Mengenal Apa Itu Bird Strike, Ketika Burung Tabrak Pesawat

Kasus bird strike sendiri pertama kali terjadi dalam penerbangan Wright Brothers pada 1908. Kemudian pada 1912, pilot Wright Flyer tewas dalam kecelakaan fatal akibat bird strike. Sejumlah kasus lainnya juga pernah terjadi, termasuk di Indonesia.

Melihat fenomena tersebut, dibentuk badan khusus, yakni ICAO Bird Strike Information System (IBIS), pada 1980 yang bertugas memberi informasi seputar bird strike.

Sementara itu, di Indonesia sendiri, ada peraturan dan undang-undang terkait bird strike. Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2012, otoritas bandar udara diwajibkan melakukan tindakan pencegahan terhadap gangguan burung yang dapat membahayakan operasional keselamatan dan keamanan penerbangan.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Tidak Terjadi Bird Strike?

Photo Bird Strike Airplane Burung Tabrak Pesawat Terbang Picture, Bird Strike Adalah, Foto Serangan Burung Pada Pesawat Terbang Disebut Bird Strike, gambar Burung Nabrak Pesawat, Burung Tabrak Jatuhkan Pesawat, Apa Itu Bird Strike?

Ada berbagai cara dilakukan pihak otoritas bandara untuk mencegah terjadinya bird strike. Cara tersebut dilakukan dalam bentuk konvensional maupun menggunakan teknologi terkini.

Biasanya bandara luar negeri memasang perangkat pengusir burung. Cara kerja alat tersebut, melalui pengeras suara menghasilkan suara pemangsa burung yang ada di sekitar bandara. Dengan adanya suara tersebut, burung akan menyangka ada bahaya pemangsa di dekat mereka. Kemudian burung tersebut akan pergi ke tempat lain.

Cara lainnya yang terbilang konvensional adalah menggunakan senapan. Dengan suara keras dari senapan, burung-burung akan pergi. Selain itu, ada pemanfaatan teknologi satelit dan radar untuk menghindari bird strike.

Category: Tahukah Kamu?