Tradisi Omed omedan di Sesetan Bali, Festival Ciuman Massal Usai Nyepi

Acara diawali dengan pementasan tarian barong bangkal, juga di lokasi Med-medan digelar. Ketika acara Med-medan dimulai, puluhan anggota sekaa teruna mengenakan kaos dan bawahnya menggunakan kain, membagi diri dalam jumlah tertentu.

Kumpulan Foto Tradisi Omed Omedan Bali 2016 Pics Festival Ciuman Massal di Desa Sesetan Bali 2016

Anggota sekaa teruni (perempuan) melakukan persembahyangan sebelum festival ciuman massal (omed-omedan).

Anggota sekaa teruna (laki-laki) berada di kiri (utara jalan) dan anggota sekaa teruni (perempuan) berada di kanan (selatan). “Ritual ini hanya boleh diikuti bagi muda-mudi setempat yang masih lajang. Namun muda mudi tersebut tidak boleh memilih pasangan sendiri. Pasangan mereka sudah ditentukan oleh panitia,” ujar budayawan Bali, I.W. Suwarna.

Di depan penonton, seorang wanita peserta Omed Omedan yang mendapat giliran, dipanggul ramai-ramai dari salah satu sisi di tengah Jalan Raya Sesetan, Denpasar. Kemudian dari arah berlawanan, juga dipanggul seorang pria peserta, hingga keduanya bertemu dan saling berangkulan, berpelukan dan berciuman.

Kumpulan Foto Tradisi Omed omedan Paling Hot Ritual Festival Ciuman Massal Usai Nyepi Adat Desa Sesetan di Bali 2016

Foto Ritual Ciuman Massal (Tradisi Omed Omedan) Usai Nyepi Adat Desa Sesetan Bali

Saat mengetahui calon pasangannya bukan orang yang dikehendaki itulah kemudian si wanita ataupun pria, spontan teriak histeris dan mulai mempersiapkan kuda-kuda dengan membungkuk agar sulit dicium dan terhindar dari ciuman bibir.

Untuk memisahkan pergulatan keduanya dalam tradisi yang unik itu, panitia kemudian menyiram dengan air menggunakan ember maupun semprotan.

Galeri Foto Vulgar Festival Omed Omedan Bali Paling Hot 2016 Ritual Tradisi Ciuman Massal Parah adat desa sesetan di Bali

Foto Tradisi Unik Ciuman Massal (Ritual Omed Omedan) Usai Nyepi Adat Desa Sesetan di Bali

Sembari gamelan tradisional Bali terus dimainkan, barisan pemuda dan pemudi itu diarak ke dalam arena Omed-omedan, hingga kemudian satu-persatu mendapat giliran mengikuti ritual tradisi tersebut. Kemeriahan itu semakin lengkap saat siraman air dari ember-ember dan selang juga diguyurkan kepada penonton dan peserta secara tidak beraturan oleh pecalang dan panitia pelaksana.

“Siapapun yang berada dalam arena itu bisa menjadi basah-kuyub oleh siraman air ini dan hal itulah yang juga menjadi daya tarik tersendiri pada ritual yang dilaksanakan dalam rangkaian Ngembak Geni ini,” tambahnya.

Kumpulan Foto Hot Festival Omed omedan Bali Pics Tradisi yang Unik Ciuman Massal Setelah Nyepi Desa Sesetan di Bali 2016

Foto festival Omed Omedan / Tradisi unik ciuman massal setelah Nyepi Adat Desa Sesetan di Bali

Prosesi tersebut dilakukan secara bergantian dan setiap peserta pria ataupun wanita menunjuk salah seorang rekan mereka untuk beradu ciuman di barisan terdepan.

Omed-omedan, saling kedengin, saling gelutin. Diman-diman...
Omed-omedan, besik ngelutin, ne len ngedengin. Diman-diman...

Begitulah penggalan lirik lagu yang dinyanyikan para pemuda dan pemudi Desa Sesetan. Gelut berarti saling berpelukan, diman diartikan sebagai mengungkapkan rasa kasih sayang dengan ciuman, siam yang berarti siram, dan kedengin yang berarti tarik menarik.

Ya, inti dari acara omed-omedan ini adalah peluk, cium, siram lalu tarik! Begitu terus, berulang sampai semua pemuda dan pemudi Desa Sesetan mendapatkan giliran.

Category: Aneh dan Unik, Tradisi BudayaTags: