Tradisi Unik Kawin Lari dan Kawin Culik Suku Sasak di Lombok NTB

Foto Baju Adat Perkawinan Perempuan Cantik Suku Sasak di Lombok

Wartainfo.com - Sebagai negara majemuk dan dihuni oleh ratusan suku dengan berbagai macam budaya, disetiap daerah di Indonesia memiliki berbagai macam tradisi sendiri, termasuk dalam hal pernikahan. Tak terkecuali Suku Sasak di Lombok.

Bila umumnya pernikahan ditempuh dengan cara mempelai pria bersama keluarganya datang untuk melamar perempuan, maka bagi sebagian Suku Sasak cara yang ditempuh berbeda.

Apa beda kawin culik dan kawin lari? Jika datang ke Lombok, coba tanya orang Sasak, suku asli Lombok, maka akan ada kisah panjang tentang proses pernikahan mereka yang membedakannya. Orang Sasak, atau juga kebanyakan masyarakat Lombok, memiliki proses pernikahan merarik, kabur sebelum menikah.

Kumpulan Foto Perempuan Cewek Wanita Cantik di Lombok, Gadis Cantik Suku Sasak Lombok, Adat Tradisi Perkawinan Suku Sasak Lombok NTB

Wanita Cantik Suku Sasak Lombok

Merarik adalah istilah yang biasa digunakan masyarakat Sasak dalam perkawinan. Tradisi merarik ini dikenal dengan “kawin lari” di mana anak perempuan akan dilarikan untuk dijadikan istri.

Baca juga:

Calon suami akan membawa lari calon istrinya, menyembunyikannya beberapa hari baru menikahinya. Menariknya, proses kabur sebelum menikah ini terdiri dari dua macam: lari bersama atau diculik. Bedanya?

"Kalau kawin lari itu suka sama suka, kalau kawin culik, pihak laki-laki saja yang suka," terang Pemandu di Kampung Adat Sade, Lombok Tengah.

Koleksi Foto Cewek Gadis Cantik Suku Sasak di Lombok, Wanita Lombok Cantik, Tradisi Unik Adat Pernikahan Suku Sasak di Lombok NTB Indonesia

Gadis suku Sasak Lombok.

Jika kawin lari, sang gadis biasanya akan kabur dari rumah, 'janjian' dengan pria yang dicintainya di suatu tempat, lalu diam di sana beberapa hari. Namun jika kawin culik, sang gadis akan dibawa paksa, disembunyikan di suatu tempat oleh pihak pria. Bisa diculik saat sedang tidur, bisa juga diculik saat sedang sendiri atau di jalan.

"Kadang sedang jalan pulang, bersama ibunya, bisa dia tiba-tiba ditarik dan diculik, bahkan sampai nangis-nangis," kisah Salem.

Setelah itu pihak pria harus memberitahu keluarganya. Pihak keluarga pria kemudian akan memberitahu pihak keluarga perempuan bahwa anaknya telah diculik atau dibawa lari. Proses pemberitahuan ini beda-beda.

Category: Aneh dan Unik, Tradisi BudayaTags:
RGO Casino