Selain Ransomware WannaCrypt, 5 Virus Komputer Berbahaya ini Pernah Kacaukan Dunia IT

3. "MyDoom"

Gambar Ciri-Ciri Tanda Komputer Terinfeksi Yang Terkena Virus MyDoom, Daftar 9 10 8 7 jenis virus komputer berbahaya, virus komputer malware Ransomware Wannacry, virus komputer terbaru hari ini, virus komputer paling berbahaya di dunia, virus komputer Paling Mematikan di dunia

Ini adalah virus yang populer di tahun 2004, serta menyebar dengan super cepat. Di samping kecepatannya dalam penyebaran, kerusakan sistem yang dihasilkan berdampak hingga prosesor.

Virus jenis "worm" ini terkenal dengan membuat komputer jadi 'lemot', dan ini terjadi secara global. Virus inilah yang membuat jatuh nama baik Microsoft, sebagai sistem operasi yang rentan virus. Virus ini sendiri tak bisa 'diusir' oleh software anti-virus apapun.

4. "CIH"

Gambar Virus Komputer CIH, Daftar 9 10 8 7 jenis virus komputer berbahaya, virus komputer malware Ransomware Wannacry, virus komputer terbaru hari ini, virus komputer paling berbahaya di dunia, virus komputer Paling Mematikan di dunia

CIH masuk dalam kategori virus berbahaya karena virus ini sulit terdeteksi. Ia akan menginfeksi setiap aplikasi yang ada di komputer. Kerugian yang timbul akibat virus ini mencapai lebih dari US$ 100 juta.

CIH pertama kali terdeteksi di Taiwan pada bulan Juni 1998. CIH dinobatkan sebagai salah satu virus komputer paling berbahaya yang pernah dibuat. Virus ini juga mampu mengutak-atik BIOS komputer agar tidak bisa melakukan booting. Ia menginfeksi sistem operasi Windows 95, 98, hingga Windows ME.

5. "Storm Trojan"

Gambar komputer yang terkena Virus Storm Trojan, Daftar 9 10 8 7 jenis virus komputer berbahaya, virus komputer malware Ransomware Wannacry, virus komputer terbaru hari ini, virus komputer paling berbahaya di dunia, virus komputer Paling Mematikan di dunia

Makin canggih jaringan komputer, hacker pendesain virus pun makin canggih kemampuannya. Seperti Storm Trojan yang merupakan virus canggih yang tak seberapa punya dampak merusak selain hanya sekedar mengganggu.

Storm Worm adalah virus jenis trojan yang mematikan dan sangat merusak. Perangkat lunak berbahaya ini pertama kali muncul pada 2006 dan menyebar lewat pesan elektronik alias email yang di dalamnya disertakan sebuah link.

Saat itu banyak sekali para pengguna komputer yang mengeluh bahwa mereka menerima email spam dengan pesan "230 dead as storm batters Eropa". Jika link tersebut diklik, maka virus akan menginfeksi komputer dan memungkinkan komputer dikendalikan dari jarak jauh untuk menyebarkan email spam di internet.

Virus ini berhasil membuat jaringan botnet pada 10 juta komputer sebelum akhirnya dihancurkan. Yang jadi masalah, menghancurkan virus ini ternyata sangat sulit karena virus ini didesain untuk mengubah sendiri kodenya tiap 10 menit.

 

Category: TeknologiTags: