Dinilai Muat Konten SARA, 11 Situs Diblokir Kemkominfo

klg asli

berhasil

Internet Positif Indonesia Speedy Logo Maskot Gambar

Wartainfo.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada penyedia jasa internet atau internet service provider (ISP) untuk memblokir 11 situs yang dinilai memuat konten Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Ke-11 situs yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. lemahirengmedia.com
  2. portalpiyungan.com
  3. suara-islam.com
  4. smstauhiid.com
  5. beritaislam24h.com
  6. bersatupos.com
  7. pos-metro.com
  8. jurnalmuslim.com
  9. media-nkri.net
  10. lontaranews.com
  11. nusanews.com

Plt Humas Kementerian Kominfo Noor Iza membenarkan kabar tersebut. "Benar (diblokir)," kata Noor Iza singkat melalui pesan WhatsApp,  Kamis (3/11/2016)

Wartainfo sempat mencoba mengakses situs-situs di atas menggunakan salah satu ISP. Hasilnya situs dialihkan ke halaman Trust Positif/Internet Baik. Namun saat mencoba menggunakan ISP lain, beberapa situs masih bisa diakses.

Menurut Noor Iza, pemblokiran 11 situs tersebut terkait atas laporan masyarakat dan juga dari lembaga atau instansi pengawas yang terkait.

"Penutupan situs prinsipnya tidak sementara dan bisa permanen. Akan tetapi, pengelola konten seyogianya dapat melakukan check and recheck atas kontennya. Pengelola konten juga dipersilakan melakukan komunikasi ke Kemkominfo bila ada hal-hal yang ditanyakan," sambungnya.

Ia menambahkan, pengelola konten juga bisa meminta pemulihan atau dibuka kembali oleh Kemkominfo. Selanjutnya, Kemkominfo akan komunikasikan dengan lembaga/instansi terkait akan hal ini.

"Ini lebih ke konten yang memang penting untuk dijaga, khususnya di periode Pilkada serentak. Dan ini juga sesuatu yang kontinu. Beberapa situs sebelumnya sudah ada yang dibuka kembali atau dinormalisasi," tutup Noor Iza. (wartainfo)

Category: internet, TeknologiTags:
Jayabet