Apa itu Artinya Persekusi, Sudah Tahu Belum?

Gambar Ilustrasi Kasus Korban Persekusi Artinya Adalah

Wartainfo.com - Kasus persekusi penelanjangan pasangan kekasih di Cikupa, Tangerang yang diduga melakukan hal mesum di sebuah kontrakan beberapa waktu menggegerkan masyarakat. Bicara soal persekusi, kamu tahu nggak sih apa itu artinya?

Kalau melihat Kamus Besar Bahasa Indonesia, persekusi adalah pemburuan sewenang-wenang terhadap seorang atau sejumlah warga dan disakiti, dipersusah, atau ditumpas. Ya, kalau melihat definisi tersebut, apa yang dilakukan warga kepada pasangan tersebut adalah benar sebuah tindakan persekusi.

Baca juga: Heboh! Diduga Mesum, Pasangan Kekasih Diarak Telanjang di Cikupa Tangerang

Melansir berbagai sumber, Persekusi juga bisa disebut sebagai perlakuan buruk atau penganiyaan secara sistematis oleh individu atau kelompok terhadap individu atau kelompok lain, khususnya karena suku, agama, atau pandangan politik.

Pelaku Kasus Persekusi Penelanjangan Pasangan Kekasih di Cikupa Tangerang Banten

Kasus Persekusi Penelanjangan Pasangan Kekasih yang diduga mesum di Cikupa Tangerang Banten

Koordinator Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) Damar Juniarto mengatakan, persekusi adalah tindakan memburu orang atau golongan tertentu, yang dilakukan suatu pihak dengan sewenang-wenang secara sistematis atau luas. Dalam penjelasanya diketahui bahwa terdapat dua elemen dalam persekusi yang bertujuan untuk menyakiti secara fisik dan psikis.

Harus kamu tahu juga, kalau persekusi adalah perbuatan melanggar hukum dan bisa mendapat hukuman pidana. Pertama, kalau kamu masuk ke kediaman atau kantor orang lain tanpa izin pemilik rumah/kantor dan kehadiranmu tak diharapkan, kamu bisa dikenakan Pasal 167 ayat 1 KUHP dengan ancaman satu tahun penjara.

Selain itu, karena persekusi adalah tindak pemaksaan, kamu juga bisa dijerat pasal Pasal 335 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara. Lalu, kalau dalam proses persekusi itu pelaku melakukan penganiayaan, maka akan dikernakan pasal 351 KUHP yang hukumannya 2 tahun penjara.

Nah kalau melihat kembali video kasus penelanjangan pasangan di Tangerang, Cikupa, sangat mungkin para pelakunya dikenakan beberapa pasal di atas. Kini, para pelaku pun masih dalam proses penanganan yang berwajib, dan pasangan yang dipersekusi telah dinikahkan pada 21 November 2017.

Tips Cara Menghindari Persekusi

Foto Tanpa No Sensor Pernikahan Korban Persekusi di Cikupa Tangerang Menikah

Pernikahan korban persekusi di Cikupa Tangerang yang akhirnya resmi menikah pada Selasa, 21 November 2017.

Untuk menghindari aksi main hakim sendiri semacam ini, kita-kita para pengguna media sosial juga harus lebih bijak lagi. Sebelum memposting sesuatu di media sosial jangan lupa untuk mempertimbangkan 3 hal ini.

Bayangkan Mengucapkannya Langsung

Sebelum mengunggah suatu pernyataan, komentar, berita atau meme, bayangkan kamu menyodorkan semua itu langsung di hadapan orang yang dituju.

Bayangkan apakah saat itu kamu benar-benar bisa menyampaikannya atau justru merasa ragu karena takut menyinggung perasaan. Bila keraguan yang timbul, sudah tentu hal tersebut tidak perlu diunggah karena mungkin saja akan menyinggung orang tertentu.

Pikirkan Manfaatnya

Jika merasa bahwa pernyataan, komentar, berita atau meme yang akan diunggah itu tidak akan menyinggung orang lain, pikirkan dulu soal manfaatnya. Apakah hal yang ingin disebarkan itu bermanfaat untuk orang lain atau ternyata tidak ada gunanya.

Cek Fakta, Cari Informasi Bandingan

Hal yang lebih penting, sebelum bicara di media sosial, kamu harus lebih dulu memahami fakta dan mengolah informasi tersebut.Ada banyak alat yang bisa dipakai untuk mencari tahu dan membandingkan informasi yang kamu miliki.

Bisa saja menggunakan Google atau media lain. Namun intinya, pernyataan atau hal yang akan diunggah ke media sosial itu jangan sampai hanya merupakan kabar bohong (hoax).

Lihat: 6 Fakta Pilu Pasangan Kekasih Tak Bersalah Korban Main Hakim Sendiri di Tangerang

Category: Tahukah Kamu?Tags:
RGO Casino