7 Bencana Alam Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah, Indonesia Masuk!

3. Angin Topan Bhola di Bangladesh

Bencana Alam Angin Topan Bhola di Bangladesh, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Angin topan Bhola meluluhlantakka pantai Bengal pada tahun 1970. Daerah tersebut dulu adalah Pakistan daerah timur yang kini menjadi Bangladesh. Badai tersebut membunuh lebih dari 500.000 orang, dengan gelombang yang menggenangi pulau dataran rendah di cekungan Gangga.

Ketika itu, Pakistan diperintar oleh junta militer yang dipimpin oleh Jenderal Yahya Khan. Parahnya, tanggapan mereka terhadap bencana ini sama sekali tak terorganisir, yang membuat banyak orang meninggal sia-sia karena menunggu bantuan.

Beberapa bulan pasca kejadian ini, berbagai kerusuhan sipul dan ketidak percayaan sipil pada pemerintah muncul. Akhirnya karena dipicu bencana ini, perang pembebasan Bangladesh pecah, dan berkembanglah menjadi perang Indo-Pakistan pada tahun 1971. Hal ini dikenal sebagai periode terburuk dalam dunia politik modern.

4. Letusan Gunung Berapi Kuwae

bencana Besar Letusan Gunung Berapi Kuwae Caldera, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Kuwae adalah gunung berapi bawah laut dan kaldera di Vanuatu, kepulauan di Pasifik. Ini adalah salah satu daerah vulkanik paling aktif di dunia, dengan erupsi bawah laut yang sangat produktif. Bahkan, karena letusan-letusan di area ini, terbentuklah berbagai pulau kecil.

Namun ada letusan paling hebat yang terjadi di 1452 - 1453, yang menghancurkan pulau Kuwae, dan membentuk dua pulau kecil bernama Tongoa dan Epi, dengan kaldera sepanjang 12 kilometer dan 6 kilometer di antara kedua pulau tersebut.

Letusan tersebut melepaskan sekitar 39 kilometer kubik abu dan debu, serta pulau tersebut 'amblas' ke kedalaman 1.100 meter di bawah permukaan laut. Ini adalah peristiwa vulkanik terbesar dalam 10.000 tahun terakhir.

5. Gempa Tangshan

Gambar Bencana Gempa Bumi Tangshan di China, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Gempa Tangshan yang terjadi pada tanggal 28 Juli 1976, tercatat sebagai gempa paling mematikan nomor tiga dalam sejarah manusia.

Secara resmi, 240 rubu hingga 255 ribu orang terbunuh. Namun jika dikira-kira tanpa perhitungan resmi, ada 600 ribu hingga 700 ribu orang tewas dalam gempa tersebut. Kawasan ini sendiri merupakan kawasan pusat industri dengan kepadatan penduduk yang tinggi.

Category: Berita Peristiwa, Dunia, Serba - SerbiTags: