Selain Ransomware WannaCrypt, 5 Virus Komputer Berbahaya ini Pernah Kacaukan Dunia IT

Jenis Virus Komputer Berbahaya Paling Mematikan di Dunia

Wartainfo.com - Serangan siber virus Ransomware WannaCry yang meneror sekitar 99 negara sukses hebohkan dunia global. Di Indonesia, menurut laporan Kemkominfo, yang saat ini terkena dampak adalah Rumah Sakit Harapan Kita dan Dharmais. Serangan siber itu pun bisa saja masuk dan merusak sofware komputer Anda.

Sejumlah pesan yang menjadi viral di media sosial, mengingatkan masyarakat untuk waspada terhadap serangan itu dan meminta untuk tidak segera menghidupkan komputer. Tujuannya agar komputer tak "dimakan" virus yang terkenal dengan sebutan virus Ransomware Wannacrypt.

Baca juga: Apa Itu Virus Ransomware WannaCrypt, Dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Hacker dan virus kini memang sudah jadi hal yang lumrah di kebudayaan kita yang sudah terintegrasi teknologi. Mungkin saat ini, hacker tak selalu jadi representasi kriminal karena berbagai bocoran maupun kegiatan mereka seringkali tak berbasis kejahatan.

Namun di era akhir 90an dan awal 2000, virus komputer menyebar dengan bengis. Tak cuma mereka dengan koneksi internet dan email, hanya dengan menancapkan flashdisk, virus yang bisa membuat komputer tak bisa lagi beroperasi bisa menyebar dengan mudah. Berikut 5 virus komputer 'jahat' yang sempat sukses bikin kacaukan dunia IT selain malware Ransomware Wannacry.

1. "Sircam"

Gambar Ciri-Ciri Tanda Komputer Yang Terkena Virus Sircam, Daftar 9 10 8 7 jenis virus komputer berbahaya, virus komputer malware Ransomware Wannacry, virus komputer terbaru hari ini, virus komputer paling berbahaya di dunia, virus komputer Paling Mematikan di dunia

Sircam adalah pertama kalinya muncul sebuah virus yang kini kita kenal sebagai Malware. Virus ini menyerang file Microsoft Office secara acak di komputer yang terjangkit. Hal ini membuat kerusakan yang dihasilkan virus ini cukup parah.

Sekali terinstal ke sistem, virus bekerja seperti 'surat berantai' yang bisa mengirim dirinya sendiri ke daftar kontak yang dimiliki komputer terjangkit.

Sebuah analisis yang dilakukan University of Florida menyebutkan bahwa untuk memberantas virus Sircam ini, butuh dana kira-kira 3 miliar Dollar.

2. "Melissa"

Gambar Ciri-Ciri Tanda Komputer Yang Terkena Virus Melissa, Daftar 9 10 8 7 jenis virus komputer berbahaya, virus komputer malware Ransomware Wannacry, virus komputer terbaru hari ini, virus komputer paling berbahaya di dunia, virus komputer Paling Mematikan di dunia

Salah satu virus yang punya dampak kerusakan massal di era komputer modern, virus bernama Melissa ini adalah virus yang heboh di tahun 1999. Virus ini menjadi headline berita di seluruh dunia. Virus ini telah berhasil menginfeksi 20% komputer di dunia dalam waktu singkat.

Virus ini mengkontaminasi sistem lewat email attachment bertajuk “Here is that document you asked for, don’t show it to anybody else”. Jika attachment tersebut diklik, maka virus akan mereplikasi dirinya dan secara otomatis mengirimkan dirinya ke 50 alamat email lain yang terdapat pada address book email korban.

Antivirus telah dibuat untuk menonaktifkan virus ini tetapi tidak dapat menghapus virus ini sepenuhnya.

Category: TeknologiTags:
RGO Casino