Tips Cara Mengantisipasi Virus Petya Ransomware

Tips Cara Menghindari Penyebaran Virus Petya Ransomware

Download 10 9 8 7 5 Cara Cepat Mengatasi Virus Petya Ransomware, Serangan Virus Petya Adalah, Cara Menghapus Virus Petya di Komputer, Tanda Ciri-Ciri Komputer Laptop Terinfeksi Kena Virus Petya

ophos, perusahaan keamanan IT global, ikut angkat bicara soal ancaman ransomware Petya yang belakangan ini ramai diperbincangkan dan telah menyerang organisasi-organisasi di Eropa.

"Virus Petya yang pertama kali ditemukan pada tahun 2016, adalah ransomware yang mengenkripsi Master File Tree (MTF) dan menghapus Master Boot Record (MBR) lalu kemudian meninggalkan sebuah pesan di dalamnya kemudian membuat korbannya tidak bisa menyalakan sistem komputernya," tulis Sophos, Sabtu (1/7/2017).

Varian baru ini dikategorikan sebagai serangan yang ganas karena menggunakan teknik-teknik berlapis untuk menyebar secara otomatis ke seluruh network sebuah perusahaan segera setelah menyerang komputer yang pertama. Sophos pun menyarankan para pengguna untuk melakukan langkah-langkah berikut:

  1. Memastikan bahwa sistem telah terbaharui dengan patch terakhir, termasuk pembaharuan yang ada di dalam buletin Microsoft MS17-010
  2. Mempertimbangkan untuk memblokir tool Microsoft PsExec yang berjalan pada komputer dalam network. Tool Microsoft PsExec ini digunakan sebagai bagian dari teknik penyebaran Petya
  3. Melakukan back-up secara reguler data-data yang ada dan amankan. Ada banyak cara yang membuat data Anda hilang selain ransomware; air, kebakaran, banjir, pencuri, laptop yang jatuh atau bahkan sesederhana tidak sengaja terhapus.
  4. Enkripsi data-data yang telah di-back up dan Anda tidak perlu khawatir jika device back up anda jatuh ke tangan yang salah
  5. Hindari membuka lampiran di email dari pengirim yang tidak diketahui, bahkan meskipun Anda bekerja di departemen HR atau berhubungan langsung dengan klien dan menggunakan banyak lampiran dalam pekerjaan Anda.

Bagi pengelola teknologi informasi, dapat melanjutkannya dengan melakukan tindak lanjut teknis lainnya. Misalnya dengan melakukan update security pada windows anda dengan install patch MS17-010 yang dikeluarkan oleh Microsoft.

Updating sebaiknya dilakukan dengan cara mengambil file patch secara download menggunakan komputer biasa, bukan komputer yang berperan penting.

Lakukan juga updating antivirus. Contohnya, yakni Kapersky, Total Security, Eset, Panda atau Symantec yang dapat download versi trial 30 hari gratis dengan fungsi dan fitur penuh dan update. Pastikan pula antivirus tersebut memiliki klasifikasi anti ransomware.

Apabila membutuhkan konsultasi, para pengguna komputer dapat menghubungi Aries K sebagai Dirjen Aptika di nomor 08567235183 atau Didien dari id-SIRTI di nomor 08119936071.

Bisa juga menghubungi Noor Iza sebagai Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo di nomor 08119781518 atau melalui telepon di nomor 021-31925551 dan 021-31935556 (berlaku pada jam kerja).

Penularan virus Petya ransomware diketahui melalui penyebaran file atachment email dan link ke situs malware. Kemenkominfo terus memantau serta memitigasi pergerakan dari virus petya di Indonesia.

Melalui id-SIRTI, Kemenkominfo pun telah mengeluarkan notifikasi kepada seluruh stakeholders untuk mewaspadai virus yang menyerang pengamanan data di komputer tersebut. Id-SIRTI sendiri adalah organisasi yang dimiliki Kemkominfo untuk menangani insiden seperti serangan siber,

Category: internet, TeknologiTags: