7 Bencana Alam Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah, Indonesia Masuk!

Gambar Bencana Letusan Gunung Berapi Besar Terdahsyat Dalam Sejarah

Bencana Terdahsyat Paling Mengerikan Sepanjang Masa - Bencana alam, terutama yang memiliki skala besar, tentu telah mengubah hidup manusia. Hubungan antara kejadian dan perubahan di bidang sosial dan ekonomi benar-benar layaknya membentuk budaya baru.

Meski demikian, bencana alam seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi maupun letusan gunung berapi dari tahun ke tahun yang selalu muncul, biasanya justru menghasilkan berbagai inovasi hebat yang membuat kita bisa sedikit melakukan antisipasi jika berbagai bencana yang tak bisa kita elakkan tersebut muncul.

Berikut beberapa bencana alam terhebat paling terbesar dan mengerikan yang terjadi sepanjang sejarah di dunia, termasuk di Indonesia! (wartainfo.com)

1. Letusan Danau Toba di Indonesia

Gambar Letusan Gunung Danau Toba di Indonesia, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Danau Toba yang kita kenal ada di Sumatera Utara, ternyata dulunya merupakan gunung berapi yang meletus sekitara 75.000 tahun yang lalu.

Letusan Toba sendiri digadang-gadang sebagai letusan terbesar dalam sejarah geologi, dengan dengan Indeks Ledakan Vulkanis mencapai angka 8, di mana itu adalah angka tertinggi. Letusan ini memuntahkan 2.8000 kilometeri kubik debu dan batuan ke atmosfer.

Saking kerasnya, letusan ini sedikit banyak telah dikaitkan dengan bagaimana garis keturunan dari nenek moyang kita terbentuk. Di era ini diperkirakan persilangan manusia turun drastis hingga DNA manusia proporsinya kecil dan tak beragam.

2. Letusan Minoa

The Thera Letusan Santorini Minoa, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Ketusan Minoa atau di dunia barat disebut The Thera dan juga Letusan Santorini, adalah letusan yang menghancurkan peradaban Minoa dan juga masyarakat Mediterania di masa itu. Letusan ini terjadi di 3.500 tahun yang lalu. Indeks letusannya berada di antara angka 6 dan 7, dan mendorong sekitar 60 kilometer kubik debu dan batu ke atmosfer.

Letusan ini berdampak munculnya tsunami pada daerah Akrotiri dan Crete, tempat tinggal masyarakat Minoa, Cyprus, Canaan, Yunani kuno, Mesir, dan laut Aegean.

Pasca bencana ini, terbentuklah peradaban maju pertama di daratan Yunani, dengan sistem kenegaraannya, organisasi gaya perkotaan, karya seni, serta karya tulis. Bencana ini menjadi langkah awal ke dunia modern dengan budaya dan perkembangan bahasa yang maju. Salah satunya adalah terbentuknya bahasal Koine dari Yunani, yang merupakan bahasa yang digunakan di Alkitab asli.

Category: Berita Peristiwa, Dunia, Serba - SerbiTags:
RGO Casino