5 Tips Cara Aman Saat Mencukur Bulu Kemaluan

Gambar 6 7 8 9 10 contoh cara mencukur rambut bulu kemaluan pria, cara mencukur bulu kemaluan wanita dengan gunting agar tidak tumbuh lagi, mencukur bulu kemaluan dengan veet, efek mencukur bulu kemaluan wanita

Wartainfo.com - Mencukur rambut kemaluan memang masih menimbulkan pro dan kontra. Meskipun begitu, pada akhirnya semua kembali kepada dirimu sendiri. Banyak orang yang mencukur rambut kemaluannya dengan alasan kesehatan. Ada pula yang mencukurnya demi kenyamanan saat bercinta. Apa pun alasannya, ketika mencukur rambut bawah kamu harus berhati-hati.

Sebelumnya diberitakan ibu yang nyaris kehilangan kaki usai mencukur rambut kemaluannya. Kabar ini tentu bikin deg-degan saat berencana mencukur rambut di area bawah sana.

Ada beberapa cara untuk menghilangkan rambut bagian bawahmu. Waxing, mencukurnya dengan pisau cukur khusus, dan laser. Tapi, waxing dan laser membutuhkan biaya yang lumayan besar. Apa lagi waxing rasanya sangat sakit.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Obstetrics and Gynaecology, mencukur dengan pisau cukur adalah cara yang paling aman. Dirangkum Wartainfo.com dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips agar tetap aman saat mencukur bulu kemaluan:

1. Pastikan Pisau Cukur Bersih

Untuk menghindari infeksi dan hal lain yang tidak diinginkan, pastikan Anda menggunakan pisau cukur yang betul-betul bersih. "Kalau bisa baru, lebih steril. Jangan yang sudah pernah dipakai karena bisa menjadi sumber infeksi lagi," tutur dr Laksmi Duarsa SpKK, dari DNI Skin Centre Denpasar, beberapa waktu lalu.

Pori-pori rambut kemaluan dapat menjadi jalan masuk bakteri, itu makanya dr Laksmi menekankan agar menggunakan alat pembersih yang bersih dan steril. Apalagi jika sampai menimbulkan luka

2. Jangan Cukur Rambut Kemaluan Terlalu Pendek

Ingat ya, area genital merupakan area yang sangat sensitif. Karena itu harus diperhatikan benar cara-cara mengurangi luka di area bawah sana, karena bisa berpotensi menjadi jalan masuk bagi bakteri.

dokter spesialis kulit dan kelamin Edmo Clinic Jakarta Selatan, dr Eddy Karta, SpKK, beberapa waktu lalu menyarankan agar tidak mencukur rambut kemaluan terlalu pendek. Karena jika terlalu pendek atau bahkan dicukur habis, maka saat rambut baru tumbuh bisa menusuk permukaan kulit dan memicu rasa gatal.

Nah, ketika gatal di area selangkangan melanda, lalu kita sembarangan menggaruk, bisa jadi malah menimbulkan luka. Lagipula malu rasanya kalau harus sibuk menggaruk area selangkangan.

Saran dr Eddy, sisakan rambut kemaluan setengah centimeter dari permukaan kulit. Jika terasa gatal, gunakan krim yang dapat dibeli bebas khusus untuk ruam popok.

3. Basuh dengan Air Sebelum Mencukur Bulu Kemaluan

Jika beberapa waktu tidak mencukur rambut kemaluan sehingga jadi begitu gondrong, sebaiknya potong dulu menggunakan gunting. Karena jika Anda langsung menggunakan pisau cukur, dikhawatirkan bisa menyumbat pisau cukurnya.

Selanjutnya basuh area genital dengan air hangat. Bahkan bila perlu mandi saja sekalian dengan air hangat. Dengan membasahi organ genital, maka pori-pori akan terbuka dan kulit menjadi lebih lembut, sehingga pencukuran akan lebih mudah.

4. Jangan Cukur Melawan Arah

dr Vijay Singhal, dermatologis dari Sri Balaji Action Medical Institute, beberapa waktu lalu menyarankan untuk menghindari iritasi dan kemerahan saat bercukur maka mencukurlah ke arah tumbuhnya folikel rambut, alias jangan melawan arah. "Sebab akan menyebabkan folikulitis atau iritasi dan kemerahan," ujarnya.

Menurut dia, waktu yang paling tepat jika ingin mencukur rambut kemaluan adalah setelah mandi. Dalam kondisi tersebut, kulit sedang berada dalam situasi yang lembap sehingga mengurangi risiko iritasi yang mungkin muncul.

5. Setelah Mencukur

Usai mencukur rambut kemaluan, siram daerah tersebut dengan air. Selanjutnya keringkan dengan handuk. Ingat ya, jangan gosok kemaluan Anda dengan handuk, melainkan tepuk-tepuklah perlahan.

Saran lain, jika dirasa perlu, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya di kulit selangkangan. Palo Alto Medical Foundation menjelaskan lidah buaya bermanfaat untuk menenangkan kulit sensitif dan membantu meringankan rasa sakit.

Lihat juga:

Category: Kesehatan, SeksualitasTags:
RGO Casino