Gambar 6 Spesies Nyamuk Ganas Berbahaya Paling Mematikan di Dunia

2. Aedes Albopictus

Gambar Aedes albopictus Jenis Spesies Nyamuk Ganas Mematikan Paling Berbahaya Terbesar di Dunia

(Foto: Vichai Malikul/Department of Entomology/Smithsonian Institution)

Aedes albopictus. Masih keluarga Aedes, nyamuk ini dikenal juga dengan nama nyamuk harimau Asia. Hal ini dikarenakan ukurannya yang lebih besar daripada nyamuk Aedes aegypti dan garis belang-belang putih yang lebih bercorak di tubuh dan kakinya.

Nyamuk ini juga dikenal sangat teritorial dan sering menggigit di siang hari. Tak hanya menggigit manusia, A. albopictus juga menggigit hewan peliharaan dan hewan liar. Selain demam berdarah dan zika, nyamuk ini juga merupakan salah satu vektor penyebar virus chikungunya, west nile dan encephalitis.

3. Culex Pipiens

Gambar Culex pipiens Macam Macam Jenis Spesies Nyamuk Ganas Mematikan Paling Berbahaya di Dunia

(Foto: Vichai Malikul/Department of Entomology/Smithsonian Institution)

Sering mendengar suara desing di telinga ketika ingin tidur? Ini dia pelakunya. Nyamuk Culex merupakan salah satu nyamuk yang biasa hidup di rumah manusia. Ukuran nyamuk ini termasuk besar dan biasa bersarang di air kotor seperti parit dan akar tanaman.

Selain menggigit manusia, nyamuk ini juga biasa menggigit mamalia lain dan burung. Culex pipiens merupakan vektor utama penyakit West Nile virus, penyakit mirip flu yang bisa menyebabkan komplikasi saraf permanen dan kematian.

Category: KesehatanTags: