5 Pabrik Merk Kecap Manis dan Enak Paling Tertua di Indonesia

Pabrik Kecap Manis Enak Paling Tertua di Indonesia

Pabrik Kecap Tertua di Indonesia - Kecap-kecap tradisional punya penggemar yang fanatik. Namun, perjuangan mereka untuk bisa bertahan juga tidak mudah. Mereka harus mampu bersaing dengan industri-industri besar di tengah himpitan harga bahan baku yang tidak murah seperti kedelai dan gula aren yang naik drastis.

Ada berbagai alasan kenapa perusahaan kecap skala kecil dan menengah ini susah berkembang. Salah satunya kendala promosi. Bagaimana pun sebuah prestasi besar, ketika perusahaan mencapai usia ratusan tahun dan masih eksis hingga sekarang. Berikut ini lima pabrik kecap manis tertua di Indonesia.

1. Kecap Cap Maja Menjangan

Gambar Foto Botol Kecap cap Maja Menjangan Pabrik Merk Kecap Manis Enak Paling Tertua di Indonesia

Produsen : Maja Menjangan (MM)
Alamat : Jl. Suha No.209 dan 204 Majalengka.
Pemilik : H Saad Wangsadidjaja
Berdiri sejak : 1940

Muncul dengan peralatan yang masih sederhana dan dengan modal yang terbatas dengan jumlah produksi yang masih sedikit tanpa mengurangi citarasa kualitas kecap itu sendiri.

Tampil dengan rasa kecap yang berbeda dari sebelumnya dengan menambah rasa gula aren yang khas dan menjadi pilihan pencinta kecap asli Majalengka.

Selain rasa kedelai yang kental, kecap asli Majalengka ini juga tahan lama. Bahkan bisa bertahan sampai dua tahun. Padahal, kecap cap Maja Menjangan ini dibuat tanpa bahan pengawet.

Kecap Maja Menjangan yang dikemas dalam botol bir dengan berbagai ukuran. Isi 140 mililiter (ml), 250 ml, 300 ml, 500 ml, dan 600 ml yang bisa ditemui juga di Cirebon, Karawang, dan Kuningan.

2. Kecap Bango

Profil Gambar Foto Botol Kecap Bango Pabrik Merk Kecap Manis Enak Paling Tertua di Indonesia

Produsen : PT. Anugrah Setia Lestari
Alamat : Grha Unilever - Jl. BSD Boulevard Barat Green Office Park Kavling 3, BSD City, Tangerang – 15345
Pemilik : PT Unilever Indonesia
Berdiri sejak : 1928

Kecap Bango awalnya merupakan sebuah industri rumah tangga yang dimulai pada tahun 1928 di daerah Benteng, Tangerang, Jawa Barat.

Perjalanan Bango dimulai oleh Tjoa Pit Boen yang pertama kali dijajakan di toko kecil di garasi rumahnya. Nama Bango dipilih pendirinya dengan satu visi, yaitu agar produknya dapat terbang tinggi hingga ke manca negara.

Status perusahaan pun berubah menjadi PT Anugrah Indah Pelangi dan PT Anugrah Damai Pratama. Pada 1992, PT Unilever Indonesia tertarik mengakuisisi merek dan usaha Kecap Bango di bawah naungan perusahaan mereka.

Akhirnya Kecap Bango resmi menjadi salah satu produk PT. Unilever Indonesia pada tahun 2001. Lalu, Unilever mengubah tampilan merek, logo, dan kemasan Bango. Dulu mereknya ”Kecap Bango”. Pada 1 Februari 2008, mereknya resmi menjadi ”Bango”.

Category: KulinerTags:
Afatogel