Akhir Cerita 5 Prajurit Kejam Nazi Jerman Pembantai Sadis Yahudi

4. Ante Pavelic (14 Juli 1889 - 28 Desember 1959)

Profil Biografi Foto Ante Pavelic Pimpinan Nazi Croatia Photos Tokoh Petinggi Pimpinan Nazi Terkejam, kekejaman nazi jerman vs yahudi, lambang nazi jerman, nazi jerman vs uni soviet, blog nazi jerman, kepanjangan nazi adalah, jenderal jerman perang dunia 2, penjahat perang paling sadis

Ante Pavelic dan pasukannya yang dikenal sebagai Ustaše (Ustasha) adalah kaki tangan Nazi Jerman dan mendapat dukungan Italia. Pemimpin brutal Nazi Kroasia itu juga menjadi pemimpin Negara Kroasia Merdeka.

Ia memerintahkan pencaplokan lebh banyak wilayah dan memiliki pemerintahan yang meniru Nazi Jerman. Pembunuhan di bawah wewenangnya membidik kaum Serbia, Yahudi, gypsi, dan Krosia yang anti fasis. Kekejiannya amat luar biasa sehingga bahkan Nazi Jerman pun tercengang melihat kebiadabannya.

Pelarian dirinya setelah kejatuhan Jerman kepada pihak Sekutu menjadi akhir Negara Kroasia Merdeka dan Ustasha. Ia kemudian menyerahkan diri di bagian Eropa yang diduduki AS, tapi tidak pernah ditahan.

Ia akhirnya tiba di Italia dengan bantuan dari Vatikan. Pada 1948, karena merasa akan segera ditangkap, ia melarikan diri ke Argentina menggunakan dokumen palsu pemberian Palang Merah. Pelariannya juga terbantu dengan kekayaan yang digasaknya selama di Kroasia.

Di Argentina, ia menikmati hidup senyaman mungkin dan mendirikan lagi pemerintahannya selama berada di pengasingan. Ia bahkan memiliki hubungan dekat dengan pemerintah Peron.

Pada 1957, Pavelic menjadi sasaran percobaan pembunuhan oleh seorang pria bernama Jovovich dan ditembak di lehernya. Ia tidak pernah benar-benar pulih dari luka dan meninggal pada 1959, lalu dimakamkan di San Isidoro, salah satu pemakaman tertua di Spanyol.

5. Erich Priebke (29 Juli 1913 - 11 Oktober 2013)

Profil Biografi Foto Erich PriebkePictures Tokoh Pimpinan Nazi Jerman Paling Terkejam, kekejaman nazi jerman vs yahudi, lambang nazi jerman, nazi jerman vs uni soviet, blog nazi jerman, kepanjangan nazi adalah, jenderal jerman perang dunia 2, penjahat perang paling sadis

Erich Priebke pernah menjabat sebagai komandan SS, bagian dari Angkatan Darat Jerman. Pangkatnya memang tidak setinggi yang lain dan ia hidup mencapai usia 100 tahun.

Ia paling dikenal melalui perannya dalam pembantaian di gua Ardeatine, Roma. Pembantaian itu merupakan pembalasan atas kematian 33 pasukan Jerman dalam ledakan bom di Italia.

Menurut sejumlah laporan, Hitler ingin membunuh 10 orang Italia untuk 1 orang tentara yang tewas dalam ledakan tersebut. Erich menurutinya dan melakukan perintah tersebut. Ia mencari-cari dalam penjara-penjara Italia dan meringkus sejumlah orang, termasuk 70 kaum Yahudi dan anak-anak.

Priebke bertanggungjawab atas kematian sejumlah korban karena dirinya menembak mereka secara langsung. Setelah perang, ia lolos dari sergapan dan tinggal di Argentina. Tapi ia tidak menyamar dan tetap menggunakan namanya. Ada laporan bahwa ia pun bepergian dengan paspor Jerman.

Ia menyedot perhatian ketika memberikan wawancara kepada wartawan ABC pada 1994. Priebke kemudian ditahan dan diekstradisi untuk menjalani sidang pada 1998. Terjadi tarik-menarik persidangan tentang kasusnya, tapi ia kemudian dijatuhi hukuman seumur hidup.

Ia menjalani masa hukuman sebagai tahanan rumah hingga kematiannya. Tapi Priebke bersikeras tidak menyesali perbuatannya hingga ajal. Ia menjadi petinggi Nazi yang terakhir kali menjalani peradilan.

Category: Dunia, Serba - SerbiTags: