Mengenal Apa Itu Bird Strike, Ketika Burung Tabrak Pesawat

Foto Bird Strike Airplane Burung Tabrak Pesawat Terbang Picture

Wartainfo.com - Apa itu sebenarnya yang dimaksud dengan bird strike? Bird strike atau biasa disebut juga Bird Aircraft Strike Hazard (BASH) adalah tabrakan antara burung dan pesawat. Bird strike dapat mengancam keselamatan penerbangan. Di sejumlah kasus, bird strike turut merenggut nyawa penumpang pesawat.

Kecelakaan pesawat akibat bird strike biasanya terjadi saat pesawat terbang di ketinggian rendah, baik saat mendarat atau lepas landas.

Gangguan burung tersebut biasanya terjadi secara tunggal maupun kelompok. Biasanya bird strike mengancam penerbangan pesawat jet atau turbojet. Sebab, bagian depan mesin pesawat tersebut terbuka dan dapat menyedot benda-benda di sekitarnya, termasuk burung.

Jika burung sudah tersedot, bilah turbin mesin dapat pecah dan merusak seluruh mesin. Kerja mesin juga dapat terhenti karena pembakaran yang terjadi tidak terbuang keluar dari belakang mesin.

Photo Bird Strike Airplane Burung Tabrak Pesawat Terbang Picture, Bird Strike Adalah, Serangan Burung Pada Pesawat Terbang Disebut Bird Strike, Burung Nabrak Pesawat, Burung Tabrak Jatuhkan Pesawat, Apa Itu Bird Strike?

Selain itu, ancaman bahaya lainnya adalah ketika burung menabrak bagian kaca depan pesawat. Dengan kecepatan dan momentum yang tinggi, kaca depan pesawat tersebut dapat pecah.

Kegagalan mesin pesawat bisa terjadi pada sebagian maupun keseluruhan mesin. Hilangnya fungsi instrumen penerbangan tersebut terjadi karena adanya efek benturan pada sistem Pilot Static System yang dapat membuat kerusakan pada pembacaan instrumen dependen pesawat.

Baca juga:

Kegagalan mesin secara keseluruhan maupun sebagian atau hanya pada satu mesin saja akan sangat mempengaruhi pesawat. Bila bird strike terjadi pada lebih dari satu mesin, maka pesawat rentan kehilangan kontrol. Biasanya pada kasus tersebut, bird strike terjadi karena adanya sekawanan burung berukuran sedang atau sekelompok burung dengan ukuran kecil namun dalam jumlah banyak.

Sementara dari laman boeing.com, mengatakan pihak bandara memiliki tanggung jawab agar bird strike tidak terjadi ketika pesawat akan take off maupun landing. Mereka menyebut pihak bandara harus melalukan beberapa tindakan pengendalian hewan liar termasuk burung di sekitar bandara.

Selain itu, mereka juga memberikan beberapa masukan singkat pada pilot bila mengetahui adanya burung atau hewan lain yang berada di apron bandara. Langkah yang bisa diambil antara lain adalah menunda take off dan landing sambil menunggu arahan dari pihak bandara. Yang kedua adalah pilot bisa take off atau landing di landasan pacu (runaway) yang bebas dari burung, bila hal tersebut memungkinkan.

Category: Tahukah Kamu?
RGO Casino