Ini Alasan Mengapa Keramas di Malam Hari Tidak Disarankan

Foto Hot Cewek Cantik Seksi Wanita Mandi Keramas Pakai Handuk Habis Mandi

Wartainfo.com - Semua orang tentu memiliki rutinitas yang berbeda. Begitu pula dengan rutinitas mencuci rambut. Ada yang lebih senang keramas di pagi hari sebelum memulai aktivitas, ada pula yang lebih gemar keramas di malam hari usai beraktivitas.

Perbedaaan itu biasanya memang cuma dikarenakan kebiasaan atau sekadar menyesuaikan dengan aktivitas. Cuci rambut di awal atau akhir hari memang tidak ada bedanya asalkan dilakukan dengan benar. Namun keramas lebih disarankan dilakukan pagi hari untuk menghindari timbulnya kerusakan dan rambut terlihat lepek.

Cuci rambut saat malam bukan tidak disarankan karena waktu melakukannya. Masalah dikatakan muncul ketika Anda tidur dengan rambut yang basah. Menurut hairstylist global Jamie Batzel, hal tersebut dapat membuat rambut menjadi lebih berminyak dari biasanya. Apa sebabnya?

"Tekanan kepala (yang basah) kepada bandal akan membuat rambutmu datar dibandingkan membiarkannya kering dengan sendiri, jadi itu akan terlihat berminyak," ungkap Jamie.

Selain itu, tidur dengan keadaan rambut yang masih basah juga bisa membuatnya lebih murah rusak. Hal tersebut disebabkan kutikel rambut yang terangkat setelah dikeramas yang kemudian membuat 'mahkota' jadi lebih kusut. "Tidur dengan rambut basah bisa menyebabkannya kusut apalagi jika kamu banyak bergerak ketika tidur dan ketika pagi, rambut bisa lebih susah disisir," kata Sally-Ann Travers selaku Consultant Trichologist kepada Cosmopolitan.

"Masalah lain dari tidur dengan rambut basah adalah jamur. Jamur suka dengan kondisi lembap untuk tumbuh dan terus menerus tidur dengan rambut basah bisa berkontribusi terhadap pertumbuhan jamur atau jamur kepala, berpotensial membuat kulit kepala bermasalah atau ketombe. Spora bisa berkembang di bantalmu karena kondisi lembap, yang mana berkontribusi pada masalah nafas, rhinitis, dan alergi" tambahnya.

Lalu bagaimana jika Anda benar-benar tidak bisa atau biasa keramas di pagi hari? Tak perlu mengubah kebiasaan hanya karena takut rambut jadi rusak. Menurut Sally, pastikan saja rambut tidak dibiarkan terurai sehingga mengurangi kekusutan. Kemudian keringkan rambut secara alami atau dengan hair dryer terlebih dahulu sebelum kepala menyentuh bantal.

"Kamu masih bisa mencuci rambutmu di malam hari tetapi keringkan dulu sebelum tidur atau kepang rambut secara longgar. Ini akan mencegahnya kusut dan menjadi tersimpul ketika tidur dan ketika kamu melepasnya di pagi hari, rambut akan ikal," kata Sallu.

Category: Tips, WanitaTags:
Afatogel