5 Pabrik Merk Kecap Manis dan Enak Paling Tertua di Indonesia

3. Kecap Cap SH

Profil Perusahaan Gambar Foto Botol Kecap cap SH Benteng Pabrik Merk Kecap Manis Enak Paling Tertua di Indonesia

Produsen : Siong Hin
Alamat : Jalan Saham RT 05/06 Kelurahan Sukasari, Kecamatan Kota Tangerang
Pendiri : Lo Tjit Siong
Berdiri sejak : 1920

Di kawasan Pasar Lama, tepatnya di Jalan Saham, ada sebuah pabrik kecap yang sangat terkenal, yakni Kecap SH. Itu adalah singkatan dari Siong Hin, orang yang merintis usaha kecap manis ini pada 1920.

Merk ini masih ada hingga sekarang dan sangat terkenal di antara warga Tangerang. Soal harga, Kecep benteng mampu bersaing dipasaran. Labelnya berwarna oranye terang dengan huruf SH menjadi ciri khasnya. Kecap ini populer dengan sebutan Kecap Benteng dari pada kecap SH.

Populernya Kecap Benteng tidak hanya di warung kaki lima saja tetapi juga resto besar yang ada di daerah Tangerang hingga Banten. Tak heran jika di setiap toko dan warung makan, akan terlihat deretan kecap Benteng dengan label SH berwarna merah oranye ini.

4. Kecap Cap Orang Jual Sate

Foto Gambar Botol Kecap Cap Orang Jual Sate Pabrik Merk Kecap Manis Enak Paling Tertua di Indonesia

Produsen : PT Aneka Food Tatarasa Industri
Alamat : Jl. Soekarno Hatta No. 38 (KM-3), Probolinggo, Jawa Timur
Pemilik : PT Aneka Food Tatarasa Industri
Berdiri sejak : 1889

Kecap Cap Orang Jual Sate didirikan oleh Ong Tjien Boen pada 128 tahun lalu di Probolinggo, Jawa Timur. Saat itu masih memakai nama Bintang Bidadari. Namun pada 1920, pabrik kecap rumahan ini dipindahkan ke Jalan Siaman.

Lima tahun berselang, usaha kecap ini dilanjutkan oleh anak-anak Ong Tjien Boen dengan dua merek, Bintan Bidadari dan cap Macan. Merek Kecap Cap Orang Jual Sate, mulai diperkenalkan ketika perusahaan dikendalikan oleh Nyoo Tjing Hien. Saat dimana status perusahaan berubah menjadi sebuah Perseroan Terbatas atau PT Pusaka Sumber Jaya.

Tahun 1991, PT Aneka Food mengambil alih saham perusahaan PT Pusaka ini hingga sekarang. Bagi orang Probolinggo, kecap ini merupakan salah satu bumbu wajib dalam masakan.

Tekstur kecapnya yang tidak sekental kecap-kecap pada umumnya, dan cenderung encer merupakan salah satu rahasia rasa manis yang unik dari kecap sate yang membedakan dari kecap-kecap yang banyak beredar di pasaran.

Paling enak kecap sate sebagai bumbu untuk sate, dengan diberi potongan-potongan bawang merah dan sedikit bumbu rahasia menjadikan sate di Probolinggo mempunyai rasa yang unik dan khas dibanding sate dari daerah lain.

5. Kecap Benteng

Profil Gambar Perusahaan Foto Botol Kecap Cap Benteng Tangerang Pabrik Merk Kecap Manis Enak Paling Tertua di Indonesia

Produsen : Teng Giok Seng
Alamat : Pasar Lama, Kota Tangerang
Pemilik : fabriek Teng Giok Seng
Berdiri sejak : 1882

Kecap Benteng didirikan oleh Teng Hay Soey pada tahun 1882, dan diteruskan oleh Teng Giok Seng. Saat ini, menggunakan merk Cap Istana, Kecap Benteng dan merupakan kecap tertua yang masih beroperasi. Sekarang pabrik ini dijalankan oleh anak cucunya. Kecap Cap Istana adalah merek kecap tertua di Indonesia.

Kecap Benteng sudah menjadi primadona bagi koki restoran karena lebih legit dan terasa lebih kental. Kecap tersebut diproduksi di Tangerang dan hanya didistribusikan di Tangerang dan Jakarta. Keren kan produk dalam negeri khususnya Tangerang bisa menghasilkan produk yang berkualitas juga.

Category: KulinerTags: