11 Tanda Gejala Awal Kanker Penis yang Harus Diwaspadai

klg asli

Kanker Penis Mr P Pria Kontol Besar Cowok Laki-Laki

Wartainfo.com - Angka kasus kanker penis meningkat hingga 20 persen dalam 30 tahun terakhir, demikian menurut sebuah studi baru. Para ahli berpendapat, alasan utama kenaikan ini dikarenakan perubahan pada perilaku seksual sehingga orang lebih banyak terpapar oleh Human Papilloma Virus (HPV) dan rendahnya tingkat sunat pada laki-laki.

Para peneliti mengatakan, paparan HPV yang berkaitan dengan kutil kelamin berhubungan dengan peningkatan enam kali risiko kanker penis. Angka kejadiannya pun meningkat dengan cepat pada pria antara tahun 1970 hingga 2009, dan 30 persen selama 2000-2009.

Meskipun jarang ditemui. Akan tetapi, pria tetap harus mewaspadai kanker yang menyerang organ reproduksi ini. Dr Peter Branney dari Universitas Metropolitan Leeds mengatakan, sering kali pasien mengabaikan gejala dan menunda pemeriksaan medis ketika sudah ada tanda-tanda mencurigakan.

Padahal, jika cepat ditangani, tingkat kesembuhannya lebih tinggi. Menunda bantuan medis sama saja membiarkan kanker berkembang lebih parah dan meningkatkan risiko kematian. Operasi pengangkatan penis pun terpaksa dilakukan atau dikenal dengan prosedur penectomy.

Lihat juga: 5 Jenis Penyakit Kanker Ganas Berbahaya Yang Paling Mematikan

Setidaknya ada 11 tanda yang dicurigai sebagai gejala awal kanker penis. Jika beberapa tanda-tanda ini muncul, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan.

  1. Pertumbuhan kutil maupun ulkus pada penis tidak hilang dalam waktu 4 minggu. Pertumbuhan tersebut kadang menyakitkan dan kadang tidak.
  2. Perdarahan dari penis atau dari bawah kulup atau kulit di ujung penis
  3. Berbau busuk di sekitar penis
  4. Perlengketan kulup atau disebut phimosis
  5. Ruam pada penis
  6. Perubahan warna penis atau kulup
  7. Muncul benjolan atau bengkak pada kelenjar getah bening di selangkangan
  8. Cepat merasa lelah
  9. Sakit perut
  10. Nyeri pada tulang
  11. Penurunan berat badan

Seperti kanker lainnya, penyebab pasti kanker penis tidak diketahui pasti. Akan tetapi ada beberapa faktor risiko kanker penis. Umumnya, ditemukan pada pria di atas usia 50 tahun. Di Inggris, kanker penis banyak ditemukan pada pria berusia di atas 65 tahun.

Kanker penis juga lebih berisiko pada pria yang gaya hidupnya tidak sehat, seperti merokok. Merokok diduga bisa merusak DNA sel-sel di penis sehingga memicu terjadinya kanker.

Kanker dapat berkembang pada bagian penis manapun, namun yang paling umum terjadi pada kulit dan kepala penis. Penyebab pasti kanker penis belum diketahui, namun berbagai faktor telah dikaitkan dengan peningkatan risikonya.

HPV penyebab kutil kelamin berhubungan dengan peningkatan enam kali kanker penis. Dari sekitar 100 tipe HPV, hanya ada dua strain yang menyebabkan kanker penis, yang juga berhubungan dengan kanker tenggorokan, serviks, dan dubur.

Menurut peneliti, risiko seorang pria menderita kanker penis meningkat jika mereka merokok. Ini karena merokok merupakan faktor pendukung yang meningkatkan risiko perkembangan infeksi HPV ke lesi prakanker dan kanker penis invasif. Ditambah lagi, senyawa kimia beracun yang ditemukan dalam tembakau dikeluarkan melalui urine sehingga memapar kulit penis yang memicu terjadinya kanker.

Baca juga:

Category: KesehatanTags:
Jayabet