Video Penampakan Orang Pendek Suku Mante di Aceh Hebohkan Dunia Maya

Gambar Penampakan Orang Suku Mante di Pedalaman Aceh Manusia Pendek di Indonesia

Wartainfo.com - Penampakan sosok misterius manusia pendek 'kerdil' yang ditemukan pemotor trail asal Banda Aceh saat melakukan off road pekan lalu di pedalaman Aceh menghebohkan media sosial. Penemuan orang pendek yang diduga Suku Mante itu diunggah di YouTube oleh akun bernama HZTN.

Video yang diunggah ke sosial media tersebut menjadi perbincangan netizen dan membuat kontroversi, benarkan makhluk yang berlari sambil membungkuk tersebut merupakan Suku Mante.

Dalam video yang berdurasi sekira satu menit, awalnya rombongan pemotor trail melaju beriringan, cuaca di sana terlihat cerah. Tidak lama kemudian salah satu pemotor terjatuh diduga kaget saat makhluk misterius keluar dari dalam hutan di sebelah kanan jalan.

Ciri-ciri makhluk tersebut berlari sambil membungkuk dan tidak mengenakan pakaian. Diduga juga berbadan kerdil.

Melihat hal itu, beberapa temannya lantas memacu kendaraan dan mengejar, hingga makhluk misterius menghilang masuk ke dalam ilalang rimbun di sisi sebelah kiri jalan.

Pemotor tersebut lantas berhenti disusul teman-temannya yang mengikuti di belakang. Mereka berusaha masuk ke dalam ilalang untuk mencari, namun tak membuahkan hasil.

Sejumlah informasi di internet menyebutkan, manusia kerdil itu adalah Suku Mante, suku yang hampir punah dan tinggal di gua-gua dan pinggir sungai di pedalaman Aceh.

Video yang ramai sejak beberapa waktu lalu tersebut mendapat komentar beragam dari netizen. Salah satu pengguna Instagram, nisae23 menyakini bahwa makhluk tersebut dari Suku Mante.

"Itu suku pedalaman Aceh, yaitu Suku Mante. Mereka sebenarnya ada di sekeliling pedalaman hutan Aceh dan hidup berkelompok. Penciuman mereka tajam dan sangat asing dengan dunia di luar hutan. Mereka termasuk pelari tercepat. Hobi sih boleh tapi tahu tempat lah, kalau tracking ke hutan mah gak masalah, ini maen motor di hutan. Situ waras?" terangnya, dikutip wartainfo.com, Senin (27/3/2017).

Lihat juga: 4 Penampakan Makhluk Misterius di Dunia yang Diduga sebagai YETI

Informasi dihimpun, Suku Mante merupakan salah satu etnik terawal dalam legenda rakyat pernah mendiami Aceh. Suku ini bersama suku-suku asli lainnya seperti Lanun, Sakai, Jakun, Senoi, dan Semang, merupakan etnik-etnik pembentuk Suku Aceh yang ada sekarang.

Harian Kompas sempat menulis artikel mengenai keberadaan suku tersebut pada 18 Desember 1987 silam dengan judul Ditemukan Lagi, Suku Mante di Daerah Pedalaman Aceh.

Seorang pawang hutan, Gusnar Effendy, menemukan Suku Mante hidup di belantara pedalaman Lokop, Kabupaten Aceh Timur. Dia juga pernah bertemu dengan suku tersebut di hutan-hutan Oneng, Pintu Rimba, Rikit Gaib di Kabupaten Aceh Tengah dan Aceh Tenggara.

"Umumnya tinggal di gua-gua, celah gunung. Kalau siang hari berada di alur-alur sungai dalam lembah," kata Gusnar dikutip Harian Kompas, edisi 18 Desember 1987.

Beberapa gua yang kerap ditinggali suku terasing ini antara lain Gua Bete, Jambur Atang, Jambur Ketibung, Jambur Ratu dan Jambur Situpang.

Suku Mante ini memiliki ciri-ciri tubuh kerdil dengan ketinggian sekitar satu meter. Rambut terurai panjang hingga pantat. Sebagian dari mereka bertelanjang. Mereka memiliki kulit cerah, tubuh berotot dan kasar serta wajah bersegi dengan dahi sempit. Kedua alis mata mereka bertemu di pangkal hidung yang tampak pesek.

Dikutip Wikipedia, Suku Mante adalah salah satu etnis terawal dan pembentuk etnik-etnik di Aceh. Suku ini bersama suku lainnya, yakni Lanun, Sakai, Jakun, Senoi dan Semang, merupakan cikal bakal suku-suku yang ada saat ini di Aceh.

Istilah 'Mante'

Download Video Foto Manusia Pendek Suku Mante di Daerah Pedalaman Aceh , Gambar Penampakan Orang Kerdil Suku Mante di Indonesia, Asal Usul Sejarah Misteri Suku Mante di Aceh

Harian Kompas menyebutkan, nama Mante pertama kali diperkenalkan oleh Dr Snouck Hurgronje dalam bukunya, De Atjehers. Dia mengartikan Mante adalah istilah untuk tingkah kebodoh-bodohan dan kekanak-kanakan.

Snouck sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Suku Mante. Namun dalam kamus Gayo-Belanda karangan Prof Ibrahim Alfian, Mante dipakai untuk sekelompok masyarakat liar yang tinggal di hutan.

Kamus lain, Gayo-Indonesia tulisan antropolog Nelalatua, Mante diartikan kelompok suku terasing. Snouck dalam bukunya juga menyebut Mante adalah orang Mantran yang tinggal di perbukitan Mukim XXII.

Dijelaskan, pada abad XVIII, sepasang warga Suku Mante ditangkap lalu dibawa ke Sultan Aceh. Mereka tidak mau berbicara dan makan ataupun minum. Akhirnya, keduanya mati.

Sementara itu, terkait keberadaan Suku Mante di Aceh, hingga hari ini tak ada yang mampu mengonfirmasi kebenaran cerita tersebut.

Suku Mante saat ini diperkirakan sudah punah, karena sudah bercampur dengan suku bangsa pendatang lainnya. Belum ada bukti ilmiah yang kuat terhadap keberadaan suku Mante untuk saat ini.

Baca juga: 7 Suku Pedalaman 'Primitif' di Dunia yang Menghidari Peradaban Modern

Category: Misteri Mistis MitosTags:
Afatogel