7 Bencana Alam Terbesar di Dunia Sepanjang Sejarah, Indonesia Masuk!

6. Letusan Gunung Tambora di Indonesia

Download Gambar Letusan Gunung Tambora 1815 di Indonesia, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Letusan gunung Tambora yang terjadi di 1815 adalah letusan terbesar dalam sejarah peradaban modern dengan indeks 7. Dampak dari letusan ini terasa di seluruh dunia, hingga era tersebut dikenal sebagai "era tanpa musim panas."

Tambora yang terletak di NTB, adalah akhir dari era yang disebut "Zaman Es Kecil" di mana aktivitas solar menurun dan aktivitas vulkanis. Di zaman tersebut interaksi manusia terhadap iklim pun super minim.

Letusan Tambora adalah puncak dari berbagai letusan di tempat lain di berbagai belahan dunia, seperti di Gunung Awu di pulau Sangihe - Sulawesi Utara, Suwanosejima di Jepang, dan Mount Mayon di Filipina. Berbagai letusan ini menjadikan tahun 1810 jadi dekade terdingin sepanjang 500 tahun terakhir.

7. Gempa Lisbon Portugal

Download Gambar Bencana Terdahsyat Gempa Lisbon Earthquake 1755, 5 6 7 8 9 10 bencana alam terbesar dan terdahsyat di dunia sepanjang sejarah, bencana alam terbesar di indonesia, bencana alam paling dahsyat sepanjang masa, bencana paling mengerikan sepanjang sejarah

Gempa dan tsunami di Lisbon, Portugal, adalah salah satu gempa terbesar di sejarah modern. Gempa dan tsunami yang terjadi di tahun 1755 ini menghancurkan kota Lisbon dengan 100.000 orang terbunuh.

Dampak dari gempa ini adalah retakan sebesar 5 meter terbuka lebar di tengah kota. Korban selamat bergegas lari ke pelabuhan, yang akhirnya hanya membuat mereka disapu tsunami.

Gempa ini terasa hingga Finlandia, Greenland, Kepulauan Karibia di Amerika Tengah, serta Afrika Utara.

Gempa dan tsunami yang setara dengan Gempa Lisbon ini adalah tsunami di Samudera Hindia yang melanda Aceh di 2004 lalu.

Category: Berita Peristiwa, Dunia, Serba - SerbiTags: