Tidak Berbahaya, 7 Bug Pada Komputer ini Justru Kocak!

Bug Yang Ada di Komputer Namun Tidak Berbahaya

Wartainfo.com - Dikutip dari Wikipedia, Bug adalah suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Bug umumnya lebih umum dalam dunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras.

Bug komputer maupun aplikasi, merupakan sebuah error dari aspek programming dan juga kelalaian membenahi detil yang berujung pada hal-hal yang tak lazim. Di beberapa kasus, hal ini berdampak pada insiden hilangnya aset finansial sebuah perusahaan digital maupun kerugian materiil dari konsumen.

Namun bug tersebut tak melulu berbahaya. Ada juga bug yang tidak berbahaya. Hal ini menyerang aplikasi kecil seperti game, namun memiliki dampak yang terkadang unik dan kocak. Berikut beberapa bug komputer yang tidak bahaya, namun justru kocak.

1. Bank Error, saldo jadi 12 Triliun Rupiah

Bug di Komputer Bank Error Saldo Tabungan Tiba-Tiba Jadi Naik Drastis jadi Jutaan Rupiah

Bayangkan jadi pegawai biasa, lalu mengecek saldo di ATM, dan ternyata saldo di bank ada lebih dari 900 Juta Dollar atau lebih dari 12 Triliun Rupiah. Hal ini terjadi pada Sylvester Dorsey dan 825 nasabah dari First National Bank of Chicago pada Mei 1996.

James Lancaster, wakil presiden senior dari Bank tersebut, menyatakan bahwa ada kesalahan pada programming yang menyebabkan bug unik tersebut terjadi. Meski demikian, tak ada nasabah yang membawa lari uang tersebut lalu 'mencuci' uang tersebut di negara lain.

Hanya saja untuk memperbaiki kesalahan programming tersebut, bank tersebut rugi hingga 764 Miliar Dollar. Ini adalah salah satu error terbesar yang terjadi di dunia perbankan dunia.

2. Windows Phone 8 menyuruh pengguna untuk 'Masukkan CD'

Bug Komputer Yang Ada di Windows Phone 8 Tapi Tidak Berbahaya

Windows Phone 8 pertama kali diluncurkan pada 2012 lalu, dan digadang-gadang jadi saingan berat dari iOS dan Android. Namun jangankan bersaing, ternyata ada bug yang cukup fatal terjadi di beberapa pengguna awal Windows Phone 8.

Bug tersebut berupa smartphone yang gagal reboot dan pada layar muncul pesan "Masukkan CD instalasi Windows Anda dan restart komputer Anda."

Setelah diusut, pesan ini muncul ke setiap pengguna Windows Phone 8 yang ingin membuka firmware yang telah dimodifikasi ke smartphonenya. Ketika ini dilakukan, sistem OS menolak dan akhirnya pesan ini muncul.

Hal ini terjadi karena Windows Phone 8 dibuat berdasarkan Windows NT Kernel, dan sistem ini sudah jadi inti dari OS Windows di komputer sejak Windows 2000, XP, Vista, 7, dan 8. Oleh karena itu, dengan mudah smartphone akan dikira komputer oleh Windows Phone 8.

3. Smartphone pilihan Siri adalah Nokia

Bug Yang Ada di Smartphone Nokia Siri Yang Tidak Berbahaya Tapi Justru Lucu dan Kocak

Siri adalah aplikasi asisten kebanggaan Apple. Kepada Siri, Anda bisa bertanya tentang apapun dengan perintah suara pada iPhone dan iPad Anda. Namun ternyata Siri hanyalah aplikasi biasa yang tentu jauh dari sempurna.

Pada 2012 lalu, sebuah bug menjangkit Siri, sehingga jika Anda bertanya "Apa ponsel terbaik saat ini?" Siri akan menjawab "Nokia Lumia 900 4G." Dengan tanpa rasa bersalah, Siri merekomendasikan smartphone kompetitor pada pengguna Apple.

Hal ini ternyata terjadi karena Siri hanya bertugas sebagai penerima perintah, di mana Siri menyambungkan perintah tersebut ke Wolfram ALpha, sebuah mesin komputasional yang punya database tentang pengetahuan apapun. Wolfram Alpha ini dioperasikan oleh perusahaan lain. Berdasarkan review rata-rata dari konsumen, Wolfram Alpha berkesimpulan bahwa smartphone terbaik adalah Nokia.

Setelah peristiwa ini, Apple membenahi jawaban tersebut. Akhirnya, jika Siri ditanyai pertanyaan serupa, dia akan menjawab "Anda bercanda, kan?" atau "Ponsel yang Anda pegang," seperti yang terlihat pada gambar di atas.

Category: TeknologiTags:
Afatogel