3 Rahasia Dibalik Kartu ATM yang Jarang Diketahui Orang

Foto Mengambil Uang lewat Kartu ATM

Wartainfo.com - Sudah bukan zamannya lagi menyimpan uang di bawah bantal atau di tempat tidur. Juga bukan zamannya membawa uang tunai dalam jumlah banyak di dalam dompet atau tas. Ketika sedang kehabisan uang, tidak perlu lagi kembali ke rumah hanya untuk mengambil uang. Tentu sangat repot bukan, jika kita kerap kali harus balik rumah cuma untuk mengambil uang saja. Maka dari itu diperlukan sebuah alat yang bisa digunakan untuk mengambil uang dimanapun dan kapanpun.

Untuk menyelesaikan permasalahan menyimpan uang, bank menawarkan diri menjadi agen yang dapat dipercaya untuk menyimpan uang Anda dengan aman. Kemudian untuk menyelesaikan masalah dapat mengambil uang dimanapun dan kapanpun, ATM hadir sebagai solusinya.

ATM merupakan kepanjangan dari Anjungan Tunai Mandiri atau dalam bahasa Inggris Automatic Teller Machine. Namun meski kini ATM sudah mudah sekali ditemui. Sebagian orang yang menyimpan uangnya di bank tidak tahu bahwa mereka bisa mengambil uang di ATM tanpa harus ke teller bank. Bahkan kadang pegawai bank disibukkan oleh nasabah yang mengambil uang secara manual atau lewat teller. Padahal mengambil uang lewat ATM sangat mudah.

Penggunaan kartu ATM untuk keperluan debet atau kredit kini telah menjadi hal lumrah. Hal itu bukannya tanpa alasan karena dengan dua kartu tersebut dapat memudahkan proses transaksi.

Terlebih, pemerintah saat ini sedang menggalakkan program Gerakan Nasional Non Tunai. Karenanya, fungsi dua kartu tersebut kini kian penting.

Namun tahukah kamu, ternyata ada informasi yang dapat diulas dari kartu ATM. Meski tak semua pengguna tahu, informasi ini sebenarnya dapat berguna dalam beberapa kondisi. Lantas, informasi seperti apa yang dapat diketahui dari kartu debet atau kredit? Dikutip dari Liputan6.com,Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Arti nomor di depan kartu ATM

Arti nomor di depan kartu ATM, Kode Rahasia Kartu ATM

Hampir seluruh kartu ATM, baik debet atau kredit, memiliki 16 digit angka di depannya, tapi ada pula yang menggunakan 13 atau 19 digit. Namun apakah arti dari angka-angka tersebut?

Digit pertama dari nomor merupakan sistem identifikasi. Jadi, angka pertama untuk kartu berlogo Visa biasanya memakai angka 4, sedangkan kartu berlogo MasterCard dimulai dari 5.

Lalu 5 digit berikutnya merupakan nomor bank penerbit kartu tersebut. Terakhir, 9 digit berikutnya merupakan cara bank untuk mengidentifikasi pemilik kartu.

2. Dilindungi Watermark

Gambar Watermark Kartu ATM, Kode Rahasia Dibalik Kartu ATM

Sama seperti uang, kartu kredit atau debet juga dibekali dengan watermark. Untuk dapat melihatnya, tentu diperlukan sinar ultraviolet.

Watermark yang digunakan tiap kartu pun berbeda tergantung penyedia. Sebagai contoh, pada kartu Visa, logo yang terlihata adalah huruf V, kartu MasterCard ada huruf M dan C, sedangkan di kartu American Express ada logo seekor elang.

3. Nomor di bagian belakang kartu ATM

Arti Nomor di belakang kartu ATM, Kode Rahasia Kartu ATM

Meski terlihat biasa, nomor yang terletak bagian belakang kartu harus dijaga kerahasiannya. Sebab, fungsinya hampir serupa dengan PIN.

Nomor yang dikenal sebagai CVV (untuk kartu Visa) dan kode CVC (untuk MasterCard), merupakan singkatan dari Card Verification. Sesuai namanya, angka ini digunakan untuk memverifikasi kartu pengguna.

Melalui CVV, pengguna dapat melakukan transaksi tanpa memakai kartu sebenarnya. Karena itu, nomor ini biasanya menjadi syarat untuk melakukan transaksi online.

Baca: Begini Cara Pembobolan Kartu ATM Lewat Teknik Skimming

Category: TeknologiTags:
RGO Casino