6 Fakta ‘Secret Service’ Agen Khusus Keamanan Amerika yang Jarang Diketahui

3. Tukang Sulap Pernah 'Merampok' Agen Secret Service

Foto Apollo Robbins Pencopet Secret Service, 5 7 9 10 Fakta Rahasia Secret Service Agent Pasukan Keamanan Khusus Presiden Amerika Serikat

Di kalangan sesamanya, Apollo Robbins disegani oleh sesama pencopet dalam pertunjukan teatrikal. Robbins telah memukau banyak orang terkenal karena keahliannya. Tapi, pertunjukan yang paling heboh adalah pada 2001, saat acara makan malam Jimmy Carter.

Sambil mengobrol sebentar soal rencana keamanan Carter, Robbins berhasil mencopet sebuah jam tangan, beberapa kunci, dan salinan rencana jadwal Carter dari Secret Services yang ternyata tak kebal copet.

4. Secret Service Rampas Uang Mainan dalam Film Rush Hour 2

Gambar 5 7 9 10 Fakta Menarik Foto Secret Service Rush Hour 2 Movie Agent Keamanan Presiden Amerika Serikat

Pada 2000, pembuatan film Rush Hour 2 melibatkan adegan penebaran uang palsu senilai US$ 1 miliar. Masalahnya, lembar-lembar uang film itu terlalu mirip dengan asli, sehingga ada saja anggota masyarakat yang meraupnya dan mencoba membelanjakan.

Secret Service kemudian memerintahkan perintah penghentian pembuatan properti film oleh Independent Studio Services, Inc. dan menyita US$ 100 juta uang mainan untuk film.

5. Selama 60 Tahun, Secret Service Berburu Koin Langka

5 7 9 10 Fakta Menarik Secret Service Agent Rahasia Keamanan Presiden Amerika yang Tidak dipublikasikan

Pada awal Abad ke-20, Presiden Theodore Roosevelt menugaskan seniman Augustus Saint-Gaudens untuk merancang koin emas berkepala dua yang diilhami dari masa Yunani Kuno. Nilai nominalnya hanya US$ 20. Tapi sekarang, hampir seabad kemudian, nilainya US$ 7 hingga 10 juta.

Pada saat Franklin Delano Roosevelt mulai menjabat pada 1933, pemerintah menghentikan penggunaan standar emas sehingga 445 ribu keping koin bergambar elang itu dilebur menjadi batangan emas.

Koin-koin itu sendiri tidak pernah diedarkan secara legal. Tapi, pada 1944, Secret Service mendapati bahwa beberapa koin telah beredar di kalangan publik melalui pelanggaran internal. Sejak saat itu, Secret Service terus melacak dan mengumpulkan sebanyak-banyaknya koin tersebut.

6. FBI Lahir dari Secret Service

Foto Anggota Secret Service FBI Agent Amerika Pictures, Fakta Menark Unik Secret Service Agen Khusus Amerika Serikat

Sebelum 1908, Departemen Kehakiman AS (US Deparment of Justice), terpaksa mengambil beberapa orang dari Secret Service untuk keperluan investigasi federal. Tapi, cara itu kemudian dilarang Kongres yang mengkhawatirkan spionase di dalam tubuh pemerintahan.

Setelah ligitasi dan perbantahan, Jaksa Agung Charles Bonaparte akhirnya mengumpulkan segelintir detektif dari Secret Service untuk melalukan investigasi bagi kepentingan Department of Justice. Tim itulah yang kemudian menjadi cikal bakal FBI.

Category: Dunia, Fakta Rahasia, Tahukah Kamu?Tags: