Miss Universe, Miss International, Miss World dan Kontes Kecantikan Lainnya Bedanya Apa Sih?

Miss Earth

Photo Karen Ibasco Miss Philippines Miss Earth 2017 Winner

Karen Ibasco Miss Philippines, Miss Earth 2017 Winner

Kontes ini sedikit cukup berbeda dengan kontes kecantikan yang lain, dimana kontes ini lebih menitikberatkan untuk mempromosikan kepedulian dan kepekaan terhadap masalah lingkungan. Meski begitu, kontes yang dibentuk tahun 2001 ini menjadi salah satu kontes kecantikan internasional dengan slogan Beauties for a Cause.

Bagi sang juara kontes yang berpusat di Filipina ini, harus menghabiskan satu tahun masa jabatannya untuk mempromosikan proyek spesifik dan membahas isu-isu tentang lingkungan serta isu-isu global lainnya.

Mahkota Miss Earth yang terbaru dipamerkan ke publik di tahun 2009. Berdesain batu permata serta terbuat dari 100% daur ulang emas 14K dan perak. Pada bagian tengahnya terdapat bunga sebagai simbol kebahagiaan dan berkembangnya bumi.

Miss Supranational

Foto Hot Seksi Wanita Cantik Kontes Kecantikan Miss Supranational 2017 Photo

Miss Supranational 2017

Sudah 8 tahun semenjak Miss Supranational pertama kali digelar. Kontes kecantikan ini diprakarsai oleh World Beauty Association dan berkantor pusat di Panama. Memiliki slogan Glamour, Fashion dan Natural Beauty, kontes Miss Supranational lebih memfokuskan kepada kecantikan yang natural serta keanggunan.

Mahkota yang disematkan untuk kontes kecantikan yang diikuti oleh 80 kompetitor ini memiliki warna dominan perak dengan batu berlian berwarna biru.

Miss Grand International

Foto Hot Dea Rizkita National Costume Bikini di Miss Grand International 2017 Indonesia

Dea Goesti Rizkita Koswara, Miss Grand International 2017 asal Indonesia

Selain Miss International, ada juga Miss Grand International nih. Kalau kontes kecantikan yang satu ini berpusat di Bangkok, Thailand.

Kontes kecantikan ini masih dibilang kontes termuda dibandingan yang kontes kecantikan lain, yaitu pertama kali diselenggarakan pada tahun 2013 serta memiliki tujuan untuk ikut serta menciptakan perdamaian dan menghentikan peperangan, tentu saja dengan slogannya Stop The War and Violence.

Gelar Miss Grand International saat ini dipegang oleh Ariska Putri Pertiwi dari Indonesia yang menjadikan ia sebagai wanita Asia pertama yang mendapat gelar tersebut.

Mahkota yang digunakan juga berubah sebanyak dua kali semenjak diselenggarakan, yaitu tahun 2013 hingga 2015, kemudian mahkota yang digunakan saat ini mulai dipamerkan ke publik tahun 2016.

Indonesia sendiri merupakan salah satu negara yang giat berpartisipasi di kontes kecantikan. Sejak tahun 1960, putri-putri terbaik Indonesia dikirim untuk mengikuti Miss Asia Quest, Miss Charming International, Miss International, Miss World, ataupun Miss Universe.

Kamu harus tahu juga nih, untuk kontestan yang dikirim ke masing-masing kontes kecantikan tersebut ternyata juga dari kontes yang berbeda lho. Untuk ajang Miss Universe adalah pemenang dari Putri Indonesia. Apakah kontestan yang dikirim ke ajang Miss World berbeda? Jawabannya, yap! Pemenang Miss Indonesia-lah yang akan dikirim ke ajang tersebut. Sedangkan Miss Indonesia Earth akan dikirim untuk mengikuti ajang Miss Earth Dunia.

Sama halnya dengan Miss Universe, Puteri Indonesia akan mewakili Indonesia di ajang Miss Supranational. Namun, runner up 2 yang akan maju sebagai perwakilan Indonesia. Sedangkan runner up 3 Puteri Indonesia akan mewakili Miss Grand International.

So, sudah tahu kan bedanya ajang kecantikan dunia ini. Tentu yang paling penting, mereka memiliki visi dan misi yang berbeda. Ada yang punya cita-cita untuk ikut di ajang kecantikan dunia?

Category: EntertainmentTags: