5 Alutsista Canggih Milik Indonesia pada HUT TNI Ke-72

3. Kendaraan Taktis P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle)

Photo Kendaraan Tempur P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle), alutsista TNI terbaru dan tercanggih milik militer Indonesia, pembaruan alutsista tni indonesia defence, alutsista buatan dalam negeri

Salah satu yang menjadi perhatian publik pada HUT TNI ke-72 adalah kendaraan tempur taktis P6 ATAV (All Terrain Assault Vehicle). Kendaraan buatan perusahaan swasta dalam negeri, PT Sentra Surya Ekajaya (SSE), ini menjadi salah satu andalan pasukan elite TNI AD Kopassus. Selain Kopassus, beberapa satuan TNI, seperti Detasemen Bravo (Satbravo 90) Paskhas TNI AU, memakainya.

Kendaraan taktis ini berguna sebagai kendaraan serbu yang digunakan saat berperang. Terdapat dudukan untuk senjata di kendaraan ini, seperti upper gun mounting dan side gun mounting.

Saat kondisi bahan bakar penuh, P6 ATAV sanggup melaju sejauh 500 km. Dengan mesin 4-silinder turbo diesel 2.300 cc, kendaraan ini mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 120 kilometer per jam dalam kondisi jalan mulus. Mesinnya menggunakan transmisi otomatis dengan kapasitas tangki bahan bakar 120 liter.

4. Pesawat Tempur Sukhoi Su-30MK

Download Foto Pesawat Tempur Sukhoi Su-30MK TNI,alutsista TNI terbaru dan tercanggih milik militer Indonesia, pembaruan alutsista tni indonesia defence, alutsista buatan dalam negeri

Dari berbagai jajaran armada tempurnya, salah satu pesawat tempur tercanggih yang dimiliki TNI Angkatan Udara adalah pesawat tempur Sukhoi buatan Rusia. TNI AU memiliki 2 unit pesawat tempur Sukhoi Su-30MK dan 9 unit Sukhoi Su-30MK2.

Pesawat tempur ini merupakan pesawat tempur multifungsi yang juga sangat efektif dipakai untuk penyerangan darat.

5. Panser Anoa

Download Foto Panser Anoa TNI Buatan Pindad, alutsista TNI terbaru dan tercanggih milik militer Indonesia, pembaruan alutsista tni indonesia defence, alutsista buatan dalam negeri

Panser Anoa sudah menjadi bagian dari alutsista TNI. Produk buatan BUMN PT Pindad ini terus dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan pertahanan Indonesia, khususnya TNI.

Salah satu yang tercanggih adalah Anoa kanon, yang merupakan pengembangan dari Panser Pindad 6x6. Sistem meriam panser ini menggunakan CSE-90/MK-III buatan CMI Defense, Belgia. CSE-90 berkaliber 90 mm ini juga dilengkapi senapan mesin coaxial 7,62 mm.

Category: Militer, TeknologiTags: