Iklan Sabun Mandi Dove Terbaru Dikecam Karena Dinilai Rasis

Foto Gambar Iklan Sabun Mandi Dove Luar Negeri Terbaru

Wartainfo.com - Sejak dulu brand kecantikan Dove membuat iklan-iklan yang menunjukkan eksperimentasi partisipatif di mana para peserta mengikuti sebuah prosedur dan di akhir eksperimen, wanita-wanita tersebut biasanya terkejut dengan hasilnya.

Pada iklan terbarunya, hal seperti itu pun terjadi. Namun kali ini iklan sabun mandi Dove mendapat banyak kecaman. Penyebabnya adalah pariwara itu dianggap menunjukkan sikap diskriminasi terhadap ras.

Iklan itu beredar di dunia maya, dan pertama kali diunggah oleh seorang penata rias bernama Naythemua dalam laman akun Facebook-nya. Iklan itu memperlihatkan seorang perempuan kulit hitam mengenakan kaus berwarna cokelat, kemudian membuka kausnya dan berubah menjadi wanita kulit putih setelah menggunakan sabun Dove. Setelah itu, wanita kulit putih melakukan hal sama dan berubah menjadi wanita Asia.

Di dalam kolom penjelasan Naythemua menuliskan kalau pembuat iklan ini tidak peka dan menyudutkan kaum kulit hitam di Amerika Serikat.

"Apa yang Amerika katakan soal orang kulit hitam, adalah kami dinilai dari warna kulit kami dan itu termasuk apa yang dianggap cantik di negara ini. Kalau mereka tahu membedakan warna kulit adalah masalah di dunia ini, dan mereka tetap memajang iklan ini, maka mereka benar-benar tuli," tulis Naythemua.

Download Gambar Foto Hot Iklan Rasis Sabun Mandi Dove Terbau di Luar Negeri

Meski demikian, belum diketahui apakah iklan itu memang akan ditujukan buat pasar AS atau tidak. Hanya saja pihak Dove, yang merupakan salah satu merek dari perusahaan besar Unilever, buru-buru meminta maaf terkait iklan dianggap rasis itu.

"Gambar yang kami unggah di Facebook tidak nampaknya tidak sesuai dengan tujuan kami warna kulit perempuan secara tepat. Kami menyesali dampak yang ditimbulkan," tulis pihak Dove melalui akun Twitter mereka.

Hampir 3.000 komentar bernada negatif membahas tentang iklan sabun mandi rasis produk kecantikan tersebut. Bahkan banyak pengguna media sosial menyerukan pemboikotan produk Dove.

Model transeksual Munroe Bergdorf berkicau, "Keanekaragaman dipandang sebagai kata kunci atau tren. Kesempatan ini harusnya digunakan untuk menjual produk ke wanita kulit berwarna. Dove Lakukanlah lebih baik. "

Ini bukan pertama kalinya iklan sabun mandi Dove dianggap tendensius dan menyinggung soal ras. Pada 2011, iklan hampir serupa juga dibuat yang akhirnya dikritik habis-habisan.

Baca juga:

Category: Berita Peristiwa, Dunia
RGO Casino