Kisah Tragis 3 Wartawan Wanita Cantik Yang Tewas dalam Pekerjaannya

2. Marisol Macías Castañeda

Marisol Macias Castaneda Pictures Foto Jurnalis Wartawan Wanita Cantik Tewas Dibunuh Gangster

Marisol Macías Castañeda adalah seorang jurnalis dan kepala editor untuk Primera Hora, sebuah harian lokal di Nuevo Laredo. Ia sebelumnya bekerja untuk harian El Mañana yang pernah diserbu pada 2004 dan 2006.

Marisol, yang dikenal juga sebagai Maria, membantu melakukan moderasi sebuah situs daring, Nuevo Laredo Live. Nama samarannya adalah "The Girl from Laredo" dan banyak orang menduga situs web itu milik pemerintah federal Meksiko.

Dalam laman itu, warga lokal bisa secara anonim melaporkan tentang gangster-gangster lokal. Orang melaporkan segala hal, termasuk rumah markas gangster, tempat tinggal para anggota gangster, dan bahkan tempat mereka berjualan narkoba.

Pada September 2011, mayat Castañeda ditemukan terpotong-potong di jalan setempat. Kepalanya ditemukan di atas tumpukan batu dekat tempat temuan jasadnya.

Marisol Macías Castañeda Photo Pics

Mayat jurnalis Marisol Macías Castañeda ditemukan terpotong-potong / dimutilasi.

Dekat mayatnya ada catatan tertulis yang berbunyi, "Nuevo Laredo en Vivo dan situs jejaring sosial, sayalah The Laredo Girl, dan saya ada di sini karena laporan-laporan saya dan Anda, bagi mereka yang tidak percaya, ini terjadi pada saya karena tindakan-tindakan saya, karena percaya kepada angkatan darat dan angkata laut. Terima kasih untuk perhatian Anda, dengan hormat, Laredo Girl…ZZZZ."

Di awal bulan yang sama, ada pasangan yang ditemukan digantung dari jembatan di Nuevo Lareda dengan catatan bernada serupa dan menyebutkan mereka dibunuh sebagai pembalasan terhadap unggahan di media sosial. Isi perut wanita yang digantung itu telah terburai.

Dua bulan setelah kematian Castañeda, ditemukan mayat seorang pemuda di tempat yang sama dengan temuan sang wartawan wanita. Mayat pria itu juga dipotong-potong dan ditemukan juga sebuah catatan yang memperingati agar tidak mengunggah ke situs web Nuevo Laredo Live.

3. Serena Shim

Foto Hot Body Serena Shim Death Reporter Journalist Press TV Image, Wartawan Wanita Tercantik di Turki

Serena Shim adalah seorang jurnalis wanita Amerika Serikat (AS) yang sedang meliput di Turki pada saat kematianya. Saat itu ia bekerja untuk Press TV dan melakukan siaran dari tempat-tempat 'panas' seperti Irak, Suriah, dan Ukraina.

Ia sedang melaporkan keberadaan militan-militan ISIS dan Al Qaeda di perbatasan Turki-Suriah. Hasil peliputannya sekarang dipajang di Arab American National Museum di Dearborn, Michigan.

Setelah kembali ke Turki pada Oktober 2014, ia mendengar bahwa Organisasi Intelijen Nasional Turki sedang mencari tahu tempat keberadaannya. Shim dilaporkan telah dituduh sebagai mata-mata. Wanita itu bahkan mengutarakan tuduhan tersebut saat sedang siaran langsung untuk Press TV.

Hanya sehari sesudahnya, mobil sewaan yang dikemudikannya terlibat dalam kecelakaan maut. Ia dilaporkan meninggal karena serangan jantung di rumah sakit, tapi tidak ada investigasi resmi tentang kematiannya.

Journalist Reporter Serena Shim Car Accident Pictures

Kondisi mobil reporter Serena Shim setelah terjadinya kecelakaan maut yang merenggut nyawanya.

Kelompok Reporters Without Borders menyebut Turki sebagai “penjara terbesar bagi para jurnalis” dan sebelumnya, Shim dilaporkan khawatir akan segera ditangkap.

Banyak pihak, termasuk rekan dan kerabat, menduga bahwa wartawan wanita ini dibunuh oleh pemerintah. Namun, tanpa ada bukti nyata, tidak mungkin benar-benar mengetahui apa yang sebenarnya terjadi pada Serena Shim.

Category: Dunia, Serba - SerbiTags: