lapangan kerja dan akan segera menghadapi wawancara.

Oleh karena itu, tentunya akan sangat bermanfaat bila Anda sudah mengetahui pertanyaan yang akan dilontarkan oleh pewawancara dan apa yang mereka ingin dengar dari Anda. Berikut adalah 5 pertanyaan yang umum ditanyakan saat wawancara dan maknanya:

1. Jelaskan CV Anda

Pertanyaan ini bukan berarti orang yang mewawancara Anda malas untuk membaca formulir atau CV yang sudah Anda isi dan kirimkan. Pertanyaan ini justru adalah saat bagi Anda untuk bersinar.

Hindari monolog selama 10 menit mengenai kesuksesan Anda dan fokuslah pada pengalaman yang sesuai dengan lowongan yang Anda lamar.

2. Mengapa Anda tertarik dengan pekerjaan ini?

Jawaban untuk pertanyaan ini harus menunjukkan ketertarikan Anda pada pekerjaan ini dan apa yang Anda ketahui mengenai perusahaan yang Anda lamar.

Jangan lupa juga untuk mengangkat pencapaian perusahaan dan bagaimana Anda akan menambahkan nilai lebih bila diterima.

3. Apa kelebihan/kekurangan Anda?

Kunci dari pertanyaan ini adalah menjawab dengan jujur tetapi masih dapat dinilai positif oleh pewawancara. Oleh karena itu, hindari menjawab bahwa Anda sering terlambat dan pilihlah jawaban seperti terlalu fokus dengan detail ataupun tidak suka konfrontasi.

Untuk kelebihan, sesuaikan jawaban Anda dengan posisi yang Anda lamar dan hubungkan dengan pengalaman Anda, misalnya kemampuan komunikasi yang baik sehingga Anda telah berhasil mencapai berbagai negosiasi di perusahaan Anda sebelumnya.

Category: TipsTags:
Afatogel