Tentang Virus Ransomware WannaCry, Serang 99 Negara Termasuk Indonesia

Tips Pencegahan Infeksi Ransomware WannaCrypt versi ID-SIRTII

5 6 7 8 9 10 Cara Mencegah Penyebaran Infeksi Virus Malware Ransomware Wanna Cry di Indonesia, cara menghilangkan virus ransomware WannaCrypt kaskus, pengertian ransomware Wanna Cry, ransomware Wanna Cry decrypt tool, cara membuat ransomware, ransomware indonesia, ransomware virus removal

Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure (ID-SIRTII) lantas merilis tips pencegahan infeksi ransomware yang tengah mendunia tersebut.

Menurut ID-SIRTII, Wannacry mengincar PC berbasis windows yang memiliki kelemahan atau celah terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer. Meski serangannya telah meluas, sejumlah tips pencegahan bisa dilakukan demi terhindar dari serangan ransomware tersebut.

Saran dari ID-SIRTII, ada beberapa langkah antisipasi yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi WannaCrypt sebelum menyalakan komputer. Simak berikut ini:

  1. Putuskan koneksi jaringan: cabut kabel data dan atau matikan koneksi WiFi
  2. Matikan Macro dan SMB Sevice, aktifkan Firewall block Port 139, 445, 3389.
  3. Download Tools dan Security Patch secara manual dari komputer lain, simpan di USB.
  4. Install Tools dan Security Patch yang sudah di-download ke komputer target (korban).
  5. Jalankan Full Scan menggunakan Anti Virus dengan fitur Total Security yang update.
  6. Lakukan backup data penting ke media lain yang aman dan bersih (tidak terinfeksi).
  7. Apabila ada kesulitan, membutuhkan bantuan dan langkah teknis detail, hubungi 02131925551, 02131935556 (nomor ID-SIRTII).

Sebagai informasi, patch keamanan MS17-010 yang dirilis Microsoft sejatinya sudah diumumkan sejak bulan Maret lalu. Namun sepertinya sebagian besar komputer yang ada di dunia belum menginstalnya. Sehingga kelengahan ini pun dimanfaatkan secara masif oleh penyebar WannaCrypt.

Dalam keterangannya, ID-SIRTII juga menyebut belum ada solusi bagi komputer yang terlanjur terinfeksi WannaCrypt. Sehingga cara terbaik untuk menghindarinya salah satunya adalah dengan mengikuti langkah-langkah di atas.

Lebih lanjut, Wakil Ketua ID-SIRTII Muhammad Salahuddien Manggalany juga menyarankan agar perusahaan atau organisasi lainnya untuk meminimalkan sambungan internet di jaringan komputernya pada Senin pekan depan, sebelum memastikan patch keamanan dari Microsoft sudah diinstal. Pasalnya infeksi WannaCrypt berpotensi meningkat di hari kerja.

"Hari senin, kantor buka, mohon diwaspadai: agar jangan terhubung ke LAN dan internet dulu, backup data penting, pastikan anti virus sudah update serta security patch yang disarankan oleh microsoft sudah dilakukan," ujarnya melalui pesan singkat.

Cara Kerja Virus Ransomware WannaCrypt Peras Korbannya

Gambar Korban Virus Malware Ransomware Wanna Crypt di Indonesia Pics, cara menghilangkan virus ransomware WannaCrypt kaskus, pengertian ransomware Wanna Cry, ransomware Wanna Cry decrypt tool, cara membuat ransomware, ransomware indonesia, ransomware virus removal

Serangan siber global yang menghantam 99 negara berpotensi menimbulkan kerugian besar. Pasalnya penyebar ransomware dipastikan meminta tebusan di setiap aksinya.

Ketika komputer dipastikan telah terinfeksi ransomware WannaCrypt, penggunanya bakal menemukan semacam aplikasi berisi pesan di layarnya. Kalimatnya adalah berupa permintaan tebusan bila ingin data yang 'disandera' dibebaskan.

Komputer Korban Virus Malware Ransomware Wanna Crypt di Indonesia, Cara Mencegah Komputer terkena Terinfeksi Virus Ransomware Wanna Crypt, cara menghilangkan virus ransomware WannaCrypt kaskus, pengertian ransomware Wanna Cry, ransomware Wanna Cry decrypt tool, cara membuat ransomware, ransomware indonesia, ransomware virus removal

Sebagai informasi, sesaat setelah menginfeksi komputer, ransomware WannaCrypt akan langsung melakukan enkripsi pada data-data komputer yang diserangnya. Singkatnya, pengguna tak akan bisa mengakses data-data tersebut kecuali dibuka enkripsinya.

Dan hanya si penyebar WannaCrypt yang bisa melakukannya. Tapi untuk itu, ada harga yang harus di bayar. Menurut sejumlah sumber, pelaku meminta tebusan setidaknya USD 300 atau sekitar Rp 4 juta (USD 1 = Rp 13.300) untuk tiap komputer yang terinfeksi. Nilai tebusan pun bisa bertambah kalau dalam batas waktu tertentu tuntutan tidak dipenuhi.

Category: internet, TeknologiTags: