Kisah 5 Agen Mata-Mata Perempuan Tercantik Yang Terkenal di Dunia

2. Noor Inayat Khan

Foto Noor Inayat Khan aka Nora Baker Spionase Pictures , 6 7 8 9 10 Agen Mata-Mata Perempuan Tercantik Terbaik Terhebat Paling Terkenal di Dunia, agen rahasia wanita indonesia, agen intelijen wanita indonesia, agen rahasia paling hebat di dunia, mata-mata cantik

Noor Inayat Khan adalah mata-mata Inggris dengan nama samaran Nora Baker. Lahir di Rusia pada 1 Januari 1914 dari ayah yang berdarah India dan ibu berdarah Amerika, masa kecilnya dihabiskan di London, kemudian mengikuti keluarganya pindah ke Paris, Prancis.

Ayahnya adalah seorang musisi dan guru sufi, mendidik Khan dengan prinsip yang kuat serta toleransi keyakinan beragama dan non-kekerasan yang kuat.

Dilansir BBC, Khan sempat belajar kedokteran dan musik dan bahkan sempat menjadi penulis dengan menuliskan dongeng anak India tradisional yang berjudul Twenty Jataka Tales yang terbit 1939.

Saat Perang Dunia I pecah tahun 1939, Khan dilatih sebagai perawat pada Palang Merah Prancis. Kemudian Khan serta ibu dan saudaranya meninggalkan Paris saat sudah dikuasai Jerman pada November 1940 dan pindah ke Inggris.

Di Inggris, Khan pun bergabung dengan Komando Wanita Angkatan Udara Inggris sebagai operator telekomunikasi nirkabel. Kemampuannya mencuri perhatian Special Operation Executive (SOE) Inggrs dan akhirnya direkrut dalam skuad mata-mata elite Inggris pada 1942.

Saat rekan-rekannya satu per satu tertangkap Gestapo, tentara rahasia Jerman, Khan tetap menyadap pesan-pesan radio Nazi untuk dilaporkan ke Inggris. Meski atasannya memerintahkannya kembali ke Inggris, Khan tetap beroperasi di lapangan dengan berganti-ganti penampilan dan nama alias setiap hari selama 3 bulan, sebelum identitasnya terungkap karena ada pengkhianatan dan ditahan.

Di kamp konsentrasi Nazi di Dachau Prancis, Khan disiksa dan dipukul selama 10 bulan. Selama itu, Khan tak mengungkapkan informasi satu kata pun kepada musuh. Dia akhirnya menemukan ajal pada 13 September 1944 saat tentara Nazi menembak tepat di kepalanya. Sebelum ditembak, kata-kata terakhir yang dikeluarkanya adalah "Liberte".

Untuk memperingati jasa Khan, Inggris membuat patung Khan di London Gordon Square 2012. Patung itu akan menjadi patung pertama seorang wanita India di Inggris.

3. Liu Hulan

Foto Liu Hulan Pic Agen Rahasia Mata Mata Perempuan Cantik China, 6 7 8 9 10 Agen Mata-Mata Perempuan Tercantik Terbaik Terhebat Paling Terkenal di Dunia, agen rahasia wanita indonesia, agen intelijen wanita indonesia, agen rahasia paling hebat di dunia, mata-mata cantik

Liu adalah mata-mata muda dan cantik selama Perang Sipil China antara Kuomintang dan Partai Komunis. Dia lahir di desa Yunzhouxi, Wenshui di Provinsi Shanxi.

Liu bergabung dengan Partai Komunis pada 1946 dan segera bergabung dalam asosiasi perempuan yang bekerja mendukung Tentara Pembebasan. Dia aktif terlibat dalam mengorganisir penduduk desa dari Yunzhouxi untuk mendukung Partai Komunis China.

Kontribusinya dalam Partai Komunis China seperti memasok makanan untuk Tentara Pembebasan Kedelapan, menyampaikan pesan rahasia, dan memperbaiki sepatu dan baju seragam tentara.

Pada 12 Januari 1947, tentara Kuomintang menyerbu desanya untuk membalas dendam atas pembunuhan Shi Peihuai, kepala desa Yunzhouxi yang setia kepada Kuomintang. Saat memasuki desa itu, tentara Kuomintang mengumpulkan beberapa anggota Partai Komunis China yang dipercaya terlibat dalam pembunuhan Shi Peihuai, termasuk Liu Hulan, yang saat itu masih berusia 14 tahun.

Mereka yang terlibat dikumpulkan di lapangan dan dieksekusi dengan dipenggal. Saat hendak mengeksekusi Liu Hulan, tentara Kuomintang memberikan kesempatan terakhir untuk meninggalkan kesetiannya pada Partai Komunis China, namun Liu Hulan menolak dan langsung dipenggal.

Kehidupan dan kematian Liu Hulan telah menjadi simbol keberanian dari orang-orang China, dan sering disebut sebagai simbol kesetiaan mereka kepada Komunisme. Kisahnya sering diceritakan sebagai penghormatan kepada para pejuang, dan pengorbanan yang dibuat, untuk membebaskan China dari jajahan kekuatan asing.

Category: INFO Plus, Serba - SerbiTags: