6 Tradisi Unik Menyambut Bulan Puasa Ramadhan di Indonesia

4. Balimau, Riau

Foto Gambar Tradisi Berendam di Sungai Balimau di Riau, 5 7 8 9 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia, tradisi menyambut bulan puasa, acara menyambut bulan ramadhan, Karnaval Ramadhan 2017, tradisi berendam di sungai sebelum puasa di aceh bernama, tradisi di masyarakat aceh bernama

Tradisi Balimau dilakukan dengan cara menyucikan diri menggunakan jeruk nipis lalu berendam di sungai. Aktivitas satu ini sudah dilakukan turun-temurun selama berabad-abad. Tujuan dilakukan Balimau adalah untuk membersihkan tubuh sebelum menjalankan ibadah puasa.

5. Meugang, Aceh

Foto Gambar Tradisi Meugang Aceh , 5 7 8 9 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia, tradisi menyambut bulan puasa, acara menyambut bulan ramadhan, tradisi berendam sebelum puasa di aceh bernama, tradisi di masyarakat aceh bernama

Tradisi menyambut Ramadan selanjutnya adalah Meugang yang berasal dari Aceh. Pada saat Meugang, warga biasanya akan menyembelih kambing atau kerbau untuk kemudian dimasak dan dimakan bersama-sama.

Tradisi ini akan dilakukan satu hari sebelum Ramadhan datang. Meugang menjadi wujud syukur atas rezeki yang didapat selama setahun terakhir. Selain Ramadan, tradisi Meugang juga dilaksanakan saat Idul Fitri dan Idul Adha.

6. Malamang, Minangkabau

Foto Gambar Tradisi Malamang di Minangkabau , 5 7 8 9 10 Tradisi Unik Menyambut Ramadhan di Indonesia, tradisi menyambut bulan puasa, acara menyambut bulan ramadhan, tradisi berendam sebelum puasa di aceh bernama, tradisi di masyarakat aceh bernama

Tradisi unik menyambut Ramadan ini berasal dari daerah Sumatera Barat. Aktivitas satu ini adalah kegiatan membuat lemang bersama dengan warga. Lemang adalah panganan yang terbuat dari ketan dan dimasak dalam seruas bambu kemudian dibakar.

Lemang yang matang kemudian akan diantarkan ke rumah-rumah warga. Acara gotong royong membuat lemang ini bisa jadi ajang silaturahmi dan saling bermaafan sebelum Ramadan datang.

Category: Serba - Serbi, Tradisi BudayaTags: