Akhir Cerita 5 Prajurit Kejam Nazi Jerman Pembantai Sadis Yahudi

2. Otto Adolf Eichmann (19 Maret 1906 - 31 Mei 1962)

Profil Biografi Foto Otto Adolf Eichmann Israel Mossad Tokoh Pimpinan Nazi Jerman, kekejaman nazi jerman vs yahudi, lambang nazi jerman, nazi jerman vs uni soviet, blog nazi jerman, kepanjangan nazi adalah, jenderal jerman perang dunia 2, penjahat perang paling sadis

Terlahir dari keluarga biasa, asal usul Eichmann tidak semulus Josef Mengele. Eichmann juga gagal lulus pendidikan tinggi teknik mesin dan sukar mendapat pekerjaan tetap sejak 1920.

Nasib pria dengan julukan "Gembong Holocaust" ini berubah setelah ia terpengaruh bergabung dengan partai Nasionalis Sosialis Austria pada 1932 dan menanjak sebagai teknisi terampil dalam deportasi paksa kaum Yahudi menuju kamp-kamp maut.

Eichmann itulah yang menjadi pelaksana “Solusi Akhir”. Ia secara langsung diakitkan dengan pengaturan saluran-saluran deportasi dari 1932 hingga 1944. Rancangan itu bertanggungjawab terhadap deportasi 1,5 juta kaum Yahudi dari seluruh Eropa yang diduduki Jerman, termasuk Austria, Hungaria, Prancis dan bagian Soviet.

Setelah ambruknya rezim Nazi, ia sempat melarikan diri dengan bantuan Gereja Katolik, lalu menggunakan dokumen travel palsu ke Argentina dan hidup dalam penyamaran di sana. Nama samarannya yang paling dikenal adalah Ricardo Klement.

Tapi ia dicokok oleh tim buru sergap Mossad, agen rahasia Israel, pada 1960. Ia diculik dari Buenos Aires dan diterbangkan untuk diadili di Israel. Proses peradilannya mengungkap kenyataan genosida Yahudi yang telah terjadi.

Eichmann dikenal karena peran dan sikapnya yang membangkang, dan mengaku "sekedar mengikuti perintah." Ia kedapatan bersalah dan dijatuhi hukuman mati yang pertama dan satu-satunya dalam sejarah Israel.

Ia dihukum gantung pada 31 Mei 1962, lalu jasadnya dikremasi. Abu kremasi ditebar di lokasi tak diketahui di luar perbatasan Israel.

3. Nikolaus Klaus Barbie (25 Oktober 1913 - 25 September 1991)

Profil Biografi Foto Nikolaus Klaus Barbie Criminel Pimpinan Nazi Jerman Photos, kekejaman nazi jerman vs yahudi, lambang nazi jerman, nazi jerman vs uni soviet, blog nazi jerman, kepanjangan nazi adalah, jenderal jerman perang dunia 2, penjahat perang paling sadis

Sesuai nama julukannya, "Jagal di Lyon", Klause Barbie yang terlahir ke dalam keluarga kelas menengah itu melakukan kekejian luar biasa di Lyon, Prancis.

Ayahnya juga bernama Nikolaus, seorang karyawan kantoran yang kemudian menjadi guru sekolah dasar. Sang ayah berdinas dalam Perang Dunia I dan mendapat cedera. Ia pulang dari perang dengan perasaan pahit dan marah.

Sebelum Barbie selesai sekolah menengah, ayah dan adik lelakinya meninggal dunia. Barbie tidak punya dana untuk melanjutkan pendidikan sehingga ia kemudian bergabung secara suka rela dengan partai Nazi pada 1933.

Pada 1935, Barbie ditugaskan ke kesatuan SS dan pangkatnya menanjak naik di sana. Ia melatih diri menjadi penyelidik dan penyidik, keahliannya kemudian dipakainya terhadap banyak orang tak bersalah.

Puncak kekejiannya berlangsung saat ia menelantarkan 44 anak yatim piatu hingga meninggal dunia di desa terpencil Izieu. Saat itu, ia menjabat sebagai kepala Gestapo di Prancis dan dikenal luas karena kebrutalannya.

Setelah dinas di Prancis, ia dikirim ke garis depan tapi melarikan diri. Saat dalam pelarian itulah ia ditangkap oleh pihak Amerika Serikat (AS). Tapi, bukannya diserahkan kepada pihak berwenang, Barbie malah dimanfaatkan bekerja untuk pihak AS. Ia bahkan mengaku membantu penangkapan tokoh revolusioner Che Guevara.

Namun begitu, pihak Prancis terus memburunya. Dengan bantuan pihak AS, ia melarikan diri ke Bolivia pada 1950. Pemerintah Bolivia juga memanfaatkannya, karena keahliannya yang mumpuni. Ia bahkan mengaku pernah bekerja bagi CIA.

Pada 1983, setelah mendapat tekanan, pemerintah Bolivia akhirnya menahan Barbie yang saat itu sudah menggunakan nama Klaus Altmann. Ia dibawa ke Prancis dan diadili terkait 842 kali deportasi manusia menuju kamp maut.

Ia kemudian kedapatan bersalah dengan kejahatan melawan kemanusiaan dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup. Barbie meninggal karena kanker pada 25 September 1991.

Category: Dunia, Serba - SerbiTags: